Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Gaji, Ijazah Dan Tanah

8 min read

contoh surat kuasa

Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Gaji, Ijazah Dan Tanah akan kami bagiakan disini, karena sekarang ini banyak orang yang tidak ada kesempatan untuk mengurus kepentingan tersebut dan ingin di wakilkan oleh orang lain.

Untuk lebih detail tentang surat kuasa, di sini kami akan menjelaskan kepada kalian dengan detail tentang pengertian surat kuasa dan beberapa tata cara penulisan yang baik dan benar, serta memberikan beberapa contoh surat kuasa untuk pengambilan BPKB, surat kuasa khusus, surat kuasa pengambilan gaji, surat kuasa pengambilan ijazah dan surat kuasa pengambilan tanah.

Pengertian Surat Kuasa

Pengertian Surat Kuasa

Surat kuasa merupakan salah satu bentuk surat yang memiliki isi untuk memberikan wewenang atau kuasa kepada orang lain yang dipercaya untuk menggantikan orang yang memberikan kuasa. Biasanya surat kuasa dibuat karena pemberi kuasa tidak dapat melakukan hal atau kepentingan tersebut sendiri karena berbagai alasan.

Karena itu, penggunaan surat kuasa harus benar-benar kalian pertimbangkan kepada orang yang benar-benar dipercaya. Karena umumnya surat kuasa ini dibuat untuk suatu pekerjaan penting dan bisa berupa sebuah barang atau sertifikat berharga ataupun uang.

Hal Perlu Dipertimbangkan Saat Membuat Surat Kuasa

Saat membuat surat kuasa ada beberapa hal penting dan harus sangat diketahui karena ini merupakan salah satu dokumen penting.  Karena itu, kalian harus memperhatikan beberapa hal dalam membuat surat kuasa seperti :

  • Memilih orang dengan tepat. Ketika kalian ingin membuat surat kuasa yang dikuasakan kepada orang lain. Pilihlah orang yang benar-benar kalian kenal dekat, karena dokumen yang akan diambil oleh yang diberikan kuasa umumnya adalah dikumen penting dan berharga. Kalian bisa membuat surat kuasa dengan memiliki salah satu anggota keluarga, kerabat atau teman dekat yang bisa dipercaya.
  • Siapkan persyaratan lain. Selain kalian membuat surat kuasa yang dikuasakan kepada orang lain, pastikan ketika sudah membuat surat kuasa lampirkan beberapa dokumen pedukung lainnya seperti KTP atau kartu identitas lainnya untuk menguatkan bukti surat kuasa tersebut adalah resmi dan asli.
  • Stempel pada Surat kuasa. Untuk kepentingan resmi atau berharga, pemberian cap stempel dan materai diatas surat kuasa akan memberikan bukti bahwa surat kuasa yang dibuat adalah resmi dan sah.

Jenis Surat Kuasa

Seperti halnya jenis surat lainnya, surat kuasa juga memiliki beberapa jenis seperti :

  • Surat Kuasa resmi yang merupakan sebuah surat kuasa yang dibuat oleh suatu perusahaan atau instansi oleh pejabat atau pimpinan kepada karyawan untuk melakukan suatu pekerjaan yang ditugaskan oleh perusahaan.
  • Surat Kuasa pribadi merupakan surat kuasa yang dibuat oleh perorangan. Umumnya surat kuasa pribadi ini dibuat oleh seseorang yang mengkuasakan orang lain untuk mengambil uang gajian, ijazah atau dokumen penting lainnya milik pribadi.
  • Surat Kuasa Kusus merupakan surat kuasa yang dibuat oleh pihak yang berhubungan dengan pengadilan atau penegak hukum.

Bagian Pada Surat Kuasa

Dalam menuliskan surat kuasa kita juga harus memperhatikan beberapa bagian penting yang wajib dicantumkan dalam surat ini. Sehingga kekuatan dan kevalidan surat kuasa ini ketika digunakan lebih kuat dan dipercaya oleh pihak yang menerima surat kuasa tersebut. Bagian bagian penting pada surat kuasa seperti :

  • Nomor surat ( opsional jika dari perusahaan )
  • Kekuatan pengacara ( jika surat kuasa khusus )
  • Judul dan Nomor Surat
  • Identitas pemberi dan penerima surat kuasa
  • Tanggal dan waktu surat kuasa dibuat
  • Isi atau hal yang dikuasakan kepada pihak penerima kuasa
  • Tanda tangan kedua pihak pemberi dan penerima surat kuasa
  • Materai dan stempel

Itulah beberapa bagian penting pada surat kuasa yang harus kalian perhatikan ketikan membuatnya. Jadi jika surat kuasa yang dibuat untuk kepentingan individu tidak perlu ada nomor surat, ini dibuat hanya untuk surat kuasa resmi yang berbadan hukum atau berkatan dengan pengadilan hukum. Surat kuasa juga hanya bisa digunakan ketika penerima dan pemberi kuasa menandatangani surat tersebut diatas materai untuk lebih sah. Dan untuk perusahaan wajib ditambahkan cap atau stempel dari perusahaan.

Berikut ini akan kami berikan beberapa Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Gaji, Ijazah Dan Tanah yang bisa dijadikan referensi dalam menulis.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Berikut ini adalah contoh surat kuasa pengambilan BPKB untuk kalian yang tidak bisa atau tidak sempat mengambil BPKB sendiri karena kerja di luar kota, karena sakit, atau dikeranakan suatu halangan sehingga tidak bisa mengambil BPKB.

SURAT KUASA

Jasa Pelet Terpercaya

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Hari Susanto S.E

No. KTP: 15616516516

Posisi: Pimpinan PT Adiguna Usaha

Dukun Pelet Terbaik

Alamat: Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Bekasi

Dengan ini mewakili PT Adiguna Usaha yang beralamat di Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Bekasi – 56645.

Dengan ini memberi wewenang kepada:

Nama: Ahmad Jaya

No. KTP: 1215656565

Posisi: Manager

Alamat: Jalan Angin Cinta No 1, Desa Indah Bunga Kecamatan Duren, Bekasi

Untuk:

 Mengambil 1 (satu) No BPKB  74894654151 dari mobil, dengan rincian kendaraan sebagai berikut:

Tipe: Avanza Type G

Tahun 2019

Nomor Rangka : KNKMNF345NKF

Nomor Mesin: MF353453

Nomor Polisi: S 1001 SK

BPKB atas nama: PT Adiguna Usaha

Yang didelegasikan di PT ADIRA FINANCE, menurut:

Nomor perjanjian: 032.5459416.5456

Tanggal: 19 April 2020

Tanda tangani semua tujuan administratif di PT ADIRA FINANCE.

Apabila ada tambahan biaya yang harus dibayar lunas dan ada konsekuensi yang timbil pada saat pengambilan BPKB akan menjadi tanggung jawab saya.

Sekian Surat Kuasa ini saya buat dengan akal sehat dan tidak ada paksaan dari pihak manampun yang dapat dipertanggung jawabkan keaslian surat ini di depan hukum yang berlaku.

Bekasi, 20 April 2020

Yang memberi kuasa,                        Yang menerima Kuasa,

Hari Susanto S.E                                        Ahmad Jaya

 Pimpinan PT Adiguna Usaha Manager

Lampiran:

KTP Penerima Kuasa

Contoh Surat Kuasa Khusus

Contoh Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa khusus ini memiliki yang dapat digunakan pihak tertentu secara langsung menggunakan pengacara untuk kekuatan khusus surat ini karena surat ini terkait dengan pengadilan hukum. Berikut ini adalah salah satu contoh surat kuasa khusu yang bisa dijadikan sumber referensi.

SURAT KUASA

Apa yang tercantum di bawah ini:

Nama: Hari Susanto

Jenis kelamin laki-laki

Tempat Lahir: Surabaya

Umur / Tanggal Lahir: 35 tahun, 1 Agustus 1985

Agama : Islam

No. KTP: 15616516516

Kebangsaan: Indonesia

Posisi: Pimpinan PT Adiguna Usaha

Alamat: Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Bekasi

Pekerjaan: Karyawan Swasta

Dengan ini mengakui dan menjelaskan bahwa ia memberi kekuatan untuk:

Irawan Hadi, S.H. Sebagai Advokat, Pengacara dan Perwakilan Hukum di “Pengacara LSM SUARA RAKYAT” yang memiliki alamat dan kantornya di Jalan Tegakan Keadilan, No 42, Surabaya.

K H U S US

Untuk sebagai penasehat hukum kemapada Pemberi Kuasa sebagai yang dicurigai atau dituduh telah melakukan tindakan pidana dengan pasal 32 tentang pelanggaran UU ITE tahun 2015.

Dan untuk itu:

Tujuan dan tindakan hukum yang ditunjukan kepada nama pemberikuasa dalam kasus iini, dengan disertai penyedia proksi pada tingkatan penyeledikan kasus.

Tuntutan yang diberikan di Kantor Kejaksaan dan di Pengadilan Negeri Surabaya, menandatangani dan menyerahkan pledoi serta menandatangai dan membuat memo banding sebagai perintah kasasi kasus ini.

Apabila akan menggunakan kantor kejaksaan, kantor pengadilan, kantor kejaksaan agung ataupun lembaga militer ataupun non militer. Maka segera kirimkan seluruh permintaan yang berkaitan dengan kasus ini dan ratifikasi. Selain itu serahkan juga seluruh nama yang dibutuhkan, sehingga ini menjadi kuasa yang dibuat dengan tujuan yang sesungguhnya.

Sekian surat kuasa ini dibuat dengan data dan informasi yang valid dan benar sesuai kenyataan dan dapat digunakan sebagai mana mestinya untuk memberikan kuasa.

Surabaya, 10 April 2020

Penerima Kuasa,                                                  Pemberi Kuasa,

Irawan Hadi, S.H                                Hari Susanto

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Jika kamu atau salah satu anggota keluargamu ada yang tidak bisa mengambil gaji di kantor karena sakit, karena ke luar kota, atau disebabkan alasan lainnya. Kalian sebagai salah satu anggota keluarga diperintahkan untuk mengambil gaji tersebut, jadi kalian harus mengetahui cara menulis atau membuat surat kuasa pengambilan gaji dengan melihat contoh berikut :

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Siska Aminah

Jenis kelamin : wanita

Tempat / Tanggal Lahir: Bandung, 2 Januari 1990

Agama : Islam

Pekerjaan: PNS

Alamat: Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Jakarta

Yang disebut sebagai pihak pertama dan kemudian:

Nama: Eno Basuki

Tempat / Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Maret 1985

Jenis kelamin : laki-laki

Agama : Islam

Pekerjaan: Karyawan Swasta

Alamat: Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Jakarta

Yang disebut sebagai Pihak Kedua

Pihak pertama telah menerima kuasa dari pihak kedua yang menjabat sebagai Brand Manager untuk mengambil gaji bulanan dari perusahaan PT Makmur Jozz dengan jumlah Rp 8.000.000 ( Delapan Juta Rupiah ) dengan nomor rekening BRI : 2132 5433 5353 5353 5353 25424.

Sekian surat kuasa ini saya buat dengan data dan informasi yang benar dan tidak dalam paksaat dan surat ini juga digunakan untuk sebagai mana mestinya.

Dengan demikian, Surat Kuasa ini sangat berbeda sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 20 Juli 2020

Yang Menerima Kuasa                                              Yang Memberi Kuasa

Siska Aminah                                                    Eno Basuki

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Ini merupakan salah satu contoh surat kuasa pengambilan ijazah untuk kalian yang ingin mengambilkan ijazah adik, atau saudara ataupun keponakan dikarenakan kedua orang tua tidak bisa mengambilkan ijazah kelulusan ataupun anak yang bersangkutan tidak bisa mengambil ijazah sendiri karena sudah pindah kota.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah SMA

Dengan ini saya :

Nama : Sobirin

Tempat/Tgl Lahir : Jakarta, 3 Maret 1995

NISN : 45156516

Alamat : Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Bandung

Memberikan kuasa kepada saya :

Nama : Adi Misnur

Tempat/Tgl Lahir : Jakarta, 5 Agustus 1990

Alamat : Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Bandung

Untuk mewakilkan saya yang merupakan salah satu siswa di SMA Mekar Pintar Bandung bernama Sobirin untuk mengambil ijazah dan surat keterangan lulus serta kelengkapan dokumen kelulusan lainnya yang sudah terlegalisir dari sekolah. Jika suatu hari nanti ada kesalahan atau masalah yang timbul dari surat kuasa ini, maka ini adalah tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa kepada yang bersangkutan diberikan kuasa.

Sekian Surat surat kuasa ini saya buat dengan data dan informasi yang benar dan dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya untuk pengambilan ijazah.

Bandung, 5 Mei 2020

Yang memberi kuasa, Yang menerima kuasa,

 Sobirin Adi Misnur

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Sarjana

Untuk selanjutnya ini adalah contoh surat kuasa pengambilan ijazah sarjana di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Ketika yang bersangkutan atau pemberikuasa tidak bisa mengambil ijazah sarjananya sendiri dikarenakan sedang berada di luar kota karena pulang kampung ataupun karena sudah bekerja di kota lain yang jauh dari universitas atau kampus.

SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Sobirin

NIM : 485654654

Fakultas : Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Jurusan : Hukum Tata Negara

Yang disebut dengan Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama : Adi Misnur

Alamat : Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Bandung

NIK : 5956565

Pekerjaan : PNS

Yang disebut dengan Penerima Kuasa

Diberikan kuasa untuk mengambil ijazah dan transkip nilai akedmik dari pemberi kuasa serta beberapa dokumen kelulusan lainnya yang dikeluarkan oleh Universitas Brawijaya. Jika suatu hari nanti ada kesalahan atau masalah yang timbul dari surat kuasa ini, maka ini adalah tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa kepada yang bersangkutan diberikan kuasa.

Bandung, 10 Mei 2020

Yang memberi kuasa, Yang Menerima Kuasa,

Sobirin Adi Misnur

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Tanah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Tanah
Close-up image of a firm handshake between two colleagues in office.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Siska Aminah

Jenis kelamin : wanita

Tempat / Tanggal Lahir: Bandung, 2 Januari 1990

Agama : Islam

Pekerjaan: PNS

Alamat: Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Jakarta

Yang disebut sebagai pihak pertama dan kemudian:

Nama: Eno Basuki

Tempat / Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Maret 1985

Jenis kelamin : laki-laki

Agama : Islam

Pekerjaan: Karyawan Swasta

Alamat: Jalan Sekat Rindu No 43 Desa Bringin Kecamatan Solaka, Jakarta

Yang disebut sebagai Pihak Kedua

Pihak pertama sebagai pemberi kuasa telah mengkuasakan kepada pihak kedua untuk menjadi wakil dan atas nama pemberi kuasa untuk mengambil surat tanah atau sertifikat tanah dan Bangunan atas nama pemberi kuasa yang dijaminkan kepada Bank BRI Cabang Pondok Gede Jakarta.

Jika suatu hari nanti ada kesalahan atau masalah yang timbul dari surat kuasa ini, maka ini adalah tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa kepada yang bersangkutan diberikan kuasa.

Jakarta, 20 Juli 2020

Yang Menerima Kuasa                                              Yang Memberi Kuasa

Siska Aminah                                                  Eno Basuki

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi Singkat : Pengertian, Tujuan Dan Struktur

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang beberapa contoh surat kuasa yang umum digunakan kita dalam beberapa kepentingan. Sebenarnya masih ada contoh surat kuasa lain seperti surat kuasa otoritas lahan, surat kuasa ahli waris, surat kuasa pengambilan uang di bank, surat kuasa pencabutan hak wewenang dan lainnya. Yang inti dari penulisan surat kuasa hampir sama satu sama lainnya, yang membedakan adalah isi dari surat kuasa tersebut.

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya