Cara menghitung Dan Menentukan Hari Pernikahan Menurut Primbon Jawa

Cara menghitung Dan Menentukan Hari Pernikahan Bersadarkan Primbon Jawa Online Lengkap

Pada dasarnya segala hari yakni bagus, akan tapi para orang tua yang masih mengontrol adat lelulur berpendapat bahwa ada hari terbaik di antara hari-hari bagus hal yang demikian untuk melaksanakan pernikahan. Tidak hanya di Jawa, tempat lain malah masih mempercayai tanggal bagus untuk menikah, tujuannya tidak lain untuk mencari kelanggengan dalam kekerabatan pernikahan. Sebab tidak ada satu orang tua malah yang berkeinginan memandang perpisahan dalam rumah tangga anak-buah hatinya.

Menikah merupakan cita-cita bagi setiap orang. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut hari yang spesial ini. Tentu bagi beberapa pasangan yang masih meyakini budaya lokal akan mencari hari yang baik untuk hari pernikahan. Tapi tak sedikit yang keder untuk sistem mencari hari pernikahan.

Untuk mencari hari pernikahan syarat utama yang sepatutnya dilihat merupakan mengenal hari dan pasaran. Dan juga jumlah neptu sesudah tahu hari dan pasarannya. Bila anda belum tahu untuk perhitungan neptu hari, bulan dan tahun, bisa dibaca di postingan saya perihal neptu hari, bulan dan tahun jawa.

Bila sudah mengerti dan mengatahui hari serta jumlah neptu, karenanya sekarang kita mulai sistem-sistem memutuskan hari pernikahan.

artikel lainnya : Doa Agar Disayang Sama Bos , Atasan Dan Teman Kerja

Hakekatnya caramenentukan hari pernikahan ini sungguh-sungguh simpel, merupakan memakai rumus ; hari pernikahan memakai hari lahir mempelai laki-laki, padahal pasarannya memakai pasaran mempelai perempuan.

Jadi misalkan ;

Hari dan pasaran lahir mempelai laki-laki ; senin pon
Hari dan pasaran lahir mempelai perempuan ; rabu pahing
Maka hari untuk pernikahan merupakan hari lahir mempelai laki-laki merupakan senin. Dan untuk pasarannya memakai pasaran mempelai perempuan merupakan pahing.

Jadi hari pernikahan jatuh pada hari senin pahing.
Tapi tak serta merta seketika ditetapkan hari senin pahing, ada lagi tata tertib yang sepatutnya dihindari sesudah hari ditetapkan.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Mantra Pelet Tepuk Bantal Ampuh Tanpa Puasa

Menurut model diatas misalkan hari sudah ditetapkan senin pahing, karenanya yang sepatutnya dihindari merupakan tanggal jawa saat jatuhnya hari yang sudah ditetapkan. Berikut merupakan daftar tanggal yang sepatutnya dihindari ;

Suro ; 7, 17,27
Sapar ; 2, 12, 22
Mulud ; 3, 13, 23
Bakda mulud ; 5, 15, 25
Jumadil permulaan ; 6, 16, 26
Jumadil akhir ;1, 11, 21
Rejeb ; 2, 12, 22
Ruwah ; 4, 14, 24
Pasa ; 5, 15, 25
Sawal ; 7, 17, 27
Dulkaidah ; 1, 11, 21
Besar ; 3, 13, 23

BACA JUGA : Amalan Doa Agar Pacar Kekasih Cepat Melamar Dan Menikahi Kita

Itu merupakan tanggal yang sepatutnya dihindari, misalkan hari senin pahing cocok model diatas pada tanggal dan bulan hal yang demikian diatas karenanya sebaiknya dihindari.

Lalu kecuali itu hendaknya jangan melaksanakan pernikahan pada bulan suro. Lalu juga jangan melaksanakan pernikahan pada bulan dimana orang tua anda dahulu melaksanakan pernikahan. Misalkan orang tua anda dahulu menikah pada bulan febuary, karenanya hindari juga bulan hal yang demikian.

BACA JUGA : Ciri Ciri Perkutut Pancuran Katuranggan Udan Emas Super Asli

Perhitungan memutuskan hari pernikahan ini menurut kurup neptu, yang sering dilakukan oleh orang Solo bagian utara. Tentu masih banyak sistem-sistem lain untuk memutuskan hari pernikahan.

Semoga berguna….

Tinggalkan komentar