Cara Screenshot Di Laptop Atau Komputer Dengan Mudah

Tutorial Cara Screenshot Di Windows 7 8 10 Pada Laptop Atau Komputer Dengan Mudah

Selamat tiba kembali di blogfappin.com. Blog yang membahas ihwal tutorial IT, tutorial VB.NET, tutorial microsoft excel, tutorial blog, tutorial youtube dan tutorial-tutorial lainnya. Semua yang dirasa bermanfaat niscaya admin share di blog ini. Okey kali ini di blog CK admin akan membahas ihwal Cara ambil gambar/screenshot dilayar komputer.

disini saya akan bebagi ilmu sedikit ihwal Cara Screenshot di Komputer dengan mudah..
apa sih itu screen shoot mungkin masih ada yang binggung apa itu screen shoot tapi banyak juga yang udah tau.. jadi screen shot itu mengambil gambar di layar monitor entah itu di Handphone atau pun di Komputer..

Langsung aja gan ke tutorial Screenshot di Komputer atau Laptop ..
Disini saya punya 2 CARA screen shoot dengan mudah..

Tutorial Cara Screenshot Di Windows 7 8 10 Pada Laptop Atau Komputer Dengan Mudah
Cara Screenshot Di Laptop

Cara yang PERTAMA dengan menggunakan SNIPPING TOOL :

  1. Klik icon strat yang ada di pojok kiri bawah.
  2. Pilih atau Klik All Program.
  3. Pilih atu Klik Accessories.
  4. Pilih Snniping Tool
  5. Klik New untuk mengambil gambar yang baru(Screen Shot). Lalu gunakan cursor pointer untuk menggambil gambar.
  6. Klik Save As.. atau CTRL + S.
  7. Selesai.

Cara yang KEDUA dengan menggunakan tombol PrtSc (PrintScreen):

  1. Pilih windows(tampilan) yang akan diambil gambarnya..contoh saya akan menggambil gambar blog saya..
  2. Setelah menentukan winsdows(tampilan)yang kita pilih gres tekan tombol PrtSc.
  3. Setelah itu buka aplikasi Paint yang ada di Accessories.
  4. Setelah itu tekan CTRL + V di Aplikasi paint tersebut.
  5. Gunakan crop untuk menggambil gambar tertentunya saja.

Keterangan :

Tahap 1
: Pilih Crop Yang di atas.
Tahap 2
: Pilih bab yang akan di crop dengan cara tekan klik kanan mouse hingga bab gambar yang di inginkan gres lepas klik kanannya.
Tahap 3
: Disitu ada banyak pilihan dan pilih lah CROP.

Cara Lain, Screenshot Di Laptop Atau Komputer

Ada beberapa orang yang masih resah ihwal screen shot gambar di layar monitor komputer/laptop. Screenshot pada layar monitor sangatlah penting terutama bagi anda yang kerjanya di depan komputer. Semisal dikala anda ingin mengambil berita untuk dijadikan laporan bulanan diwaktu kerja. Ada beberapa cara yang mampu anda lakukan untuk mengambil gambar di layar monitor komputer. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Gunakan Print Screen pada keyboard. Caranya tentukan object / gambar yang ingin anda screenshot lalu tekan Print Screen pada keyboard – Buka paint – Paste (Jika anda hanya ingin fokus screenshot pada satu form silahkan tekan tombol Alt + Screen Shoot pada keyboard, ini akan mengambil gambar di form yang aktif saja jadi anda tidak perlu untuk memotong dan merapikannya).
  2. Gunakan Sniping Tool. Caranya tentukan object / gambar yang ingin anda screenshot lalu buka aplikasi Sniping Tool di komputer anda – New – Pilih dengan cara klik tahan geser di gambar yang anda inginkan. Berikut yaitu gambar screenshotnya :
  3. Kedua cara tersebut yaitu menggunakan aplikasi bawaan widows jadi anda tidak repot. Tetapi bagaimana jikalau kita ingin screenshot halaman web full hingga kebawah? Tenang saja masih mampu kok. Pertama anda masuk ke setting dari browser Google Chrome – Extension – Get more extension – Cari extension dengan kata kunci ini “take webpage screenshots entirely”. Berikut yaitu gambar screenshotnya :
  4. Jika sudah ketemu silahkan klik ADD TO CHROME – Ada pop up klik “add” – jikalau sudah simpulan akan muncul icon biru dengan aksara “S” di pojok kanan atas mirip gambar berikut.
  5. Kunjungi halaman web yang ingin anda screenshot full – Klik icon “S” pojok kanan atas tersebut – Klik “Capture entire page and save” – Maka anda akan diminta untuk memberi nama hasil screenshot – Kaprikornus dan lihat hasilnya. Berikut yaitu gambar screenshotnya :

Anda sudah berhasil melaksanakan screenshoot full halaman web. Sayangnya extension ini hanya berlaku di google chrome saja.

Baca Juga : Recovery Mode

Oke itulah tutorial yang mampu admin sajikan di blog Cara1Komputer. Semoga mampu bermanfaat dan selamat mencoba.