Contoh Teks Eksposisi Singkat : Pengertian, Tujuan Dan Struktur

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Contoh Teks Eksposisi masih menjadi salah satu teks yang banyak orang cari untuk dijadikan referensi dalam menulis teks eksposisi yang baik dan benar. Sehingga pada kesempatan ini kami disini akan membahas tentang Pengertian, Tujuan Dan Struktur Teks Eksposisi dan lengkap berserta beberapa contoh Teks Eksposisi untuk kalian simak.

Pengertian Tujuan, Struktur Dan Fungsi Teks Eksposisi

Pengertian Tujuan, Struktur Dan Fungsi Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi  merupakan sebuah teks yang dituliskan dengan membahas isi tentang suatu informasi yang di dalamnya terdapat fakta atau gagasan yang memiliki tujuan memberikan informasi serta pengetahuan kepada orang yang membacanya tentang suatu hal yang informatif.

Pada sebuah teks eksposisi umumnya merujuk ke sebuah karangan berbentuk paragraf yang di setiap paragrafnya ada ilmu pengetahuan yang akan dibahas penulis agar mudah dimengerti oleh pembacanya.

Tujuan Teks Eksposisi

Dari pengertian tentang teks eksposisi, kita bisa tahu bahwa penulisan teks jenis ini memiliki tujuan untuk media memberikan informasi, menjelaskan dan memaparkan sebuah informasi yang bersifat ilmiah dan bukan informasi fiksi, untuk memberikan pengetahuan bagi para pembacanya.

Struktur Teks Eksposisi

Seperti jenis teks lainnya, teks eksposisi sendiri juga memiliki struktur penulisan yang harus kalian ketahui. Sehingga ketika ingin menuliskan sebuah teks eksposisi kalian dapat menuliskan dengan struktur yang baik dan benar.

1. Struktur Teks Tesis

Yang pertama adalah struktur teks tesis, yaitu bagian dalam teks eskposisi yang didalamnya dituliskan tentang pengenalan masalah, isu atau pandangan dari penulis tentang topik atau tema yang akan dibahas secara umum. Contoh struktur teks tesis :

Jika masalah sampah ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya sebuah solusi untuk pengolahan dan tempat pembuangan akhirnya. Maka masalah sampah di Indonesia tidak akan teratasi dan bisa menimbulkan banyak masalah untuk kedepannya, seperti masalah kesehatan, masalah pencemaran dan masalah lainnya.

2. Struktur Teks Rangkaian Argument

Pada bagian selanjutnya dalam teks eksposisi terdapat rangkaian argumen yang didalam bagian ini terdapat sebuah argumen atau pendapat dari penulis yang menjelaskan detail dari tesis yang dibahas di awal teks. Untuk memperkuat argumen penulis harus menuliskan berdasarkan fakta yang ada saat ini.

Rangakaian argumen bisa dituliskan pada paragraf kedua dan ketiga yang didalamnya menguatkan pendapat dari penulis yang didasarkan pada fakta. Contoh rangkaian argument :

Karena tidak adanya pengelolaan dan pengolahan permasalah sampah, saat ini masalah sampah ini menjadi sumber dari bencana seperti Banjir di kota-kota besar, karena tidak adanya tempat yang bisa menampung sampah karena over kapasitas tempat penampungannya. Membuat warga seperti di kota Jakarta lebih memilih membuang sampah di sungai, yang bisa berakibat banjir dan mencemari sungai.

3. Struktur Teks Penegasan Ulang

Dibagian teks eksposisi terdapat bagian penegasan ulang, yang dimana pada bagian ini penulis menuliskan rumusan masalah kembali dengan lebih ringkas dan bisa juga ini menjadi sebuah kesimpulan dan penutup sebuah teks eksposisi.

Dibagian akhir paragraf, penulis harus menuliskan ulang tesisi yang dibahas tapi tidak langsung. Contoh penulisnnya : Ternyata masalah tersebut tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan. Kata tersebut pada kalimat ini menunjukan masalah yang dibahas penulis di tesis yang dibuat.

Jenis Teks Eksposisi

Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki beberapa jenis yang memiliki tujuan dan kepentingan yang berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa jenis teks eksposisi yang harus kalian ketahui.

1. Teks Eksposisi Definisi

Untuk jenis teks eksposisi yang pertama ini artinya dalam penulisan teks akan mendefenisikan sesuatu hal yang dibahas. Dalam jenis ini penulisan isi teksnya dibatasi dengan objek bahasan tertentu. Agar pembaca bisa membedakan dan lebih fokus dengan topik yang dibahas dalam teks ini.

2. Teks Eksposisi Laporan

Kedua ada jenis teks eksposisi laporan yang memiliki tujuan memberikan sebuah laporan. Jadi pada jenis ini penulis bisa menceritakan suatu kejadian dengan lebih detail dan rinci.

3. Teks Eksposisi Proses

Untuk eksposisi proses penulis akan menuliskan dan menjelaskan sebuah isi teks tentang langkah proses tertentu dengan tujuan agar mudah dipahami pembacanya, sehingga pembaca bisa mempraktekan apa yang dijalaskan pada tulisan tersebut. Umumnya teks ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana melakukan atau membuat sesuatu agar mudah dipahami dan dipraktekan.

4. Teks Eksposisi Ilustrasi

Jenis teks ini memiliki isi menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan bagian-bagian yang dirangkai dengan rapi dan detail. Atau teks ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan 2 hal yang saling terkatit, tetapi bukan membandingkannya.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Seseuai dengan namnaya jenis teks eksposisi ini digunakan untuk menjelaskan isi tentang perbandingan suatu yang tidak sama agar mudah dipahami pembaca.

6. Teks Eksposisi Klasifikasi

Untuk jenis teks ini memiliki isi yang dituliskan penulis tentang penjelasan sesuatu hal berdasarkan kelompok tertentu. Tujuan dari mengelompokan ini adalah untuk menjabarkan setiap kelompok agar lebih jelas dipahami pembacanya.

7. Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks eksposisi analisis ini memiliki isi tentang sebuah analisis sebuah proses yang memisahkannya dengan suatu gagasan utama. Masalah yang sudah dipisahkan tersebut dianalisis menjadi beberapa bagian dan dikembangkan menjadi bagian yang berurutan.

8. Teks Eksposisi Pertentangan

Pada jenis teks eksposisi ini memiliki isi tentang pertentangan satu objek satu dengan lainnya yang masih sama. Umumnya jenis teks ini menggunakan kata hubung akan tetapi, meskipun begitu, dan kata hubung lainnya.

Berikut ini ada beberapa contoh teks eksposisi yang bisa kalian jadikan referensi dalam menulis :

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Contoh 1

Tesis

Pemerintah di Jakarta jika tidak memiliki solusi terbaik beberapa tahun mendatang maka masalah banjir di Ibu Kota Indonesia ini tidak akan pernah selesai. Bahkan mungkin akan bisa bertambah parah banjir di Jakarta setiap tahunnya, karena sampai sekarang penanganan banjir tidak ditangani dengan serius, dan masih bertambah parah setiap tahun.

Ditambah lagi daerah resapan di Jakarta yang semakin berkurang karena semakin banyak daerah resapan di bangun menjadi bangunan dan gedung-gedung tinggi. Membuat air hujan yang turun tidak bisa meresap ke dalam tanah dengan baik.

Argumentasi

Menurut data terbaru dari per 31 desemper tahun 2019 sampai 1 januari 2020, DKI Jakarta terjadi banjir di beberapa wilayah. Data dari BPBD DKI Jakarta, ada sebanyak 157 kelurahan sekitar 60% Kelurahan di  Jakarta terkena dampak banjir yang menyeluruh.

Banjir di akhir 2019 dan awal tahun 2020 di Jakarta ini memiliki ketinggian sampai 1,5 meter yang menyebabkan sekitar 30 ribu warga lebih harus mengungsi ke tempat pengungsian yang disediakan pemerintah. Karena penanganan dan penanggulangan bencana banjir di Ibu Kota ini harus benar-benar serius ditangani.

Selain rumah-rumah warga banyak fasilitas publik seperti sekolahan, ruas jalan, puskesmas, TransJakarta serta rel kerata api juga terkena dampak banjiur ini yang menyebabkan fasilitas umum ini tidak bisa digunakan masyarakat dengan efektif selama seminggu.

Penegasan Ulang

Karena itu penanganan masalah ini harus menjadi tanggung jawab semua pihak baik pemerintah dan masyarakat. Dari pemerintah harus ada penanganan dan penanggulangan yang bisa menjadi solusi dari masalah ini, serta warga DKI Jakarta juga harus bekerja sama dengan cara kerja bakti membersihkan sungai dan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Contoh 2

Tesis

Internet adalah singkatan dari interconnected network yang merupakan sebuahn jaringan komunikasi yang dapat mengkoneksikan satu media elektronik dengan media elektronik atau gadget lainnya.

Argumentasi

Di jaman yang serba canggih dan modern saat ini, kebutuhan akan internet sekarang sudah seperti hal wajib dimiliki oleh setiap orang. Karena dengan adanya koneksi internet semua kegiatan komunikasi, pekerjaan, hiburan dan masih banyak lagi bisa dimudahkan dengan adanya internet.

Misalnya saja sekarang ini dengan adanya internet, sosial media telah merubah semua kehidupan sosial di kehidupan. Kita dengan teman-teman kita, keluarga, saudara yang berada jauh dan orang yang mungkin tidak kita kenal juga terhubung dengan sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan sosial media lainnya tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Dengan adanya internet juga membuat sekarang orang mencari media hiburan tidak hanya menonton tv, tapi bisa menonton film dan video hanya dengan gadget yang digenggam dengan membuka youtube, Netflix atau penyedia video streaming lainnya.

Tidak hanya sebangai media hiburan internet juga digunakan untuk berbagai kebutuhan belajar dan bekerja. Sekarang ini kita bisa belajar dengan menyewa guru les privat secara online. Kita bisa berkomunikasi dengan rekan atau klient bisnispun hanya dengan video conferensi, dan bisa transaksi jual beli secara online sehingga bisnis dan usaha bisa tetap berjalan lancar.

Penegasan Ulang

Jadi dengan adanya teknologi canggi ini, kita dimudahkan dengan berbagai hal dalam kehidupan baik untuk media belajar, bekerja, ataupun sekedar ingin hiburan untuk menonton video, film ataupun bermain game.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan Dan Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan Dan Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Tesis

Pendidikan adalah sebuah fasilitas yang harus diberikan ke setiap warga negera agar penerus bangsa bisa membangun bangsa ini untuk lebih maju dan di pandang baik oleh dunia. Tetapi saat ini masih banyak fasilitas pendidikan kurang memadahi dan kekurangan pendidik di beberapa tempat di Indonesia menjadi masalah yang serius.

Argumentasi

Walaupun sekarang ini pendidikan di Indonesia sudah tergolong lebih baik dari 10 sampai 20 tahun terakhir dengan banyaknya fasilitas pendidikan bahkan sekarang tercatat di Indonesia ada 4500 lebih.

Untuk SMA dan SMK ada sekitar 27.205 sekolah, untuk tingkat SMP ada sekitar 59.430 sekolah dan tingkat SD ada 179.883 sekolah yang tersebar merata di Indonesia.

Tapi ketika kita melihat statistik sekolah yang ada di Indonesia kalimantan, papua dan sumatra jumlah sekolah SD, SMP dan SMA masih sangat sedikit ditambah lagi tenaga guru yang masih sedikit juga menjadi masalah yang harus benar-benar diperhatikan pemerintah.

Tidak hanya itu saja, karena banyak berita sekarang ini dengan banyaknya sekolah terutama di tingkat SD di daerah yang terpencil memiliki fasilitas dan bangunan sekolah yang sudah tidak layak digunakan, sehingga bisa membahayakan proses belajar mengajar siswa di sekolahan tersebut.

Penegasan Ulang

Jadi bisa dikatakan pemerintah harus lebih mengutamakan masalah ini, karena ini merupakan hal terpenting yang bisa menciptakan anak-anak bangsa yang cerdas dan terdidik. Sehingga bangsa ini dimasa depan bisa memiliki kesuksesan besar dan menjadi bangsa yang disegani di dunia karena warganya terdidik dengan baik.

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Contoh 1

Tesis

Pemerintah harus memberikan solusi terbaik tentang masalah yang dihadapi sekarang ini dengan mewabahnya panemi virus corona atau yang sekarang dikenal dengan COVID-19. Dengan semakin bertambahnya pasien yang positif terkena virus ini, pemerintah harus melakukan penanganan dan pencegahan dengan solusi terbaik, agar virus ini bisa diminalisir penularannya.

Argumentasi

Per tanggal 4 april 2020, kasus covid-19 di Indonesia terdapat 1.986 kasus terdeteksi 181 kasus kematian, yang bisa dikatakan kasus penyebaran virus ini masih bertambah setiap harinya.

Ditambah lagi dengan masalah lainnya yang merupakan dampak dari Virus ini juga harus segera diselesaikan dengan baik oleh pemerintah, seperti kekurangannya apd kesehatan untuk tenaga medis, menyebabnyak ada sekitar 12 dokter yang meninggal akibat menangani kasus virus ini.

Penimbunan masker kesehatan juga sudah tidak wajar, apalagi dengan harga yang di pasaran yang umumnya dijual dengan harga 30 ribu sampai 50 ribu per box sekarang harganya melambung tinggi menjadi 350 ribu sampai 400 ribu bahkan lebih.

Penegasan Ulang

Peran pemerintah dan masyarakat dalam kasus yang terjadi ini, harus benar-benar berkerjasama satu sama lain. Sekarang saatnya tidak saling menyalahkan satu sama lain, bencana ini adalah bencana global yang tidak hanya di Negara kita saja yang terkena dampaknya. Karena itu pemerintah dan masyarakat harus saling bekerjasama baik dalam pengadaan APD untuk tenaga medis, pembatasan aktivitas di tempat-tempat umum, dan menstabilkan harga masker serta barang-barang lain yang terdampak karena kasus ini.

Contoh 2

Tesis

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan setiap tahun menjadi salah satu penyakit yang perlu banyak perhatian dari kita untuk menangganginya.

Argumentasi

Berdasarkan data terbatu per 12 februari tahun 2020 ini sudah ada kasus semkitar 6 ribuan kasus demam berdarah atau DBD dan kematian yang terjadi di seluruh indonesia sudah tercatat sebanyak 49 kasus kematian.

Ketika dibandingkan dengan kasus demam berdarah tahun yang lalu ada sekitar 160 ribu kasus di tanggal yang sama dan angka kematian yang tercatat tahun lalu hampir 10 ribu kasus kematian. Walaupun dibandingkan dengan tahun lalu, kasus di tahun ini sudah mulai berkurang tetapi kita masih harus tetap wasapada kepada penyakit DBD ini.

Karena penyakit DBD ini proses penyebarannya sangat cepat, biasanya jika suatu daerah sudah ada pasien yang terkena maka di daerah tersebut akan menjadi wabah dari penyakit ini dan harus segera malakukan pencegahan agar tidak bertambah kasus di daerah tersebut.

Penegasan Ulang

Jadi penyakit ini merupakan penyakit yang umum di Negara kita karena kasus ini hanya terjadi di daerah beriklim tropis di dunia. Jadi kita diharapkan selalu waspada dan menjaga kebersihan di sekitar rumah dengan mengecek halaman rumah dengan tidak membiarkan ada air tergenang di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk penyebab penyakit ini.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP, SMA,SMK Dan Kerja

Sekian itulah beberapa contoh dari teks eksposisi yang mungkin bisa kalian jadikan referensi dalam penulisannya. Kalian juga harus memperhatikan struktur penulisan teks eksposisi yang baik dan benar, sebelum menulikannya bagik untuk tugas sekolah, tugas kuliah ataupun ketika ingin dipublikasikan di media.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali