Pengertian VPN : Manfaat, Jenis, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan

pengertian manfaat cara kerja vpn

Kelebihan, Kekurangan, Manfaat, Jenis Jenis, Dan Fungsi VPN

Mungkin beberapa di antara kau masih ada yang belum paham mengenai apa itu VPN?

Pengertian VPN

VPN yakni singkatan dari “Virtual Private Network”, yakni suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat lewat jaringan Internet (publik). Disebut dengan Virtual Network sebab VPN mengaplikasikan jaringan Internet sebagai media perantaranya alias koneksinya bukan secara seketika. Dan disebut Private Network sebab VPN sifatnya privat maksudnya hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Data yang dikirimkan lewat VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya konsisten terjaga, walaupun dikirimkannya lewat jaringan dunia online, itulah definisi dari VPN.

Virtual Private Network alias VPN adalah sebuah koneksi antarjaringan yang bersifat pribadi, dikerjakan via jaringan publik dan memungkinkan pertukaran sumber tenaga secara privat.

VPN seringkali dikatakan lebih aman dibanding koneksi dunia online awam. Tapi jangan salah, faktanya ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan ketika kau menerapkan VPN cuma-cuma. Apa sajakah?

Apa itu VPN? VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, adalah sebuah koneksi private via jaringan publik (dalam hal ini dunia online). Disini ada 2 kata yang dapat kita garis bawahi adalah:

virtual private network, yang berarti jaringan yang terjadi cuma bersifat virtual. Tidak ada koneksi jaringan secara nyata antara 2 titik yang akan berkaitan.
private, jaringan yang terbentuk bersifat private dimana tak semua orang dapat mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga konsisten rahasia meskipun via jaringan publik.

Dengan VPN ini kita seolah-olah membikin jaringan didalam jaringan atau awam disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu metode membikin trek privat dengan menerapkan infrastruktur pihak ketiga. VPN menerapkan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada adalah: PPTP, L2TP dan standar terkini, Internet Protocol Security (awam disingkat menjadi IPSec). VPN adalah perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

Dibawah ini adalah gambaran tentang koneksi VPN yang menerapkan protokol PPTP. PPTP (Pont to Point Tunneling Protocol) adalah sebuah protokol yang memperkenankan kekerabatan Point-to Point Protocol (PPP) via jaringan IP, dengan membikin Virtual Private Network (VPN).

To allow secure connection via the Internet, several companies (including Microsoft) agreed on a new protocol: Point-to-Point TunnelingProtocol (PPTP). PPTP allows to establish via an IP-network (which is usually the Internet, but can also be a company Intranet) a secure connection by encapsulating inside the IP-packet an encrypted private protocol, which can be NetBEUI, IPX or TCP/IP (with a private IP-address range).

virtual private network

Cara Kerja Dan Fungsi

Dari penjelasan diatas secara simpel Kekukarangan Dan Kelebihan VPN (dengan protokol PPTP) adalah sebagai berikut:

  • VPN memerlukan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini dapat berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan bila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan berikutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Untuk berikutnya komputer client dapat diaplikasikan untuk mengakses beraneka resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya mengerjakan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberi dari VPN Server, mengerjakan remote desktop dan lain sebagainya.

Kelebihan VPN

Beberapa Kelebihan dari teknologi VPN diantaranya adalah:

  • Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke dunia online
  • Keamanan, dengan koneksi VPN kita dapat browsing dengan aman ketika menerapkan jalan masuk dunia online publik seperti hotspot atau dunia online kafe.
  • Menghemat tarif setup jaringan, VPN dapat diaplikasikan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan tarif yang relatif kecil, sebab transmisi data teknologi VPN menerapkan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
  • dan lain2 yang aku belum paham

Kekurangan VPN

Tiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya, beberapa kekurangan dari VPN diantaranya adalah:

Koneksi dunia online (jaringan publik) yang tak dapat kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi sebab pada dasarnya kita cuma \\”nebeng\\” koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.

Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi sebab elemen penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diharapkan seperti penyadapan, hacking dan perbuatan cyber crime pada jaringan VPN. dan lain2 yang aku belum paham

Demikianlah catatan simpel tentang VPN, metode kerja VPN, profit dan kelemahan VPN. Beberapa tautan dibawah ini mungkin dapat menambah pengetahuan kita tentang VPN.

VPN adalah paket solusi komunikasi data (baik berupa data suara, video, atau file komputerisasi lainnya) yang memberikan layanan berbasis IP ke end user. Layanan VPN dapat mengirimkan data antar-dua komputer yang via jaringan publik, misal nya Internet, sehingga seolah-olah terhubung secara pointto-point.

Tujuan VPN

Perusahaan dengan banyak kantor cabang yang tersebar di beraneka kota. Anda pasti memerlukan trek komunikasi private yang relatif murah dan aman, untuk memegang dan mengintegrasikan semua cara kerja bisnis di masing-masing kantor.

VPN adalah solusi yang tepat untuk menjawab keperluan tersebut. Virtual Private Network (VPN), dari namanya saja Anda pasti sudah dapat membayangkan benda apa ini: sebuah jaringan (network) yang tak private (public), yang dihasilkan seolaholah private. VPN sungguh-sungguh dibutuhkan sebagai jembatan komunikasi antar beberapa kantor cabang, menggantikan modus komunikasi tradisional menerapkan sambu ngan telepon private (leased line).

Tujuan VPN

Penggunaan banyak sambungan telepon tentu akan membengkakkan fi xed cost. Solusi untuk situasi sulit di atas adalah penggunaan VPN yang memanfaatkan jaringan publik, Internet, sebagai media intranet, sehingga daerah jangkauannya menjadi luas tanpa investasi yang besar. Tiap dibuka kantor baru, Anda cukup menyediakan jalan masuk ke Internet, maka tersambunglah kantor tersebut dengan kantor pusat dan kantor-kantor cabang lainnya.

Anda sama sekali tak perlu memasang jaringan sendiri yang merepotkan pengelolaan, serta memerlukan tarif yang tak sedikit.

Data dienkapsulasi (dibungkus atau dikenal dengan istilah tunneling) dengan header yang berisi kabar routing untuk mendapatkan koneksi point-to-point, sehingga dapat via jaringan Internet dan dapat mencapai tujuan. Padahal untuk mendapatkan koneksi yang bersifat private, data yang dikirimkan wajib dienkripsi khususnya dulu untuk menjaga kerahasiaanya, sehingga paket yang tertangkap ketika mele wati jaringan publik tak terbaca, sebab wajib via pro ses deskripsi.

Dengan demikian, komunikasi antara beberapa kantor cabang yang semula dikerjakan secara interlokal via sambungan telepon, sekarang bi sa dikerjakan sebagai kekerabatan lokal.

Penggunaan VPN tak cuma menekan tarif komunikasi yang wajib dikeluarkan perusahaan, melainkan juga menjamin keamanan data yang ditransmisikan via jaringan publik dari penyadapan, penyalinan, atau pengubahan yang dikerjakan pihak ketiga.

Manfaat & Kegunaan VPN

Kesanggupan menyusun jaringan LAN yang tak di batasi daerah dan waktu, sebab koneksitasnya dikerjakan via dunia online. Koneksi dunia online apapun dapat diaplikasikan seperti Dial-Up, ADSL, Cable Modem, WIFI, 3G, CDMA Net, GPRS,& .

metode PVN ini paling tepat diaplikasikan untuk penggunaan suatu database terpusat untuk mengkomunikasikan antara server dan client via dunia online seperti Aplikasi Perdagangan, Purchase, P.O.S, Accounting, Cashir, Billing system, General Ledger, DLL

Tidak ada ketergantungan terhadap kewajiban mempunyai IP Publik yang berharga mahal. Cukup menerapkan IP dynamic saja dengan kata lain asal PC anda dapat berinternet .

anda dapat ngeprint dari rumah kekantor anda via dunia online

anda dapat mengerjakan transfer data atau remote view untuk memegang komputer dirumah/kantor anda dimana saja

Jenis Jenis VPN

Tidak memerlukan Kelengkapan/hardware tambahan yang berfungsi sebagai IP forwarder/Port Forwader yang menambah investasi anda.

Dimana anda berada seperti anda sedang berada di warnet maupun ketika anda traveling di luar negeri, dapat mengerjakan koneksitas dengan PC dikantor anda misalnya dengan memanfaatkan software yang berprofesi dijaringan LAN seperti Citrix, Windows Terminal Server 2003, VNC, Radmin, VOIP, DLL

Dengan menerapkan software yang berprofesi dijaringan LAN anda dapat mengerjakan pertukaran data secara lantas, Printing , Remote View, Mengontrol administrasi PC anda, yang kesemua itu dapat dikerjakan dimanapun anda berada selama anda dapat terhubung ke dunia online. Browsing dengan aman ketika di jalan masuk dunia online publik / hotspot

Sekiranya perusahaan mau memaksimalkan tarif untuk membangun jaringan mereka yang luas. Oleh sebab itu VPN dapat diaplikasikan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan tarif yang relatif kecil, sebab transmisi data teknologi VPN menerapkan media jaringan public yang sudah ada.

jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan bisnisnya di daerah lain. Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan lokal ke daerah lain juga semakin cepat, sebab cara kerja instalasi infrastruktur jaringan dikerjakan dari perusahaan / kantor cabang yang baru dengan ISP terdekat di daerahnya. penggunaan VPN secara tak lantas akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

penggunaaan VPN dapat mengurangi tarif operasional bila diperbandingkan dengan penggunaan leased line sebagai metode tradisional untuk mengimplementasikan WAN.

Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas.

VPN dapat mengurangi tarif pembuatan jaringan sebab tak memerlukan kabel (leased line) yang panjang. Penggunaan kabel yang panjang akan memerlukan tarif produksi yang sungguh-sungguh besar. Kian jauh jarak yang diharapkan, semakin meningkat pula tarif produksinya.

VPN menerapkan dunia online sebagai media komunikasinya. Perusahaan cuma memerlukan tarif dalam jumlah yang relatif kecil untuk menghubungkan perusahaan tersebut dengan pihak ISP (dunia online service provider) terdekat.

VPN memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja, sebab VPN terhubung ke dunia online. Sehingga pegawai yang mobile dapat mengakses jaringan khusus perusahaan di manapun dia berada. Selama dia dapat mendapatkan jalan masuk ke dunia online ke ISP terdekat, pegawai tersebut konsisten dapat mengerjakan koneksi dengan jaringan khusus perusahaan

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali