Contoh Cerpen : Pengalaman,Motivasi, Persahabatan Dan Pendidikan

Pengertian Tujuan, Struktur Cerita Pendek

Contoh Cerpen Pengalaman,Motivasi, Persahabatan Dan Pendidikan menjadi salah satu artikel yang banyak di cari para pelajar ketika ditugaskan oleh guru untuk membuat cepen.

Jadi pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kalian untuk mendapatkan informasi lengkap tentang pengertian, tujuan, dan struktur dari cerita pendek serta beberapa contoh dari cerpen yang bisa dijadikan sebagai sumber referensi atau inspirasi.

Pengertian Tujuan, Struktur Cerita Pendek

Pengertian Tujuan, Struktur Cerita Pendek

Berikut ini kami akan memberikan informasi tentang pengertian cerpen, tujuan penulisan cerpen, dan struktur penulisan cerita pendek yang baik dan benar.

Pengertian Cerita Pendek

Cerita pendek atau lebih dikenal denga cerpen adalah salah satu jenis karya sastra yang sering kita baca buat. Cerpen adalah sebuah karya sastra yang menceritakan suatu moment atau kejadian yang cenderung lebih pendek, lebih ringkas dan lebih bermakna daripada cerita panjang seperti novel .

Biasanya, cerita pendek berkisar dari beberapa baris paragraph saja hingga beberapa halaman, sedangkan novel tidak terbatas halamannya bahkan sampai berjilid-jilid. Karena itu, dalam isi sebuah cerpen biasanya langsung membahas pada satu situasi atau topik tertentu dari awal sampai akhir cerita.

Sementara itu, novel umumnya akan mengandung banyak permasalahan yang di bahas di dalamnya, yang meliputi area kehidupan yang luas. Oleh karena itu, cerpen seringkali sangat terbatas dari segi karakternya, waktu dan ruang dalam cerpen tidak sepanjang novel. Terkadang cerita pendek hanyalah momen atau kejadian dalam suatu kehidupan.

Tujuan Penulisan Cerpen atau Cerita Pendek

Dalam penulisan sebuah cerpet akan memiliki beberapa tujuan dan fungsi seperti :

Tujuan Cerpen

Cerpen ditulis dengan memiliki tujuan mengungkapkan perasaan dari penulis yang diimajinaikan ke dalam sebuah karangan cerita yang berfungsi untuk menghibur pembacanya, sehingga pembaca ketika membaca cerpen akan merasa terhibur atau isi dari sebuah cerpen bisa berujuan untuk menasehati ataupun memberikan teguran.

Fungsi Cerpen

Selain tujuan dari pembuatan cerpen, cerpen sendiri memiliki beberapa fungsi seperti :

  • Fungsi Relegiusitas yang intinya berfungsi untuk mengajarkan agama kepada pembaca tentang apa yang diceritakan.
  • Fungsi Moralitas yang bertujuan untuk memberikan cerita tentang nilai moral yang baik dan tidak baik kepada pembaca sehingga pembaca bisa mengetahui sebab dan akibat yang ditimbulkan dari moral yang diceritakan penulis.
  • Fungsi estetis yang memiliki fungsi sebagai keindahan yang disampaikan penulis kepada pembacanya.
  • Fungsi didaktif yang berfungsi untuk memberikan pendidikan atau arahan kepada pembaca dengan mencantumkan nilai kebaikan dari apa yang diceritakan di cerpen.
  • Fungsi rekreatif merupakan fungsi cerpen untuk memberikan perasaan bahagia, terhibur, dan senang kepada pembaca cerpen tersebut.

Struktur Penulisan Cerpen

Jika kalian sudah mengetahui pengertian dan tujuan dari penulisan cerpen, maka kalian yang ingin menulis cerpen sendiri harus memahami dan mengetahui struktur penulisan cerpen yang baik dan benar berikut ini.

1. Abstrak

Ini merupakan bagian awal dari sebuah cerita pada cerpen yang memberikan gambaran awal cerita yang akan di bahas, tapi bagian ini sebenarnya opsional bisa dituliskan atau tidak sehingga kalian tidak perlu memikirkan berlebih pada bagian abstrak ini.

2. Orientasi

Kemudian setelah menuliskan bagian abstrak, lanjut dengan bagian orientasi yang di mana pada bagian ini akan menggambarkan waktu, tempat, dan suasana yang terjadi pada cerita yang dibahas dalam cerpen. Jadi kalian harus menjawab pertanyaan tentang kapan, dimana dan bagaimana cerita pendek tersebut akan dibuat.

3. Komplikasi

Kemudian ada bagian komplikasi yang mana pada bagian ini kalian harus menurliskan urutan kejadian dalam cerpen yang dihbungkan melalui pembahasan sebab akibat, dari karakter tokoh utama sehingga pada bagian ini dapat memberikan gambaran plot cerita pada cerpen dengan jelas.

4. Evaluasi

Selanjutnya di Bagian evaluasi, penuslis cerpen harus menghadirkan konflik yang terjadi pada cerita tersebut sehingga akan menghadirkan klimaks. Pada bagian ini konflik dalam cerita muncul dan penulis harus menuliskan juga solusi dan penyelesaian dari akhir konflik yang dibahas sebelum ke bagian akhir cerpen.

5. Resolusi

Untuk bagian resolusi terdiri dari solusi yang digunakan penulis untuk mengakhiri masalah atau konflik yang terjadi pada tokoh utama dalam cerpen yang dibuat. Dibagian ini penulis sudah masuk ke tahap mendapatkan solusi akan konflik atau masalah dari cerpen yang dibuat.

6. Koda

Terakhir ada bagian koda yang dimana pada bagian akhir koda ini penulis mencantumkan pelajaran atau nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen yang dibuat kepada pembacanya. Baik itu tentang pelajaran yang membuat hati pembaca senang ataupun nilai-nilai moral, agama dan pendidikan yang terkandung dalam cerita yang dibuat pada cerpen tersebut.

Contoh Cerita Pendek Pengalaman

Contoh Cerita Pendek Pengalaman

Contoh cerita pendek pengalaman disini kita bisa menggambarkan berbagai pengalaman dari pengalaman liburan, pengalaman menyenangkan, pengalaman jatuh cinta, pengalaman kerja ataupun pengalaman menarik lainnya yang bisa kita ceritakan kepada orang lain, agar orang lain bisa merasakan apa yang kita rasakan atau kita imajinasikan dalam pengalaman yang ada di dalam cerpen.

Cerpen Tentang Petugas kebersihan

Pada semester 2  di universitas, salah satu dosen memberikan quiz di kelas. Saya adalah seorang mahasiswa yang rajin dan terkenal pandai dibandingkan dengan teman-teman se kelas di kampus, jadi saya dapat mengerjakan semua pertanyaan dengan sangat mudah, sampai saya membaca pertanyaan terakhir: “Siapa nama wanita yang membersihkan kampus ini?”

Itu pasti lelucon. Saya melihat wanita petugas kebersihan tersebut beberapa kali. Dia tinggi, berambut hitam, dan berusia sekitar 50 tahun, tetapi bagaimana saya tahu namanya? Saya menyerahkan kertas, meninggalkan pertanyaan terakhir kosong. Sebelum kelas berakhir, satu orang bertanya apakah pertanyaan terakhir diperhitungkan terhadap nilai ujian.

“Tentu saja,” kata sang Dosen, “Selama hidup Anda, Anda akan bertemu banyak orang. Semua orang penting. Mereka pantas mendapatkan perhatian Anda, walaupun kamu hanya tersenyum dan menyapa nama mereka “.

Saya tidak akan pernah melupakan pelajaran itu. Saya jadi tahu bahwa nama wanita petugas kebersihan di kampus adalah Ibu Ani.

Cerpen Pelayan Restoran dan Anak Kecil

Ada seorang bocah lelaki berusia 10 tahun memasuki sebuah kafe dan duduk di sebuah meja. Seorang pramusaji meletakkan segelas air di depannya. “Berapa harga hamburger?” Anak ekcil itu bertanya. “20 ribu,” jawab wanita pelayan restoran.

Bocah itu mengeluarkan tangannya dari sakunya dan memeriksa uang koin di dalamnya. “Yah, berapa harga sepotong es krim?” anak tersebut bertanya lagi. Sudah ada beberapa orang yang menunggu di meja lain dan pelayan wanita tersebut menjadi tidak sabar. “10 ribu” jawabnya ketus.

Bocah itu menghitung uang lagi. “Bolehkah saya membeli es krim tersebut setengah saja” katanya. Kemudian pelayan tersebut membawakan es krim, meletakkan tagihan di atas meja dan pergi begitu saja. Kemudian bocah itu menghabiskan sepiring es krimnya, membayarnya dan meninggalkan cafe.

Ketika pelayan kembali ke meja anak tersebut, dia mulai menangis ketika dia baru saja akan membersihkan meja. Di sana, ditempatkan dengan rapi di sebelah piring kosong, ada uang koin 500 sebanyak 2 keping dan uang koin 1000 rupiah sebanyak 2 keping. Padahal, bocah tadi tidak bisa membeli es krim lengkap, tetapi bocah tadi tetap meninggalkan cukup uang untuk diberikan kepada pelayan tersebut.

Contoh Cerita Pendek Motivasi

Contoh Cerita Pendek Motivasi

Untuk contoh cerita pendek motiviasi, kalian dapat membuat tulisan atau karangan cerita pendek yang berisi beberapa paragraph atau beberapa halaman yang menceritakan tentang suatu kejadikan atau peristiwa yang di dalamnya mengandung motiviasi yang bisa menjadi inspirasi atau penyemangat bagi pembaca cerpen tersebut.

Cerpen Hambatan di Tengah Jalan

Pada zaman dahulu, ada seorang raja sengaja memerintahkan pasukanya untuk meletakan batu besar di tengah jalan yang menuju pusat kerajaan. Dan kemudian dibiarkan begitu saja dan raja dengan sengaja meletakan batu tersebut untuk memperhatikan apakah ada yang mau memindahkan batu raksasa itu. Beberapa pedagang dan orang kaya raya ketika melintasi jalan tersebut hanya mengelilingi batu tersebut dan melewati samping batu tersebut untuk dapat berjalan ke pusat kota dan membiarkan batu tersebut ada di tengah jalan. Banyak orang yang telah melewati jalan tersebut bahkan menyalahkan raja karena tidak membersihkan jalan, dan tidak ada satu orangpun dari pedagang dan orang kaya yang melewati batu itu berinisiatif untuk memindahkan batu tersebut.

Dan kemudian ada seorang petani yang lewat membawa sayuran cukup banyak untuk dijual di pasar. Ketika dia menemukan batu itu, petani itu berusaha keras untuk memindahkan batu itu ke sisi jalan. Setelah berusaha keras, dia akhirnya berhasil. Setelah petani itu mengambil kantung sayuran, dia melihat sebuah tas tergeletak di tempat batu itu berada. Tas itu diisi dengan koin emas dan catatan dari raja, yang mengatakan bahwa emas ini untuk mereka yang telah memindahkan batu tersebut.

Seorang petani tersebut telah memberikan sesuatu yang banyak dari kita tidak pernah mengerti. Setiap rintangan yang dihadapi pasti akan ada hasil yang tidak akan menghianati perjuangan tersebut.

Contoh Cerita Pendek Persahabatan

Contoh Cerita Pendek Persahabatan

Kemudian ada contoh cerita pendek persahabatan yang di dalamnya tentunya berisi tentang masalah persahabatan yang sering terjadi di dunia nyata, sehingga pambaca juga bisa masuk dalam imajinasi dari penulis tentang arti sebuah persahabatan atau kisah yang menarik dari sebuah persahabatan.

Cerpen Pasir dan batu

Dua teman berjalan di sepanjang pasir pantai saat sedang liburan. Keduanya berbincang-bincang satu sama lain, lalu terjadi suatu perdebatan sengit tentang sesuatu hal. Ketika perdebatan semakin sengit, salah seorang menampar wajah temannya. Merasa sangat sakit tetapi yang ditampat tadi tidak mengatakan apa-apa.

Dia hanya diam-diam menulis di pasir pantai tulisan yang sangat besar: ” HARI INI, TEMAN TERBAIK SAYA TELAH MENAMPAR KU “.

Kemudian teman yang ditampar tandi berjalan sendirian ke tengah laut dan berdiam diri di trekdam yang ada di pantai tersebut. Teman yang ditampar tadi secara tidak sengaja jatuh ke laut. Tetapi temannya tadi segera menyelamatkannya.

Segera setelah diselamatkan, dia mengukir tulisan di batu : ” HARI INI, TEMAN TERBAIK SAYA MENYELAMATKAN HIDUP SAYA”.

Temannya yang melihat dia menuliskan di atas batu tulisan tersebut dan bertanya, “Mengapa, ketika saya menampar mu, kamu menulis di atas pasir dan sekarang kamu mengukir kata tersebut di atas batu?”.

Dan jawaban yang diterimanya adalah:

Ketika seseorang menyakiti kita, kita harus menulisnya di atas pasir, di mana angin dan ombak dapat menghilangkan tulisan tersebut. Dan ketika kita menerima kebaikan dari orang lain, kita harus menuliskannya di atas batu, di mana tidak akan ada angin yang berhembus atau ombak yang dapat menghapus tulisan tersebut.

Cerpen Kata Beruang

Suatu hari, dua teman berjalan di hutan, ketika mereka melihat seekor beruang besar lewat.

Seseorang segera lari, dia memanjat pohon.

Yang lain tidak berhasil memanjat pohon tepat waktu, dia menghadapi beruang yang mendekat. Dia kemdian berbaring, menahan napas dan berpura-pura mati.

Beruang itu mendekat dan mengendus-endus wajahnya, tetapi dia menahan napas untuk berpura-pura mati. Beruang setelah mengendus-undus merasa seorang tadi seperti sudah mati jadi beruang tersebut pergi, tidak menyakitinya sama sekali.

Ketika beruang telah pergi, teman di pohon itu turun dari pohon. Dia bertanya pada teman yang tidak sempat menaiki pohon, ” Apa yang dibisikkan beruang ke telingamu”?

Beruang tadi memberi tahu saya bahwa “Anda tidak boleh mempercayai seseorang yang meninggalkan Anda sendirian dalam keadaan darurat”.

Kemudian teman tadi meminta maaf dan merasa malu telah meninggalkan temannya sendirian dan melarikan diri untuk menyelamatkan diri sendiri.

Karena itu dalam pertemanan atau persahabatan saling memabantu dalam masa kesusahan besar adalah kunci dari persahabataan yang indah.

Contoh Cerita Pendek Pendidikan

Contoh Cerita Pendek Pendidikan

Terakhir ada contoh cerita pendek pendidikan, yang dimana dalam alur cerita pendek ini memiliki makna yang akan menjarkan kita sesuai hal yang baru atau memberikan pelajaran yang sangat berharga dari kisah yang diceritakan di dalamnya.

Mobil Mogok Di Tengah Hujan

Suatu malam sekitar pukul 11:30 malam, seorang wanita kulit hitam tua berdiri di tepi jalan raya di Alabama yang merupakan salah satu daerah di Amerika Serikat, dengan berdisi di saat hujan deras. Mobilnya rusak dan dia butuh tumpangan. Wanita tersebut memutuskan untuk melambaikan kendaraan yang melaju untuk mencari tumpangan.

Kemudian ada seorang pria kulit putih yang masih muda menghentikan mobil dan membantu wanita tersebut, sesuatu yang jarang tidak terjadi selama tahun 1960-an yang penuh dengan konflik etnis di daerah tersebut. Pria itu mengantarnya ke tempat yang aman, membantunya mencari bantuan, dan memanggilnya taksi untuk mengantarkanya sampai ke rumah.

Wanita itu tampak tergesa-gesa masuk taksi, bertanya pada pria muda tersebut untuk menuliskan alamat pria tersebut serta mengucapkan terima kasih. Tujuh hari berlalu, dan ada ketukan di pintu rumah pria yang menolong wanita yang meminta bantuan tengah malam. Betapa terkejutnya pria tersebut ketika , ada paket berupa TV LED 42 Inc yang diantarkan ke rumahnya dan ada secarik tulisan bahwa pengirimnya adalah seorang wanita yang pernah di tolongnya 7 hari yang lalu.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Gaji, Ijazah Dan Tanah

Nah itulah tadi beberapa Contoh Cerpen : Pengalaman,Motivasi, Persahabatan Dan Pendidikan yang dapat kalian baca satu-satu untuk dijadikan inspirasi dalam menulis cerita pendek yang menarik. Sehingga dengan banyaknya referensi yang kalian dapat, kalian akan menjadi lebih mahir dalam menulis cerpen yang baik dan benar, serta di dalam cerpen yang dibuatpun mengandung makna atau tujuan untuk dinikmati para pembaca.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali