Alasan Kita Wajib Memakai 301 Redirect

Jika Anda pernah mengubah nomor ponsel yang Anda gunakan, harus ada saat ketika Anda memberi berita kepada beberapa teman dan kerabat untuk mengubah nomor kontak Anda di ponsel mereka. Ini Anda lakukan karena Anda tentu tidak ingin mereka menghubungi nomor yang salah di masa depan. Sekarang sama dengan melakukan pengalihan 301 di halaman web.

Apa itu 301 Redirect?

301 redirect adalah perintah permanen yang akan mengarahkan pengunjung situs web ke halaman baru yang Anda inginkan. 301 redirect adalah kode status dari http yang mudah dipahami dan dijalankan oleh mesin pencari. Jadi metode ini sebenarnya cara teraman untuk mengubah URL situs web jika dilihat dari sisi SEO. Hal yang baik tentang metode pengalihan 301 adalah, kekuatan otoritas domain yang dimiliki url lama Anda akan terbawa. Jadi semua teknik SEO yang telah diterapkan tidak akan hilang dan halaman baru akan secara otomatis memiliki kekuatan dari halaman sebelumnya. Ini karena semua yang ada di halaman lama akan secara otomatis bergerak secara permanen di halaman baru.

Kapan Menggunakan 301 Redirect

Redirect 301 adalah instruksi yang mudah dipahami oleh Google, yang membantu situs web baru dan seluruh halaman diindeks lebih cepat secara efisien. Jenis pengalihan lain mungkin dilakukan, tetapi tidak dapat dengan mudah ditafsirkan oleh mesin pencari serta pengalihan 301. Pengalihan ini juga akan membawa sekitar 90 hingga 99% dari kekuatan SERP, misalnya pembagian sosial, tautan balik, dan referensi lain yang dapat meningkatkan url Anda dalam posisi tertentu di Google. Anda harus menggunakan jenis pengalihan ini ketika:

• Mengatur ulang atau merombak situs web dan mengubah lokasi mereka secara permanen

• Ketika konten Anda telah kedaluwarsa dan ingin mengarahkan pengunjung ke halaman baru

• Menggabungkan dua situs web menjadi satu

• Mengubah CMS situs web Anda, misalnya beralih menggunakan WordPress

Cara Menggunakan 301 Redirect

Butuh beberapa waktu bagi mesin pencari untuk mendeteksi pengalihan. Jadi ada baiknya Anda melakukannya pada waktu yang tepat agar tidak kehilangan calon pengunjung situs web yang datang. Misalnya melakukan pengalihan beberapa waktu sebelum situs web biasanya ramai. Sehingga ketika website memiliki traffic yang padat, pengalihan berhasil dilakukan. Nah, untuk bagaimana Anda dapat melakukan hal-hal ini:

Memasukkan 301 Instruksi Pengalihan di Bagian Header URL Lama

Jika halaman Anda sebelumnya menggunakan PHP, Java atau bahasa pemrograman lainnya. Anda dapat memasukkan 301 instruksi redirect di bagian header halaman yang ingin Anda pindahkan. Untuk metode ini, Anda juga memerlukan halaman yang akan dialihkan nanti, dan ditempatkan di header halaman yang lama. Secara otomatis, ketika pengunjung memasuki halaman lama akan diarahkan ke halaman baru.

Gunakan Plugin WordPress

Jika Anda pengguna WordPress, Anda dapat menggunakan plugin yang disediakan oleh Yoast. Dengan mengisi halaman lama di kolom yang sudah tersedia, maka di kolom lain isilah halaman baru yang akan dituju. Plugin ini direkomendasikan aman dan dipercaya oleh banyak pengembang. 

Baca Juga: Pentingnya Anda Merekrut Freelancer Dalam DIgital Marketing

Namun, ada beberapa plugin lain yang dapat digunakan jika Anda tidak ingin menggunakan Yoast’s. Anda dapat menggunakan plugin 301 Redirects yang berfungsi untuk 301 atau 302, atau plugin yang disebut Redirection yang juga berfungsi untuk menemukan  halaman eror 404.

Tinggalkan komentar