Inilah Kandungan, Manfaat Dan Doa Minum Air Zam Zam

Manfaat Kandungan Air Zam Zam Dan Bacaan Doa Minum Air Zam Zam Yang Benar Sesuai Sunnah

Doa Minum Air Zam Zam – Air zam-zam menjadi primadona jaamaah haji atau umrah di tanah suci. Air ini kudu masuk dalam daftar barang oleh-oleh, baik dikonsumsi sendiri atau orang lain.

Berapa Juta Liter Air Zamzam?
Berapa banyak air zam-zam yang di “keluarkan” tiap musim haji? Mari kita hitung secara simpel. Jamaah haji yang datang dari segala penjuru dunia pada tiap musim haji ini berjumlah sekitar dua juta orang.

Seluruh jemaah diberikan 5 liter air zam-zam ketika pulang nanti ke tanah airnya. Jikalau 2 juta orang membawa pulang masing-masing 5 liter zam-zam ke negaranya, itu saja sudah 10 juta liter. Disamping itu selama di Mekah, bila saja jamaah rata-rata tinggal 25 hari, dan tiap orang menghabiskan 1 liter sehari, maka totalnya sudah 50 juta liter !!.

Keanehan Air Zamzam
Pada tahun 1971, seorang doktor dari negeri Mesir mengatakan terhadap Press Eropah bahwa air Zamzam itu tak sehat untuk diminum. Ia mengatakan bahawa kota Mekah itu ada di bawah garis permukaan laut. Air Zamzam itu berasal dari air sisa buangan penduduk kota Mekah yang mengabsorpsi, kemudian mengendap terbawa bersama-sama air hujan dan keluar dari sumur Zamzam. Masya Allah.

Informasi ini hingga ke kuping Raja Faisal yang kemudian memerintahkan Mentri Pertanian dan Sumber Air untuk menyelidiki situasi sulit ini, dan mengirimkan sampel air Zamzam ke Laboratorium-laboratorium di Eropah untuk ditelaah.

Tariq Hussain, insinyur kimia yang berprofesi di Instalasi Pemurnian Air Laut untuk diminum, di Kota Jedah, mendapatkan tugas menyelidikinya. Pada ketika mengawali tugasnya, Tariq belum punya gambaran, bagaimana sumur Zamzam bisa menaruh air yang semacam itu banyak seperti tak ada batasnya.

Saat hingga di dalam sumur, Tariq betul-betul tercengang ketika menyaksikan bahwa ukuran “kolam” sumur itu hanya 18 x 14 feet saja (Kaprah-kaprah 5 x 4 meter). Tidak terbayang, bagaimana caranya sumur sekecil ini bisa mengeluarkan jutaan galon air tiap musim hajinya. Dan itu berlangsung semenjak ribuan tahun yang lalu, semenjak zaman Nabi Ibrahim AS.

Penelitian menonjolkan, mata air zamzam bisa memancarkan air sebanyak 11-18 liter air per detik. Dengan demikian, tiap menit akan dijadikan 660 liter air. Itulah yang mencengangkan.

Tariq mulai mengevaluasi kedalaman air sumur. Ia meminta asistennya masuk ke dalam air. Rupanya air sumur itu hanya menempuh sedikit di atas bahu asistennya yang tinggi tubuhnya 5 feet 8 inci. Lalu ia menyuruh asistennya untuk memeriksa, apakah mungkin ada cerukan atau saluran yang lain di dalamnya. Setelah bermigrasi dari satu daerah ke daerah lainnya, rupanya tak ditemukan apa saja!.

Sumur Zamzam
Ia berpikir, mungkin saja air sumur ini dimasukkan dari luar lewat saluran paip besar. Jikalau seperti itu kejadian nya, maka ia sanggup melihat turun-naiknya permukaan air secara tiba-tiba. Melainkan dugaan inipun tak rupanya. Tidak ditemukan gerakan air yang mencurigakan, juga tak ditemukan ada alat yang bisa mendatangkan air dalam jumlah banyak.

Selanjutnya Ia meminta asistennya masuk lagi ke dalam sumur. Lalu menyuruh berdiri, dan diam ditempat sambil melihat sekelilingnya. Amati dengan betul-betul cermat, dan laporkan apa yang terjadi, sekecil apa saja. Setelah menjalankan pengerjaan ini dengan cermat, asistennya tiba-tiba mengangkat kedua tangannya sambil berteriak:

“Alhamdulillah, Aku temukan ia! Pasir halus berdansa-nari di bawah telapak kakiku. Dan air itu keluar dari dasar sumur”.

Apakah ada doa khusus ketika meminum air zam-zam? Ada riwayat dari Ad Daruquthniy tetapi ini bukan perkataan Nabi, hanyalah doa yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas. Ia berdoa ketika minum air zam-zam,

Doa Minum Air Zam Zam

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

Latinnya: Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon waasi’an wa syifa’an min kulli daa-in/

Artinya: “Ya Allah saya memohon pada-Mu ilmu yang berkhasiat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala variasi penyakit“.

Lalu asistennya diminta berputar mengelilingi sumur ketika tiba ketika air pam (untuk dialirkan ke daerah pendistribusian air) dilaksanakan. Ia menikmati bahawa air yang keluar dari dasar sumur sama besarnya seperti sebelum air dipamkan. Dan aliran air yang keluar, besarnya sama di tiap titik, di segala wilayah. Ini menyebabkan permukaan sumur itu relatif stabil, tak ada guncangan yang besar

Mengandung Zat Anti Bakteri
Hasil penelitian sampel air di Eropah dan Saudi Arabia menonjolkan bahwa Zamzam mengandung zat fluorida yang punya tenaga efektif membunuh kuman, ia seperti sudah mengandungi ubat. Lalu perbezaan air Zamzam diperbandingkan dengan air sumur lain di kota Mekah dan Arab sekitarnya merupakan dalamnya yang mempunyai kuantiti kalsium dan garam magnesium.

Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zamzam. Sanggup mungkin sebabnya air zamzam membikin efek menyegarkan bagi jamaah yang letih.

Keistimewaan lain, komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil, selalu sama dari semenjak terbentuknya sumur ini. “Rasanya” selalu terjaga, diakui oleh segala jemaah haji dan umrah yang selalu datang tiap tahun.
Sesungguhnya Menyembuhkan Penyakit

Nabi saw menerangkan: ”Jikalau, Zamzam ini air yang betul-betul diberkati, ia merupakan makanan yang mengandung gizi”. Nabi saw menambahkan: “Air zamzam berkhasiat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jikalau engkau minum dengan maksud supaya sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya.

Jikalau engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jikalau engkau meminumnya supaya sirna rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia merupakan air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. – HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas

Rasulullah saw pernah mengambil air zamzam dalam sebuah kendi dan daerah air dari kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah. Air zamzam itu dipakai Rasulullah saw untuk memercik orang sakit dan kemudian diperintah meminumnya.

Dalam penelitian ilmiah yang dilaksanakan di laboratorium Eropah, rupanya bahwa zamzam memang lain. Kandungan airnya berbeda dengan telaga yang ada di sekitar Makah.

  • Kadar Kalsium dan garam Magnesiumnya lebih tinggi dibanding sumur lainnya, berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan
  • Zamzam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat memusnahkan kuman-kuman yang terdapat dalam kandungan airnya
  • Yang juga menakjubkan merupakan, tak ada sedikit bahkan lumut di sumur ini. Zamzam bebas dari kontaminasi kuman
  • Anehnya lagi, pada ketika segala telaga air di sekitar Mekah dalam kondisi kering, sumur zamzam konsisten berair. Dan zamzam memang tak pernah kering sepanjang zaman
  • Sebagian ulama fikih memberi saran supaya jamaah haji membawa zamzam ketika pulang ke negaranya sebab zamzam itu sanggup sebagai ubat untuk suatu penyembuhan. Dan ini rupanya, banyak jamaah dari Indonesia maupun negara lain yang pernah menikmati keajaiban air zamzam.


Molekul Air Apakah Ini?
Di sebuah hotel di kota Kuala Lumpur, Malaysia, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang, memaparkan hasil kajiannya mengenai air yang ditulisnya dalam buku “The True Power of Water.” Sejumlah slide kristal molekul air dari berjenis-jenis sumber, seperti air dari mata air, sungai, laut, telaga dan lainnya. ditayangkan pada kesempatan itu.

Sebagian molekul air yang ditelitinya berbentuk tak teratur, selain molekul air zam-zam. Susunan molekul air zam-zam berstruktur betul-betul indah, teratur, indah bak berlian yang berkilauan, dan memancarkan lebih dari 12 warna bila dibekukan. Rangkaian format heksagonal-nya betul-betul indah, cerah berkilau dan penuh warna ketika dibacakan ayat yang mulia.

Ada satu kristal air yang terlihat paling indah dan indah, berbentuk seperti bunga atau cakra, bagaikan bertahta berlian kwalitas manikam, berkilau-kilau memancarkan belasan warna. “Molekul air apakah ini?” Tanya Masaru Emoto. Suasana mendadak senyap, hadirin terlihat terpena dan tak tahu persis kristal molekul apa gerangan. Karena tiba-tiba seorang pensyarah dari Universitas Malaysia mengacungkkan tangan, “mungkin itu merupakan molekul air Zamzam.” Katanya.

Dr. Masaru Emoto balik bertanya, “mengapa Anda berpendapat bahwa itu merupakan molekul air Zamzam?”Kata pensyarah itu, “Rupanya air Zamzam merupakan air yang paling mulia di dunia ini, jadi wajar bila ia mempunyai molekul berupa berlian yang berpendar indah.”Rupanya dugaan pensyarah itu benar.

Sanggup memang air Zamzam. Penelitian Dr. Masaru Emoto sudah menonjolkan bahwa air Zamzam mempunyai molekul air paling indah dan indah di antara air lainnya.

BACA JUGA: Amalan Doa Nabi Daud Melembutkan Hati Dan Memikat Wanita

“Sebaik-bagus air di muka Bumi merupakan air Zamzam, di dalamnya ada makanan yang mengenyangkan dan ubat yang menyembuhkan penyakit.” – Thabrani dan Ibnu Hibban, Maha suci Allah Ta’ala dengan segala ciptaannya.