Kenali Sejarah Blog dan Jenis-jenisnya

Media jejaring sosial memiliki berbagai bentuk sedemikian rupa yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Blog telah menjadi salah satu media yang perkembangannya cukup intensif sejak kemunculannya di internet. Di balik kemunculannya, Anda tahu sejarah blog? Era digital saat ini, siapa yang tidak kenal dengan blog? Banyak orang sudah memiliki platform blog untuk pribadi dan bisnis. Blog berkembang menjadi basis dari banyak platform yang ada di dunia maya. Bagaimana basis blog ini tumbuh seperti sekarang? Simak sejarah blog yang akan kita bahas di artikel ini.

Sejarah Blog

1994

Keberadaan blog dimulai sekitar tahun 1994 dalam bentuk jurnal pribadi online oleh Justin Hall. Situsnya bernama links.net dengan penampilan sederhana pada saat itu, latar belakang putih polos dengan tulisan yang dibuatnya. Ini membuat Justin mendapatkan gelar The Founding Father of Personal Blogger pada tahun 2004 oleh The New York Times Magazine atas inisiatifnya membuat jurnal online pada saat itu dan berisi konten pribadi.

1997

Istilah weblog diperkenalkan yang diperkenalkan oleh Jorn Barger untuk menggambarkan aktivitas di internet atau “masuk ke web”. Jorn juga orang pertama yang membuat konsep kronologis di weblog-nya. Jadi seperti sekarang kita bisa melihat posting mana yang terbaru dan terlama di weblog dengan lebih mudah.

1999

Kata blog akhirnya muncul oleh Peter Merholz yang merupakan seorang desainer situs web. Blog dianggap lebih nyaman daripada weblog dan siapa sangka, kata blog menjadi umum seperti sekarang. Tahun ini ada juga variasi blog yang muncul yang merupakan blog pribadi yang mungkin kita ketahui sampai sekarang seperti LiveJournal, Blogger dan Xanga.

2003

Dalam sejarah blog, Februari 2003 adalah tahun yang penting karena Google mengakuisisi induk Pyra Labs dari Blogger. Kemudian, tahun ini WordPress juga muncul dan diresmikan. Kedua penyedia platform layanan blog gratis ini masih akrab bagi Anda hari ini dengan keunggulan masing-masing.

2018

Perkembangan pesat telah terjadi pada dua platform blog utama yaitu Blogger dan WordPress. Berjalan 15 tahun, WordPress menunjukkan kemampuannya dalam hal layanan dengan cukup menjanjikan. WordPress adalah situs web berbasis platform dari toko online hingga profil perusahaan. Pasar layanan blog ini dikejutkan oleh WordPress dengan mengendalikan lebih dari 50 persen, jauh meninggalkan Blogger yang sekitar 2 persen.

Dengan model CMS (Content Management System), WordPress memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menyesuaikan halaman situs web yang ingin mereka tampilkan. Sekarang siapa yang tidak tahu WordPress? Semua orang tahu bahkan menggunakannya. Blogger? Namanya tenggelam dan segelintir orang yang masih bertahan dengan blogger yang “jadul”.

Jenis Blog

Blog yang sekarang kita kenal telah dikembangkan sedemikian rupa agar disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Perkembangan ini tidak hanya dalam hal teknologi yang digunakan yang semakin canggih, tetapi juga jenis blog semakin dipetakan dengan tujuan tertentu. Berikut beberapa jenis blog yang dapat Anda rujuk:

Blog pribadi

Munculnya blog untuk pertama kalinya seperti yang dijelaskan sebelumnya memang terkait dengan urusan pribadi penggunanya. Blog pribadi digunakan oleh pengguna untuk alasan dan tujuan tertentu seperti menulis kisah pribadi secara online. Konten yang dipilih adalah gratis, pemilik blog dapat dengan bebas menentukan tema yang akan mereka tulis di blog. Banyak blogger yang sekarang terkenal, mulai dari menulis blog secara pribadi dan sukses seperti Raditya Dika.

Blog Profesional

Blog profesional dikelola dengan lebih serius dalam konten oleh divisi tertentu dengan tujuan tertentu. Jenis blog ini umumnya mengandung konten yang dapat dibenarkan. Blog ini berfokus pada penyajian konten tertentu, menggunakan analisis tertentu sehingga konten dapat dibaca dan dilihat, dan menggunakan strategi tertentu sehingga kontennya mudah diakses dan ditemukan oleh pengguna lain. Umumnya, blog seperti ini menggunakan layanan SEO dengan tujuan untuk dapat menargetkan pembaca mereka.

Baca Juga : Hal Wajib Jika Web Anda Ingin Terlihat Ciamik

Blog Bisnis

Hari ini blog adalah dasar dari banyak platform situs web yang digunakan oleh individu dan perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk meraup pundi-pundi uang dari akses oleh pengguna lain ketika mengunjungi halaman situs web. Blog dipilih karena dianggap lebih dinamis untuk melakukan pembaruan konten tanpa batas. Blog untuk bisnis seperti ini umumnya mengandung pemasaran konten (content marketing) dengan tujuan untuk membangun kedekatan dengan pengguna.

Tinggalkan komentar