Arti Pertanda Kelelawar Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa

kelelawar masuk rumah

Arti Pertanda Kelelawar Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa

Kelelawar Masuk Rumah – Kelelawar merupakan salah satu hewan yang paling sering disalahpahami oleh manusia. Sosoknya yang tak awam ditambah pola hidup nokturnal-nya yang tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari, melahirkan berjenis-jenis cerita mistis yang dihasilkan manusia yang takut akan kegelapan . Drakula dijelaskan mampu berubah bentuk dalam sekejap menjadi kelewar vampir untuk bermigrasi-pindah. Beraneka bangsa melihatnya sebagai representasi roh jahat, sehingga seekor kelelawar yang masuk rumah ditahyulkan sebagai tanda kematian yang akan memasuki bagi seorang anggota keluarga. Sedang di Indonesia, ada yang percaya bahwa sejenis hantu bernama pok kopok yang merupakan kelelawar jadi-jadian, digunakan orang musrik untuk mencuri uang.

Ketakutan ketika berjumpa kelelawar mempunyai istilah ilmiah merupakan chiroptophobia .

Citra kelelawar sedikit terangkat oleh pahlawan super komik Batman yang dihasilkan oleh komikus Bob Kane dan penulis Bill Finger . Milyuner Bruce Wayne yang berkostum kelelawar merupakan pembasmi kezaliman dengan kesanggupan beladiri dan gadget canggihnya. Tetapi jangan salah, Batman memakai logo kelelawar sebagai lambang bahwa dia merupakan seorang pembasmi kebathilan yang menakutkan bagi para kezaliman. Kelelawar konsisten terlabel sebagai mahkluk menakutkan.

Ketidaklaziman Fisik Kelelawar Terkait Dengan Keistimewaan dan Evolusinya

Sayap yang Aneh Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang mampu terbang di bumi. Keistimewaannya ini disebabkan oleh sayap berupa membran kulit tipis (patagium) yang terentang di antara tangan dan badannya dan antara tulang-tulang jarinya. Sayapnya ini tak menghasilkan kekuatan angkat sekuat sayap burung namun flesibilitasnya memungkinkan hewan menyusui ini bermanuver dengan betul-betul baik. Ordo kelalawar; Chiropterum, berasal dari bahasa latin yang bermakna tangan-sayap.

Sosok Seperti Tikus Bersayap

Orang Prancis menyebut kelelawar chauve souris yang berarti tikus botak namun dia sama sekali bukan sejenis tikus atau hewan pengerat. Itu sebabnya kelelawar tak mampu melobangi pohon untuk membikin sarang dan koloninya beralamat di goa-goa, kanopi hutan tropis, atau atap-atap bangunan.

Sementara ilmuwan berpandangan bahwa evolusi dari kelelawar berawal dari mamalia sejenis lemur atau tupai yang hidup di pohon-pohon dan berloncatan dari dahan ke dahan ratusan juta tahun silam. Sebagian individu dari keluarga spesies ini terlahir dengan lebih banyak membran kulit (patagium) yang terentang dari tangan ke tubuh mereka dan di antara jari-jari mereka yang memungkinkan mereka mempunyai kekuatan angkat yang lebih baik ketika meloncat dan melayang. Mereka mempunyai kecenderungan bertahan hidup yang lebih baik daripada sesamanya. Dan dampak perkawinan antara individu dengan mutasi genetik yang sama kesudahannya lahirlah generasi baru yang mempunyai kulit sayapyang semakin lebar. Alhasil membran kulit mamalia itu berfungsi seperti sayap yang sempurna.

Kelelawar kecil pemakan serangga

Dengan menentukan berapa lama bunyi itu kembali sesudah dipantulkan oleh suatu benda, kelelawar bisa menghitung jarak benda tersebut. Makin cepat memantul, makin dekat jaraknya. Ukuran besar kecil suatu obyek bisa diketahui dari intensitas gema bunyi. Semakin besar suatu benda semakin besar pula gelombang pantulan bunyinya. Ini memungkinkannya membedakan antara serangga (mangsa) dengan burung hantu (predator). Walaupun arah pergerakan seekor serangga bisa dirasakan kelelawar dengan mengukur perbedaan titi nada (pitch) dari gema bunyi dibanding pitch bunyi aslinya. Seandainya pantulan bunyi mempunyai titi nada yang lebih rendah dari titi nada bunyi kelelawar semula karenanya serangga itu berarti sedang menjauh; sebaliknya seandainya titi nada pantulan bunyi lebih tinggi dari titi nada bunyi asal, karenanya serangga sedang mendekati kelelawar.

Jadi Apa Arti Kelelawar Masuk Rumah itu?

Kemampuan manuver kelelawar memungkinkannya berburu serangga-serangga kecil yang lebih banyak aktif di malam hari. Oleh karena itu, hewan ini kemudian secara alamiah mengoptimalkan gaya hidup nokturnal. Opsi ini juga menghindarkannya dari para predator terbang ganas dan kuat yang lazimnya berburu siang hari.ntuk berburu dengan baik di malam hari, sedangkan kelelawar mampu mengamati dengan baik dengan sedikit cahaya (ini berbeda dengan premis awam bahwa kelelawar berpengelihatan buruk), dia juga mengoptimalkan sistem radar gema bunyi (echolocation/ekolokasi). Dengan mulut atau hidungnya kelelawar memproduksi bunyi bising yang lazimnya tak bisa dicokok oleh kuping manusia. Bentuk hidung kelelawar pemakan serangga yang aneh seperti daun dan bergelambir digunakan untuk memproduksi bunyi dan memberi bimbingan bunyi untuk pantulan gema ekolokasi. Oke jadi pertandanya sebagai berikut:

Rumah Mempunyai Aura Negatif

Mitos pertama yang masih sering dipercaya merupakan bahwa rumah yang disantroni kelelawar ini mempunyai aura negatif. Bukanlah tanda bagi si penghuni rumah akan mendapatkan isu baik atau buruk namun rumah yang disinggahi terdapat sesuatu yang menarik perhatian kelelawar.

Tentu saja ini bukan hal baik bagi penghuni rumah, karena hunian seseorang sepatutnya mempunyai aura positif supaya penghuninya hidup dalam aura yang positif.

Aura negatif pada rumah bisa berasal dari masa lalu yang suram di dalam rumah itu. Artinya, kelelawar yang masuk ke dalam rumah menganggap bahwa rumah itu merupakan sarangnya dan tak diamati sebagai hunian manusia. Penafsiran ini menurut kebiasaan hindu yang terbawa dan berkembang di masyarakat sampai kini.

Petunjuk Baik Bagi Penghuni Rumah

Mitos kedua ini berbeda dari mitos kelelawar masuk rumah pada lazimnya. Masyarakat jawa dengan kitab primbonnya justru menafsirkan bahwa hewan yang aktif di malam hari ini sebagai tanda baik untuk si penghuni rumah. Itu malah seandainya kelelawar masuk dan terbang mengitari ruangan di dalam rumah berputar paralel jarum jam.

Baca Juga: Belajar Hitungan

Selain itu, seandainya kelelawar terbang di dalam rumah berlawanan dengan arah jarum jam, itu artinya penghuni rumah akan mendapatkan rezeki dalam berjenis-jenis hal dan sistem yang tak terduga.

Petunjuk Buruk Bagi Penghuni Rumah

Mitos yang ketiga ini datang dari fengshui yang hampir sama seperti penafsiran kebiasaan Hindu. Menurutnya, kelelawar masuk rumah membawa aura buruk bagi penghuni rumah. Seandainya kalong atau kelelawar masuk ke dalam rumah, penghuninya akan mengalami kehidupan yang kurang baik.

Saya buruk semisal seperti gampang sakit, sering mendapatkan masalah hidup, rezeki yang terasa seret, sering kemalingan atau ketimpa kesialan lainnya. Sehingga permasalahn ini membikin penghuninya tak betah tinggal di rumahnya itu.

Baca Juga: Firasat Hati

Satu catatan dari Semua. Bahwa hal termasuk baik, buruk, ujian dan cobaan merupakan rahasia sang illahi. Kita hanya perlu berupaya dan mendekatkan diri terhadap-Nya supaya dikasih perlindungan dan pertolongan.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali