Pengertian Dan Macam Macam Jenis Perangkat jaringan

2 min read

Macam Macam Perangkat Jaringan

Macam Macam Perangkat Keras, Pengertian Dan Jenis Perangkat jaringan Beserta Gambarnya

Perangkat Dan Jaringan Komputer – Apa itu Jaringan Komputer? Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan diterapkan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software.

Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router memakai beragam protokol dan algoritma untuk bertukar isu dan untuk membawa data ke spot akhir yang diharapkan. Tiap-tiap spot akhir (kadang disebut host) dalam jaringan memiliki pengenal unik, acap kali kali domisili IP atau domisili Media Access Control yang diterapkan untuk menonjolkan sumber atau tujuan transmisi. Endpoint bisa meliputi server, komputer pribadi, telepon, dan beragam tipe hardware jaringan.

perangkat%2Bkeras

Jaringan komputer juga mungkin diciptakan dengan memakai gabungan teknologi kabel dan wireless. Perangkat jaringan berkomunikasi melalui medium transmisi kabel atau wireless.

Dukun Pelet Bergaransi

Untuk jaringan yang memakai kabel, Anda mungkin membutuhkan optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga. Sementara itu, trek jaringan wireless termasuk jaringan komputer yang memakai koneksi data wireless untuk menghubungkan spot akhir. Spot akhir ini termasuk radio siaran, radio seluler, microwave, dan satelit.

Perangkat jaringan komputer yaitu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer sehingga bisa saling berbagi data.Perangkat jaringan benar-benar dibutuhkan mengingat hal ini yaitu tool pokok yang patut ada dalam sebuah jaringan komputer.

Pada kesempatan kali ini saya juga akan mengulas jenis-jenis perangkat jaringan.yuk! Inilah macam macam perangkat dan jaringan ;

1.Komputer Server

Komputer Server

server yang pertama yaitu komputer server .ya komputer server yaitu suatu unit komputer yang berfungsi untuk menaruh info dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. komputer Server akan melayani semua client atau workstation yang terhubung ke jaringannya.

2.Komputer Client

Jenis Perangkat Komputer

yang kedua yaitu komputer client atau lazim disebut dengan user atau workstation. komputer client yaitu Komputer Client yaitu seperangkat komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server. Istilah Komputer Client bisa di sebut dengan Workstation atau Node.

3.HUB

Pengertian Hub

HUB  yaitu perangkat jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat dengan kabel ETHERNET atau Serat optik yang berfungsi untuk menerima sinyal dari server atau host dan kemudian mentransmisikannya ke client yang akan membentuk suatu jaringan.

Jasa Pelet Terpercaya

4.Router

Macam Macam Perangkat Keras

ROUTER yaitu perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, bagus network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang memakai topologi Bus, Star dan Ring.

5.NIC/LAN CARD

PENGERTIAN NIC/LAN CARD

NIC/Lan card yaitu LAN Card yaitu ‘pintu’ ke jaringan dari komputer.Setiap jenis aktivitas jaringan membutuhkan LAN Card–Dunia,jaringan printer,menghubungkan komputer bersama-sama.

Dukun Pelet Terbaik

6. SWITCH

pengertian SWITCH

Switch yaitu perangkat atau Device yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat hal yang demikian, fungsi hal yang demikian sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan yaitu switch bisa menjalankan pengendalian berupa cara kerja filter paket data. Lazimnya masing-masing port pada switch bisa disetting sehingga bisa ditetapkan port mana saja yang bisa saling terhubung. Switch beroperasi pada layer dua (Data Tautan Layer) dari OSI model.

7.BRIDGE

Pengertian Bridge

Bridge yaitu perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan jenis jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau jenis jaringan yang sama. Bridge memetakan domisili Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan membolehkan hanya lalu lintas data yang dibutuhkan melintasi bridge.

8.Access Point

pengertian Access Point

Access Point yaitu yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) memakai wifi, bluetooth dan sejenisnya. Wireless Access Point digunakan untuk membikin jaringan WLAN (Wireless Local Zona Network) maupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang telah ada (memakai mode bridge).

9.MODEM 

macam macam perangkat jaringan

Modem atau Modulator Demodulator yaitu sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet via telepon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya. Modem hakekatnya yaitu singkatan dari modulator-demodulator. Dua kata itu sendiri mewakili dua jenis fungsi yang dijalankan oleh sebuah modem.

10.kabel

jenis jenis perangkat jaringan

Kabel dalam bahasa Inggris disebut cable yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain. kabel berfungsi untuk membawa paket data dari server menuju client, tentunya dalam suatu jaringan yang bukan yaitu jaringan wireless.

11.Connector

pengertian perangkat dan jaringan

Connector yaitu suatu bagian Elektro-Mekanikal yang berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian elektronika ke rangkaian elektronika lainnya maupun untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya.

12.Repeater

repeater1

Repeater yaitu perangkat keras jaringan komputer untuk memperkuat sinyal jika digunakan pada jarak yang jauh. Dengan adanya repeater ini jaringan yang tidak terjangkau oleh jarak yang cukup jauh dalam suatu lan, bisa dimaksimalkan dan di tarik agak jauh dan mendapat sinyal yang cukup.

Baca Juga: Macam Macam Dan Indikator

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya