Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP, SMA,SMK Dan Kerja

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP, SMA,SMK Dan Kerja

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP, SMA,SMK Dan Kerja banyak dicari orang untuk dijadikan referensi ketika mereka tidak masuk ke sekolah,  atau tidak masuk kerja dikarenakan sakit dengan beberapa alasan seperti sakit berdasarkan surat keterangan dokter, sakit mendadak, sakit opname di rumah sakit atau sakit dengan keterangan lainnya.

Karena dalam penulisan surat izin, kita juga harus tahu tata cara penulisan yang baik dan benar agar penerima surat bisa memahami informasi yang kita sampaikan dan percaya bahwa surat izin yang dibuat adalah benar dan tidak mengada-ada.

Walaupun surat izin merupakan surat pribadi, tapi memiliki sifat kedinasan sehingga kita dalam membuatnya tidak boleh asal-asalan. Karena itu berikut ini ada beberpa informasi yang wajib kita ketahui saat menulis surat izin sakit.

Struktur Pembuatan Surat Izin Sakit

Ketika kita membuat surat izin sakit, kita tidak boleh mengabaikan beberapa struktur penting di dalam surat izin sakit yang kita tuliskan seperti :

  1. Tempat dan Tanggal Surat, di tuliskan pada kanan atas surat.
  2. Alamat Surat, tuliskan kepada siapa surat izin tersebut dibuat dan untuk letak penulisan di sebelah kiri atas. Jangan lupa juga sebutkan nama dan posisi/jabatan dari penerima surat.
  3. Salam pembuka surat, posisinya di bawah alamat surat.
  4. Isi surat izin, disini kalian harus membuat 3 bagian terdiri dari pembuka, inti surat dan penutup. Yang dimana dibagian inti ini kalian harus benar-benar menuliskan alasan sakit yang sebenarnya dan bisa ditambahkan beberapa bukti yang nantinya akan terlampir di dalam surat.
  5. Salam Penutup, dibuat di bawah isi surat.
  6. Terakhir Tanda Tangan dan nama terang lengkap pengirim surat izin sakit.

Hal Perlu Diperhatikan Saat Membuat Surat Izin Sakit

Ketika Kita tidak bisa masuk sekolah atau kerja di karena sakit, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui dalam membuat surat izin sakit seperti :

1. Alasan Yang Sebenarnya

Ketika kalian membuat surat izin sakit, pastikan bahwa alasan yang dicantumkan dalam surat izin yang kalian buat adalah jujur, jelas dan tidak mengada-ada. Ada beberapa alasan sakit yang bisa diterima dan logis seperti sakit karena opname, sakit berdasarkan surat dokter, kontrol dokter karena sakit, dan sakit mendadak.

2. Gunakan Bahasa Sopan dan Formal

Walaupun surat izin sakit merupakan surat pribadi, tetapi surat ini memiliki sifat kedinasan yang dimana kita mengirimkan surat ini kepada guru atau atasan di tempat kerja. Karena itu, bahasa yang dituliskan di dalam surat izin sakit harus sopan dan formal.

3. Ikuti Struktur Penulisan Surat Izin

Seperti yang kami jelaskan diatas, kalian harus menuliskan surat berdasarkan struktur atau sitematikan penulisan surat izin sakit yang baik dan benar.

4. Periksa Sebelum Dikirimkan

Kalian harus memeriksa ulang atua membaca ulang surat yang akan dikirimkan, pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan surat, surat tidak banyak coretan dan harus rapi sebelum dikirim.

5. Kirim Surat Dengan Menggunakan Amplop

Ini adalah hal yang tidak boleh diabaikan juga walaupun kita mungkin kenal dekat dengan atasan atau dekat dengan guru wali kelas. Dalam mengirimkan surat juga wajib dimasukan ke dalam amplop.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP 

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP

Berikut ini ada salah satu contoh surat izin sakit Sekolah SMP dengan alasan Opname di Rumah Sakit.

Purwokerto, 7 April 2020

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII A

SMP BINA BAKTI PURWOKERTO

Dengan hormat,

Saya selaku orangtua murid dari:

Nama         : Arafah Maimunah

Kelas         : 7A

No. Absen : 33

Ingin menginformasikan bahwa pada hari Senin, 7 April 2020, anak saya tidak dapat menghadiri proses belajar di sekolah seperti biasanya dikarenakan sakit dan berdasarkan surat keterangan dokter ananda Arafah Maimunah harus diopname di rumah sakit sampai kondisi kesehatan membaik. Bersamaan dengan surat ini juga terlampir surat keterangan dokter dari rumah sakit.

Demikian surat izin ini saya buat untuk pemberitahuan kepada pihak sekolah melalui Bapak/Ibu Guru wali kelas, dan atas izinnya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Bayu Mangunjaya

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMA

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMA

Berikut ini ada contoh surat izin sakit Sekolah SMA dengan alasan periksa atau control ke dokter karena sakit mendadak.

Purwokerto, 7 April 2020

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-C

SMA Negeri 5 Purwokerto

Dengan hormat,

Saya selaku wali murid dari:

Nama         : Mardani

Kelas         :  X-C

No. Absen : 12

Ingin menginformasikan bahwa adik saya bernama Mardani kelas X-C di SMA Negeri 5 Purwokerto tidak dapat mengikuti proses belajar di sekolah pada hari ini, dikarenakan sakit demam dan hari ini diperiksakan ke dokter.

Dengan adanya surat ini saya meminta izin kepada Bapak/Ibu Guru wali kelas X-C, dan jika ada perkembangan dan dibutuhkan surat lanjutan akan segera saya kirimkan. Atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-C.

Hormat Saya

Aminah

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMK

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMK

Berikut ini adalah contoh surat izin sakit sekolah SMK dikarenakan sakit atau kondisi kesehatan kurang baik yang dibuat atau dituliskan oleh orang tua atau wali murid.

Purwokerto, 7 April 2020

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-G

SMK Negeri 1 Purwokerto

Dengan hormat,

Saya selaku orang tua dari:

Nama         : Rizky Anhar

Kelas         : XI-G

No. Absen : 06

Ingin menginformasikan bahwa anak saya tidak dapat masuk sekolah dan masuk kelas untuk mengikuti proses belajar seperti biasanya pada hari Senin, 7 April 2020 di karenakan kondisi kesehatan anak saya kurang baik dan demam.

Demikian surat ini saya buat untuk meminta izin kepada Bapak/Ibu Guru Wali kelas, atas perhatian dan izinya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Wahyu Ningsih

Contoh Surat Izin Sakit Kerja

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Ini ada beberapa contoh surat izin sakit sehingga tidak bisa masuk kerja seperti biasanya, jadi untuk kalian yang membutuhkan referensinya silahkan simak contoh berikut :

Purwokerto, 7 April 2020

Yth. Pimpinan Bagian SDM PT MENTARI JAYA

Jalan Indahnya Hidup, No 01, Purwokerto

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama         : Ismanto Darmaji

NIP            : 005625

Jabatan     :  Sales Marketing

Alamat       : Jalan Rindu Tak Terobati, No 2. Kelurahan PHP, Purwokerto Selatan

Dengan dibuatnya surat ini, saya ingin menginformasikan bahwa hari Senin, Purwokerto, 7 April 2020. Saya tidak bisa masuk kerja seperti biasanya dan mengerjakan pekerjaan yang diberikan kantor dikarenakan kondisi kesehatan kurang baik (bukan wisata ya). Dan bersamaan dengan surat ini, saya juga lampirkan surat keterangan dokter sebagai saran dari dokter agar saya berisirahat di rumah.

Demikian surat izin ini saya buat dengan keadaan sebenarnya, atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Ismanto Darmaji

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali