Pengertian Monera : Kindom, Klasifikasi, Materi, Contoh, Ciri, Struktur, Reproduksi

2 min read

Reproduksi, Struktur, Ciri Ciri, Contoh, Materi, Klasifikasi Dan Pengertian Kingdom Monera Menurut Para Ahli

Reproduksi, Struktur, Ciri Ciri, Contoh, Materi, Klasifikasi Dan Pengertian Kingdom Monera Menurut Para Ahli

Monera yaitu salah satu kingdom dalam penjabaran biologi sistem lima-kingdom, yang kini sudah tidak digunakan lagi. Monera mencakup sebagian besar prokariotik (yaitu tidak punya inti sel. Oleh lantaran itu, nama lainnya yaitu Prokaryota atau Prokaryotae.

Kingdom ini dibagi menjadi dua divisi yaitu Bacteria (atau Schizomycetes) dan Cyanophyta atau alga hijau-biru.

Pengelompokan ini kini tidak digunakan lagi, sehabis banyak sekali temuan memberikan bahwa Cyanophyta kini ini lebih sempurna dianggap sebagai bakteria dan dinamakan sebagai Cyanobacteria.

Dukun Pelet Bergaransi

A. Ciri-ciri:

  1. Tubuh satu sel, prokariotik (tidak mempunyai membran inti).
  2. Berkembang biak dengan membelah diri secara eksklusif (amitosis).
  3. Tidak mempunyai mitokondria, reticulum endoplasma, tubuh golgi dan lisosom.

B. Klasifikasi

  1. Bacteria (Schizomycetes)

Peranan Bakteri

a. Escherichia coli

Escherichia coli
Bakteri Escherichia coli yang hidup di kolon (usus besar) insan mempunyai peranan dalam membantu pencernaan dan menghasilkan beberapa jenis vitamin, menyerupai vitamin B12 dan vitamin K, yang penting dalam proses pembekuan darah

b. Rhizobium leguminosarum

Rhizobium leguminosarum, berwarna merah
Bakteri nitrogen yang hidup bersimbiosis dengan tumbuhan polong-polongan yaitu Rhizobium leguminosarum, yang hidup dalam akar membentuk nodul atau bintil-bintil akar. Tumbuhan yang bersimbiosis dengan Rhizobium banyak digunakan sebagai pupuk hijau menyerupai Crotalaria, Tephrosia, dan Indigofera.

Reproduksi, Struktur, Ciri Ciri, Contoh, Materi, Klasifikasi Dan Pengertian Kingdom Monera Menurut Para Ahli

Cyanophyta (Ganggang Biru Hijau) atau Cyanobakteria (Bakteri Biru Hijau)
Contoh Cyanobakteria yaitu Anabaena
Anabaena
Anabaena bersimbiosis pada akar sikas atau jaringan paku air Azolla

Sejarah penjabaran Monera

Jasa Pelet Terpercaya

Awalnya dalam penjabaran Systema Naturae hanya ada hewan, tumbuhan, dan mineral. Mineral kemudian dibuang dari penjabaran makhluk hidup.

Setelah ditemukannya mikroskop, para ilmuwan mulai menggolongkan mikroorganisme ke dalam binatang dan tumbuhan. Tahun 1866 Ernst Haeckel mengajukan sistem tiga kingdom, yaitu menambahkan Protista sebagai kingdom gres yang berisi sebagian besar makhluk hidup microskopik. Salah satu dari 8 divisio Protista yaitu Moneres, yang mencakup sekelompok basil menyerupai Vibrio. Kemudian para ilmuwan menunjukan bahwa kingdom Protista hampir tidak ada kemiripannya untuk dijadikan sebuah kingdom

Meskipun kita mampu membedakan prokaryota dan eukaryota dari ada/tidaknya inti sel, mitosis atau fisi biner sebagai cara berkembang biak, ukurannya, dan ciri lain, tapi monofilia dari Monera masih kontroversial selama beberapa dekade.

Tahun 1937 Édouard Chatton mengusulkan penjabaran dua kingdom, Eukaryota dan Prokaryota, meskipun papernya tidak banyak ditinjau ulang hingga tahun 1962, lantaran ia tidak menekankan pembeda antar dua kingdom itu, menyerupai para andal biologi di masa itu.

Dukun Pelet Terbaik

Roger Stanier dan C. B. van Niel percaya bahwa basil (pada ketika itu alga hijau-biru belum masuk bakteri) dan alga hijau-biru berasal dari induk yang sama, yang kemudian menciptakan ia mengeluarkan pernyataan di tahun 1970, “Alga hijau-biru tidak ada bedanya dengan bakteri”

Pada tahun 1949, E. G. Pringsheim dalam tulisannya menyampaikan bahwa basil dan alga hijau-biru berasal dari induk yang berbeda.
Tahun 1974, Bergeys Manual mengeluarkan istilah cyanobacteria untuk mengacu pada alga hijau-biru, membuatnya diterima ke dalam kelompok Monera.
Tahun 1969, Robert Whittaker mengusulkan sistem lima kingdom.Sistem ini meletakkan sebagian besar makhluk hidup bersel satu ke dalam Monera (prokaryota) ataupun Protista (eukaryota). Tiga kingdom lainnya yaitu dari eukaryota: Fungi, Hewan, dan Tumbuhan. Namun Whittaker tidak percaya bahwa semua kingdomnya monofilia.

Tahun 1977, sebuah paper dari PNAS ditulis oleh Carl Woese dan George Fox mengusulkan bahwa Archaea (sebelumnya dinamai archaebacteria) tidak lebih akrab dengan Bakteri daripada dengan eukaryota. Paper ini menjadi halaman utama di koran The New York Times dengan kontroversi yang besar. Karena diterima khalayak, kingdom Monera alhasil diganti menjadi dua kingdom gres Bacteria dan Archaea.Akan tetapi, Thomas Cavalier-Smith tidak pernah terima dengan pembagian menjadi dua kelompok ini, dan mempublikasikan bahwa archaebacteria yaitu kepingan dari sebuah subkingdom dari Kingdom Bacteria.

Mikroorganisme yang termasuk monera yaitu:
A.Bakteri
Struktur basil masih sangat sederhana tapi mempunyai peranan yang penting. Umumnya tidak mempunyai klorofildan bersifat heterotrof. Tempat hidup basil dimana-mana contohnya di kulit, di mulut, di tanah, dan sebagainya.

Didalam monera terdapat 2 jenis basil yaitu:
-bakteri baik(menguntungkan)
-bakteri jahat(merugikan).
Yang termasuk basil baik yaitu:
1.Clostridium pasteurianum danAzotobacter chroococcum; mengikat nitrogen sehingga mampu menyuburkan tanah.
2.Rhizobium radicicola; terdapat dalam bintil akar kacang mampu menyuburkan tanah.

Yang termasuk basil jahat yaitu:
1.Salmonella typhosa, penyebab penyakit tipus 2.Mycobacterium tuberculosis, penyebab penyakit TBC 3.Clostridium tetani, penyabab penyakit tetanus. 4.Sigella dysentriae, penyebab penyakit disentri.

¢ Bakteri jikalau dibedakan menurut bentuknya menjadi 3 macam:

Bacillus: basil yang berbentuk batang atau basil. Contohnya:
a.Streptobacil,berbentuk panjang menyerupai rantai
b.Diplobasil,berkelompok dua-dua
c.Basil tunggal
2.Coccus: basil berbentuk bola. Terdapat 5 macam bentuk coccus, yaitu: a.Monococcus, tunggal b.Diplococcus, berkoloni dua-dua c.Streptococcus, menyerupai rantai d.Staphycoccus, menyerupai buah anggur e.Sarcina, berbentuk kubus

Spirillium: basil berbentuk spiral. Terdapat tiga macam bentuk spirillum ,yaitu:
(1)Spiral, berbentuk lebih dari setengah lingkaran. (2)Koma, berbentuk kurang dari setengah lingkaran.
(3)Spirochaeta, berbentuk sulur berpilin.

B. Ganggang biru.
Merupakan ganggang bersel satu, berbentuk koloni atau multisel. Selain mempunyai klorofil karotenoid juga mempunyai pigmen yang tergolong fiboilin yaiu fikosianin berwarna biru dan fikoeritrin berwarna merah. Nama ganggang biru, lantaran warna yang mayoritas berwarna biru. Manfaat gangang biru antara lain: Anabaena azollae digunakan sebagai pupuk, Spirullina sebagai materi masakan yang mengandung protein dan lain-lain.

Baca Juga: Batuan

Membantu penyediaan nitrogen bagi inangnya, sehingga menimbulkan tanah disekitarnya menjadi subur.

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya