Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian pengajaran Berdasarkan Para Ahli – Dengan perkembangan zaman di dunia pengajaran yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pengajar, dari pola pikir yang umum dan kaku menjadi lebih moderan. Hal tersebut benar-benar berdampak dalam kemajuan pengajaran di Indonesia.

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terprogram untuk menjadikan suasana belajar dan progres pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengontrolan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tak dapat diamati tetapi lebih mendalam merupakan pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pengajaran merupakan untuk mengajar kebudayaan lewat generasi.

Pengertian Pendidikan.
Pendidikan merupakan progres pembelajaran yang diperoleh oleh setiap manusia (Peserta Didik) untuk dapat membuat manusia (Peserta Didik) itu mengerti, mengerti, dan lebih dewasa serta kapabel membuat manusia (Peserta Didik) lebih kritis dalam berpikir.
Pendidikan dapat diperoleh bagus secarah formal dan nonformal. Pend. Formaldiperoleh dalam kita meniru progam-program yang sudah dirancang secara terprogram oleh suatu intitusi, departemen atau kementrian suatu Negara. Pend. non formal merupakan pengetahuan yang diperoleh manusia (Peserta didik) dalam kehidupan sehari-hari (bermacam-macam pengalaman) bagus yang dia rasakan sendiri atau yang dipelajarai dari orang lain (memandang dan meniru).

Menyikapi hal tersebut pakar-pakar pengajaran mengkritisi dengan metode mengucapkan konsep dan teori pengajaran yang sebenarnya untuk mencapai tujuan pengajaran yang sebenarnya.

Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232, Pendidikan berasal dari kata \\”didik\\”, Lalu kata ini mendapatkan awalan kata \\”me\\” sehingga menjadi \\”mengajar\\” artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan dibutuhkan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Berdasarkan bahasa Yunani : pengajaran berasal dari kata \\”Pedagogi\\” merupakan kata \\”paid\\” artinya \\”anak\\” meski \\”agogos\\” yang artinya memberi nasehat \\”sehingga \\” pedagogi\\” dapat di artikan sebagai \\”ilmu dan seni mengajar anak\\”.

Berdasarkan UU No.20 tahun 2003 tentang metode Pendidikan Nasional, Pendidikan merupakan usaha sadar dan terprogram untuk menjadikan suasana belajar dan progres pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengontrolan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Wikipedia, Pendidikan merupakan usaha sadar dan terprogram untuk menjadikan suasana belajar dan progres pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengontrolan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat.

Dari pernyataan diatas dapat di tarik simpulan bahwa Pendidikan merupakan usaha sadar dan terprogram untuk menjadikan suasana belajar dan progres pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosi, pengontrolan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat.

PENGERTIAN PENDIDIKAN
Sebelum lebih jauh membahas tentang seluk beluk pengajaran, ada bagusnya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai batasan atau pengertian pengajaran. Dengan pemahaman yang utuh, kita akan lebih mudah menjelang pembahasan-pembahasan yang lebih dalam tentang pengajaran.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991:232), pengajaran berasal dari kata “didik”, lalu dikasih awalan kata \\”me\\” sehinggan menjadi \\”mengajar\\” yangartinya memelihara dan memberi latihan. dalam memeliahara dan memberi latihan dibutuhkan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pemikiran. Sebagian pengertian pengajaran, diantaranya merupakan sebagai berikut:

Pengertian Pendidikan berdasarkan Para Ahli
John Dewey.
Pendidikan merupakan progres pembentukan kemampuan-kemampuan fundamental secara intelektual, emosi ke arah alam dan sesama manusia

M.J. Longeveled
Pendidikan merupakan usaha , akibat, perlindungan dan bantuan yang dikasih terhadap anak agar tertuju terhadap kedewasaannya, atau lebih tepatnya menolong anaka agar cukup kapabel menjalankan tugas hidupnya sendiri.

Thompson
Pendidikan merupakan akibat lingkungan terhadap individu untuk menjadikan perubahan-perubahan yang tetap dalam tradisi perilaku, pikiran dan sifatnya.

Frederick J. Mc Donald
Pendidikan merupakan suatu progres atau aktivitas yang dinasehati untuk merubah tabiat (behavior) manusia.

H. Horne
Pendidikan merupakan progres yang terus-menerus dari penyesuaian yang berkembang secara jasmaniah dan mental yang sadar dan bebas terhadap Yang

J.J. Russeau
Pendidikan merupakan pembekalan yang tak ada pada pada ketika anak-anak, akan tetapi dibutuhkan pada ketika dewasa.

Ki Hajar Dewantara
Pendidikan merupakan kekuatan upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmaniah anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup merupakan hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.s

Ahmad D. Marimba
Pendidikan merupakan pengarahan secara sadar oleh si pengajar terhadap perkembangan jasmaniah dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

Insan Kamil
Pendidikan merupakan usaha sadar yang sistematis dalam mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya.

Ivan Illc
Pendidikan merupakan pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup.

Edgar Dalle
Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah lewat aktivitas pengarahan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam bermacam-macam lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Hartoto
Pendidikan merupakan usaha sadar, terprogram , sistematis, dan terus-menerus dalam upaya memanusiakan manusia.

Ngalim Purwanto
Pendidikan merupakan segala urusan orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmaniah dan rohaninya kearah kedewasaan.

Driakara
Pendidikan merupakan memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia.

W.P. Napitulu
Pendidikan merupakan aktivitas yang secara sadar, teratur, dan terprogram dalam tujuan merubah tingkah laku ke arah yang diharapkan.

Pengertian Pendidikan Berdasarkan Undang-Undang dan GBHN
UU No. 2 tahun 1989
Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik lewat aktivitas pengarahan, pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

UU No. 20 tahun 2003 tentang Metode Pendidikan nasional
Pendidikan merupakan usaha sadar terprogram untuk menjadikan suasana belajar dan progres pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengontrolan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan darinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

GBHN
Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

BACA JUGA : Hukum Agraria : Pengertian, Contoh, Tujuan, Sumber, Sejarah Dan Asas

Dari beberapa pengertian pengajaran di atas, pada dasarnya pengertian pengajaran yang dikemukakan memiliki kesamaan merupakan usaha sadar, terprogram , sistematis, berlangsung terus-menerus, dan menuju kedewasaan.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali