Khasiat Gaib Serta Manfaat Kayu Pohon Dewandaru Dan Ciri Cirinya

pohon dewandaru

Ciri Ciri Kayu Pohon Dewandaru Berserta Manfaat Kayu Dewadaru berdasarkan mitos gaibnya

Pohon Dewandaru – Mari Kita bahas tentang Pohon Dewan Daru !! Dewandaru (Eugenia Uniflora) yaitu tanaman pohon yang berasal dari keluarga Myrtaceae dan masih berkerabat dekat dengan tanaman jambu air. Tanaman ini aslinya berasal dari wilayah pantai timur Amerika Selatan. Nama dewandaru sendiri berarti ‘pembawa wahyu dewa’ dan banyak ditanam sebagai tanaman pagar.

Di Indonesia, dewandaru dikenal pula dengan nama ciremai londo, asam selong, Surinam cherry, blimbing londo, dan Brazil cherry. Buah dewandaru yaitu buah buni berbentuk bulat dan berwarna merah tua hingga merah kehitaman dengan permukaan yang berlekukKhasiat Dan Manfaat Kayu Dewandaru Bagi Pengobatan, Tuah Dan Kesehatan

Setiap variasi tanaman dan tumbuhan banyak mempunyai pelbagai variasi khasiat dan manfaat yang berbeda-beda. Ada yang bermanfaat untuk kesehatan, pengobatan dan ada juga yang dipercaya tumbuhan atau pohon yang mempunyai tuah dan khasiat gaib.

Misalnya saja pohon dewandaru. Khasiat dan manfaat kayu Dewandaru bagi pengobatan, tuah dan kesehatan banyak diyakini masyarakat dan masih dikerjakan hingga ketika ini. Sebetulnya apa sih Kayu atau pohon dewandaru ini dan secara ilmiah, kesehatan dan secara spiritual apa saja faedah dan manfaatnya sehingga seperti itu dipercaya orang akan keampuhan dan khasiat ajaibnya.

Apa itu Pohon Dan Kayu Dewandaru?

Secara ilmiah Pohon Dewandaru termasuk terhadap Kerajaan: Plantae. Divisi: Spermatophyta. Subdivisi: Angiospermae. Famili: Myrtaceae. Genus: Eugenia. Spesies: Eugenia uniflora. Melainkan secara non ilmiah Pohon Dewandaru mempunyai sejarah yang unik dan menarik untuk disimak.

Lokasi Pohon Dewandaru Di Indonesia

Dikenal bahwa ada 2 variasi kayu Dewandaru, yang dipercaya autentik tumbuh didesa Nyamplung, konon katanya pohon ini jelmaan dari tongkat yang ditinggalkan Sunan Kudus, seorang wali Kerajaan Demak. Meski Pohon atau Kayu Dewandaru dari Gunung Kawi, walau beda variasi dengan yang ada di Karimunjawa namun dipercaya bermanfaat sama. Di Sebelah Utara Karimun Jawa Kayu ini dikenal juga dengan nama Kayu Nagasari.

Mitos Tuah Dan Khasiat Kayu Dewandaru

Tak seperti Kayu Galih Asem , Kayu dewandaru termasuk kayu yang langka dan banyak ditemukan di pulau Karimunjawa sebelah utara Jepara, diyakini mempunyai tuah menolak binatang buas dan ular, menyembuhkan gigitan ular beracun dan menjaga keselamatan. Melainkan konon kayu ini kurang bagus dibawa dalam perjalanan berperahu karena sifatnya mendatangkan angin taufan. Berdasarkan mitos pula diyakini bahwa pohon kayu Dewadaru tak bisa dibawa keluar dari pulau tersebut.

Kayu Dewandaru juga diipercaya mempunyai khasiat khusus sebagai pengasihan, menambah kharisma, dan pengusir gangguan gaib. Melainkan ada sedikit keyakinan untuk di tempat Blora, banyak yg bilang khasiatnya buat pengobatan namun buat pohon yg masih berdiri dipercaya bisa mengundang makhluk halus untuk berdiam dipohon tersebut sehingga seandainya ada disekitaran rumah bisa buat penunggu rumah.

Uniknya lagi dinas pertanian blora beberapa waktu lalu membagi/memasarkan benih pohon dewandaru ke kelompok tani dikarenakan harga dari daun/komponen lain pohon ini bernilai amat tinggi menyaingi Daun Bidara Arab yang nantinya dipergunakan untuk racikan obat. Berdasarkan menarik lainnya kecuali kayu dewandaru yaitu dari manfaat dan khasiat Kayu Ular yang cukup menarik untuk pembaca simak dan dikenal.

Kayu Dewandaru Berdasarkan Mitos Filosofi Jawa

Pohon dewandaru dalam terminologi jawa bisa diistilahkan sebagai kayu ‘Pembawa Wahyu Dewa’. Kata dewandaru banyak dijumpai dalam kisah pewayangan ataupun dalam khasanah bahasa Jawa Kuno ataupun sansakerta. Khusus tak mengherankan seandainya kemudian pohon bernama dewandaru ini kemudian sarat dengan mitos.

Mitos, Khasiat, dan Pemanfaatan. Maka pada masyarakat jawa, eksistensi pohon dewandaru sarat dengan mitos. Mulai dari mitos soal asal-idenya hingga khasiat magis sebagai kayu sakti, Tambang Liring dan bertuah. Khusus, kayu dewandaru sering kali kali dimanfaatkan untuk membuat aksesoris semisal tasbih, gelang, akik (batu cincin), dan kalung. Supaya mitos berkaitan pohon dan kayu dewandaru diantaranya yaitu :

  • Kayu (batang) dewandaru (Eugenia uniflora) yang sering kali dipercaya sebagai kayu sakti dan bertuah.
  • Pohon dewandaru di tanam oleh Sunan Nyamplungan, putra Sunan Muria, sesudah mendapatkannya dari Cina.
  • Seorang bernama dewandaru yang menjadi rebutan antara Kurawa dan Pandawa lantaran dipercaya menjadi kunci untuk merajai dunia. Bebauan tak bisa diperebutkan, orang ini berubah menjadi pohon.
  • Diandalkan kayu dewandaru sebagai sarana pencapaian kesempurnaan dalam ilmu kanuragan.
  • Meski mempunyai khasiat sebagai pengasihan, menambah kharisma, dan pengusir gangguan gaib.

Manfaat Dan Khasiat Kayu Dewandaru Untuk Kesehatan

Di balik khasiat mistis yang dipercayai oleh beberapa masyarakat, pohon dewandaru ternyata mempunyai pelbagai manfaat yang teruji secara klinis. Buah dewandaru kecuali mengandung air juga mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin C. Kulit kayunya mengandung tanin. Meski daunnya banyak mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoid.

khasiat dan manfaat kayu pohon dewandaru untuk kesehatan Dengan kandungan yang dipunyainya, dewandaru (Eugenia uniflora) bisa dimanfaatkan sebagai peningkat kualitas astringent, mengurangi tekanan darah tinggi, penurun kolestrol, penurun metabolisme lipid, dan antioksidan.

pohon Dewandaru yang banyak digunakan untuk pengobatan yaitu bunga, daun dan bijinya. dari hasil penelitian, isi tanaman tersebut banyak lemak, protein, pati, asam palmitat, asam stearat, asam linolead, zat pahit, tanin dan minyak atsiri. dari zat2 yang dikandung tanaman ini, maka dewadaru bisa digunakan untuk mengobati diare, disentri, karena mengandung tanin dan zat pahit. Disamping itu digunakan juga untuk ekspectoran dengan sifat aromatiknya, serta beberapa haemostatic dan lainnya.

bunga dari Dewadaru di pakai juga sebagai obat lokal, obat kudis dan sebagai kosmetika. Pengobatan tradisional Hindu menggunakan bunga kering Dewadaru di jadikan dalam bentuk decoc untuk pengaplikasian secara internal meskipun minyaknya untuk aplikasi pengobatan eksternal

baca juga: Mitos Pohon

review mengenai mitos, manfaat dan khasiat dari pohon dan kayu Dewandaru yang bisa penulis kumpulkan dari beberapa sumber dan semoga artikel inii bisa memberikan manfaat bagi sahabat pembaca.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali