Pengertian Energi Alternatif : Contoh, Fungsi, Sumber, Kelebihan Dan Kekurangannya

Kelebihan Dan Kekurangan, Sumber, Fungsi, Contoh Dan Pengertian Energi Alternatif Menurut Para Ahli

Kelebihan Dan Kekurangan, Sumber, Fungsi, Contoh Dan Pengertian Energi Alternatif Menurut Para Ahli

Energi alternatif merupakan energi yang digunakan dengan bertujuan buat mengambil alih bahan bakar yang terdapat dikala ini tanpa akibat yang tidak diharapkan dari perihal tersebut. Minyak bumi serta batu bara kerap diucap bagaikan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil ini tercipta dari hewan serta tanaman yang mati ratusan juta tahun kemudian. Pembuatan bahan bakar ini memerlukan waktu sangat lama. Apabila& kita tidak berhemat, bahan bakar tersebut hendak habis. Pemakaian energi alternatif ialah salah satu metode mengirit persediaan bahan bakar fosil.

Bersamaan berjalannya waktu populasi manusia terus menjadi meningkat sehingga kebutuhan hendak energi juga terus menjadi besar, tetapi ketersediaan hendak energi terbatas. Salah satu contoh ialah saat ini ketersediaan minyak bumi di alam makin menipis. Menyadari hal- hal tersebut ilmuwan- ilmuwan di bermacam negeri berlomba- lomba buat menciptakan energi alternatif ataupun teknologi- teknologi yang hemat serta ramah area.

Energi Alternatif tidak lain merupakan sumber- sumber energi pengganti sumber energi yang sudah menipis ketersediaannya di alam. Contohnya minyak bumi yang volumenya makin menipis. Energi- energi alternatif yang di idamkan ialah energi alternatif yang penuhi kritria:

  • Bisa digunakan kesekian kali
  • Ketersediaannya melimpah di alam
  • Proses pembuatannya tidak mengganggu alam
  • Tidak beresiko, nyaman, serta tidak memunculkan bermacam penyakit
  • Tidak menyisakan limbah ataupun limbah cair maupun gasnya tidak mengganggu alam( ramah area)

Menanggapi fenomena global warming dikala ini, energi- energi alternatif yang sangat diperlukan ialah energi alternatif yang penuhi kriteria tersebut. Tetapi buat menciptakan energi alternatif yang penuhi seluruh kriteria tersebut bukanlah gampang. Diperlukan riset serta proses yang memakan waktu. Riset serta pengembangan teknologi ramah area terus diupayakan oleh bermacam negeri di dunia, serta saat ini sudah menciptakan sebagian temuan energi alternatif. Energi alternatif tersebut dibagi jadi 2 jenis, jenis energi alternatif pengganti minyak bumi serta jenis sumber listrik alternatif.

A. Energi alternatif pengganti minyak bumi

Energi alternatif pengganti minyak bumi antara lain,

  • Elpiji
  • Biomassa
  • Biofuel
  • Biogas
  • Biodiesel
  • Bioetanol
  • Metanol
  • Hidrofuel
  • Kombinasi Spiritus
  • serta sebagainya

Saat ini energi- energi alternatif terdapat yang bersumber dari air laut, air murni, bunga matahari, gula, minyak jelatah, sampah, kotoran ternak, kompos, Eceng gondok, alkohol, biji jarak, Bonggol jagung, kelapa sawit, serta lain- lain

B. Pembangkit listrik alternatif

Pembangkit listrik alternatif antara lain,

  • Panel Surya
  • Pembangkit Energi Gelombang Laut
  • Pembangkit Hidrogen
  • Pembangkit Energi Nuklir
  • serta sebagainya

Penemuan- penemuan tersebutlah yang mulai hendak digunakan bagaikan alternatif dikala ini oleh negara- negara pengembang teknologi ataupun negara- negara konsumen serta bisa ditentukan hendak jadi energi serta sumber energi utama di masa depan.

Meter. Armand Zurhaar

Identitas energi alternatif

merupakan bagaikan berikut:

( 1)

Bisa digunakan berulang- ulang.

( 2)

Jumlahnya berlimpah

( 3)

Pengolahannya tidak mengganggu alam.

( 4)

Tidak beresiko, nyaman, serata tidak memunculkan bermacam penyakit akibat pengolahan/ penggunaanya.

( 5)

Ramah area.

contoh sumber energi alternatif:

Matahari

Matahari ialah sumber energi terbanyak untuk bumi yang berbentuk energi panas serta energi sinar. Energi panas matahari bisa digunakan secara langsung, misalnya buat mengeringkan baju. Energi sinar matahari menerangi bumi pada siang hari. Tidak hanya itu, sinar matahari dimanfaatkan tanaman hijau buat melaksanakan fotosintesis.

Energi sinar matahari pula digunakan buat memanaskan air ataupun menciptakan listrik. Oleh sebab itu, energi sinar biasa diucap bagaikan energi surya. Pemanasan air dengan energi surya membutuhkan perlengkapan yang diucap panel surya. Panel surya biasa terbuat dari lempengan logam gelap yang dihubungkan dengan pipa air. Lempengan ini hendak memindahkan panas matahari ke air yang mengalir di sejauh pipa.

Energi surya pula bisa digunakan buat menciptakan listrik.

Perlengkapan yang dibutuhkan buat menciptakan listrik ini berbentuk cermincekung serta turbin. Kaca ini hendak bergerak menjajaki arah matahari dikala melintas di langit. Kaca ini setelah itu memfokuskan sinar ke suatu tower. Di tower tersebut panas yang diserap digunakan buat mendidihkan air. Uap yang dihasilkan digunakan buat menggerakkan turbin.

Turbin inilah yang hendak menciptakan listrik. Listrik energi surya sangat berguna buat warga pedesaan ataupun tempat- tempat terpencil. Listrik ini bisa digunakan buat menyalakan lampu, tv, apalagi lemari es.

Energi sinar matahari bisa diganti jadi energi listrik memakai sel surya. Khasiat sel surya di antara lain buat melaksanakan jam, kalkulator, serta penerangan luar ruangan. Apalagi, sel surya dengan lapisan yang rumit bisa membagikan energi listrik ke satelit. Energi surya ini bisa digunakan di wilayah- wilayah pulau terpencil, wilayah yang susah terjangkau jaringan kabel listrik, listrik rumah tangga buat keperluan penerangan serta sebagian perlengkapan elektronik( SHS, Solar Home System) apalagi buat pendingin, traffic light, baliho industri, kendaraan energi surya serta kendaraan hybrid.

Angin

Angin ialah salah satu sumber energi yang sangat berarti. Semenjak era dulu, angin sudah banyak digunakan untuk

menggerakkan perahu layar. Tidak hanya itu, angin digunakan buat menggerakkan roda- roda penggilingan padi, sagu, serta gandum.

Indonesia yang kita tahu terletak dipersilangan 2 daratan serta 2 samudera mempunyai kemampuan energi angin yang pula lumayan luar biasa. Dengan mempunyai garis tepi laut menggapai 81. 000 kilometer dengan kecepatan angin rerata 3 sampai 5 m per detik, apalagi di sebagian tempat dapat menggapai 10 m per detik. Ini berarti mempunyai nilai energi setara dengan 9, 29 GigaWatt( GW). Sementara itu di Indonesia baru termanfaatkan sebesar 2 MegaWatt( MW) ataupun baru 0, 022% dari kemampuan yang terdapat.

Angin tidak sempat menyudahi sepanjang terdapat perbandingan temperatur serta tekanan, di tepi laut, di perbukitan ataupun di pegunungan. Sampai dikala ini pemakaian energi bayu/ angin di dunia baru menggapai kisaran194, 4 GW, Indonesia baru 1% pemanfaatannya dari total pemakaian di dunia. Pula bisa digunakan bagaikan sumber energi alternative listrik. Misalnya angin digunakan buat memutar turbin yang mempunyai bilah- bilah. Bilah- bilah ini dihubungkan dengan suatu generator.

Dikala bilah bergerak, generator hendak membangkitkan listrik. Tidak hanya didetetapkan oleh kecepatan angin, energi listrik yang dihasilkan pula didetetapkan oleh panjang bilah turbin. Terus menjadi panjang bilah yang dipunyai sesuatu turbin, terus menjadi besar pula listrik yang dihasilkan. Bagaikan contoh, suatu turbin angin setinggi 40 meter bisa menciptakan listrik yang bisa digunakan dekat 100–150 rumah.

Air

Air ialah salah satu sumber energi terbarukan yang sangat berguna. Air bisa menciptakan energi dalam wujud arus air, gelombang, serta air panas. Arus air biasa dihasilkan oleh air terjun ataupun sungai. Energi yang dihasilkan air ini biasa digunakan buat memutar turbin dari sesuatu generator listrik.

Air terjun yang jatuh

menaruh energi yang besar. Air yang jatuh tersebut bisa ditunjukan buat memutar turbin. Dampaknya, turbin hendak berbalik sehingga generator listrik bekerja. Generator tersebut bisa menciptakan listrik yang digunakan buat keperluan tiap hari. Oleh sebab itu, di dekat bendungan umumnya dibentuk pembangkit listrik.

Turbin pula bisa digerakkan memakai energi pasang. Dikala laut pasang, air yang mengalir ke sungai ataupun muara sungai arusnya bisa memutar turbin raksasa. Pada turbin ini dilengkapi penahan arus. Penahan arus bekerja semacam bendungan ialah memerangkap air, setelah itu mengalirkannya buat menciptakan listrik. Serta dari informasi kemampuan energi hidro yang terdapat di Indonesia adalah

a) energi potensial air sebesar 75, 7 GW termanfaatkan baru dekat 4, 2 GW ataupun 5, 3%;

b) energi mikro hidro sebesar 0, 46 GW termanfaatkan baru dekat 0, 084 GW ataupun 18%;

c) energi ombak laut( ocean wave energy), kemampuan rerata 10- 20 kW per m gelombang, apalagi terdapat yang menggapai 70 kW per m gelombang di sebagian posisi. Bagi hitungan, Indonesia mempunyai kemampuan energi setara dengan 3 TeraWatt, yang jika juga cuma dipakai 1% nya saja sebesar 16 GW sama dengan pasokan listrik segala Indonesia dikala ini; dan

d) arus laut( ocean tidal energy), hasil riset sedangkan: di Flores mempunyai kemampuan arus laut dengan distribusi arus paling tinggi sampai 2, 83- 3, 68 meter/ detik setara dengan energi listrik terbangkit 3- 7 kW, informasi dari FPIK- ITB tahun 2011. Ini berarti mempunyai kemampuan secara hitungan segala Indonesia buat energi arus laut sebesar 6 GW.

e) konversi energi panas laut( ocean thermal energy conversion).

  1. Gelombang Air Laut

Gelombang air laut dikala memecah di tepi laut pula bisa menciptakan banyak energi. Energi ini bisa diganti jadi listrik. Penggunaan

energi gelombang air laut bisa dipaparkan bagaikan berikut.

Gelombang laut mengarah ruang miring yang dibentuk di sejauh tepi laut.

Gelombang ini mendesak hawa di ruang turbin sehingga turbin bisa berbalik. Perputaran turbin ini bisa menciptakan listrik lewat sesuatu generator listrik.

Dikala gelombang keluar ruangan pula bisa memutar turbin. Metode ini pula bisa menciptakan listrik.

Tidak hanya arus air serta gelombang, air panas dalam bumi pula bisa menciptakan listrik. Air panas ini menciptakan uap. Uap ini setelah itu digunakan buat menggerakkan turbin yang dihubungkan dengan generator. Dari proses ini dihasilkan listrik.

Bahan Bakar Bio

Bahan bakar bio ialah bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik dari tanaman ataupun hewan. Bahan bakar bio dari tanaman di antara lain tanaman berbiji yang memiliki minyak. Semacam bunga matahari, zaitun, jarak, kacang tanah, serta kedelai. Minyak yang dihasilkan biasa digunakan bagaikan kombinasi solar buat melaksanakan mesin diesel serta bis.

Tumbuhan tebu pula kerap digunakan buat menciptakan bahan bakar bio. Batang tumbuhan tebu diambil sarinya buat diolah jadi gula. Gula yang dihasilkan digunakan buat membuat alkohol. Alkohol bisa dicampur dengan bensin bagaikan bahan bakar. Kombinasi antara alkohol serta bensin diketahui bagaikan gasohol.

Bahan bakar bio dari hewan umumnya berasal dari lemak sapi, biri- biri, serta paus. Lemak ini bisa terbuat parafin bagaikan penerangan. Bahan bakar bio pula berasal dari kotoran hewan. Kotoran hewan ini dimasukkan ke ruangan dasar tanah( lubang) yang diucap pencerna biogas. Kotoran tersebut setelah itu membebaskan gas metana. Gas ini bertabiat gampang dibakar sehingga bisa digunakan buat memasak serta memanaskan air. Indonesia mempunyai kemampuan energi ini sebesar 50 GW serta baru termanfaatkan dekat 0, 3 GW ataupun 0, 6%.

  1. Panas Bumi

Energi panas bumi( geothermal) merupakan energi yang dihasilkan oleh magma di dalam perut bumi. Batuan panas hendak memanaskan air di sekitarnya sehingga menciptakan sumber uap panas serta geiser. Geiser tersebut dibor serta menciptakan uap panas. Uap panas tersebut dimanfaatkan buat menggerakkan turbin yang hendak memutar generator sehingga menciptakan energi listrik. Energi Panas bumi ataupun Geothermal. Sudah dikenal bersama kalau Indonesia ialah negeri yang terletak pada jalan cincin api asia pasifik ialah pertemuan antara lempeng Eurasia, lempeng India- Australia dengan lempeng pasifik. Dari pertemuan lempeng ini terbentuklah kemampuan panas bumi berbentuk aliran fluida akibat konveksi panas dari kantung magma di bawahnya yang bisa dimanfaatkan buat menggerakan turbin.

Spesial Indonesia mempunyai kemampuan sumber energi panas bumi terbanyak dunia yang ada memanjang mulai dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi serta Papua.

Kemampuan panasnya juga yang terbaik ialah panas bumi di Indonesia mempunyai sistem panas bumi dengan temperatur di atas 225 derajat celcius. sistem panas bumi dipecah jadi 3 sistem ialah<150o C, antara 150oC sampai 225oC, serta
225oC. Bagi perhitungan tubuh energi Indonesia, Indonesia mempunyai kemampuan sumber energi panas bumi setara dengan 27 Gigawatt ataupun dekat 30% sampai 40% lebih sedikit kemampuan panas bumi di dunia. Itupun baru termanfaatkan dekat 0, 8 GW ataupun dekat 2% pada tahun 2007.

Ethanol

Ialah bahan bakar yang berbasis alkohol dari fermentasi tumbuhan, semacam jagung serta gandum. Bahan bakar ini bisa dicampur dengan bensin buat tingkatkan kandungan oktan serta mutu emisi. Tetapi, ethanol mempunyai akibat negatif terhadap harga pangan serta ketersediannya.

Biodiesel

Biodiesel ialah energi yang berasal dari tanaman ataupun lemak fauna. Mesin kendaraan bisa memakai biodiesel yang masih murni, ataupun biodiesel yang sudah dicampur dengan minyak. Biodiesel kurangi polusi yang terdapat, hendak namun terbatasnya produk serta infrastruktur jadi permasalahan pada sumber energi ini.

Methanol

Methanol yang pula diketahui bagaikan alkohol kayu bisa jadi energi alternatif pada kendaraan. Methanol bisa jadi energi alternatif yang berarti di masa depan sebab hidrogen yang dihasilkan bisa jadi energi pula. Tetapi, saat ini ini produsen kendaraan tidak lagi memakai methanol bagaikan bahan bakar.

Energi Uranium/ Nuklir

Terdapat informasi kemampuan sedangkan sebesar 33 GW( cuma wilayah Kalan, Kalimantan Barat), belum yang tercantum di wilayah Timur Indonesia. Pemakaian energi ini masih polemik sebab permasalahan keamanan area terhadap bahaya radiasi yang ditimbulkan apabila terjalin hal- hal di luar jangkauan usaha manusia. Ingat permasalahan Chernobyl- Rusia, Bhopal- India, serta Jepang( musibah Tsunami tahun balik). Rusia yang ketat saja jebol terlebih Indonesia yang( maaf) masih sangat ceroboh.

Energi Petir

Di Indonesia mempunyai petir berkisar 100 sampai 200 hari pertahun serta wilayah paling tinggi di kalimantan tengah sampai 300 hari pertahun. Bagaikan perbandingan, di Alpen terjalin sambaran petir rerata 4 sambaran/ kilometer persegi/ tahun serta di wilayah gunung Tangkuban Perahu Indonesia terjalin rerata 10 sambaran/ kilometer persegi/ tahun dengan arus petir 10 sampai 100 kA. Cuma teknologi yang terdapat di dunia ini belum sanggup serta belum diketemukan buat menggunakan energi yang satu ini. Dibutuhkan suatu teknologi luar biasa kapasitor konduktor( Ingat film‘ Back to Future’ dengan mobil berkapasitor luar biasa dupernya) yang bisa menampung arus yang sangat besar ini serta setelah itu dialirkan ke baterai/ penyimpanan energi.

Energi Hidrogen

Energi Hidrogen, ialah pengolahan bahan baku air jadi gas hidrogen ataupun hidrogen cair bagaikan bahan bakar kendaraan yang sangat ramah area.

Energi Gas Alam

Gas alam telah banyak digunakan di bermacam negeri yang umumnya buat bidang yang lumayan besar semacam properti serta bisnis. Bila digunakan buat kendaraan, polusi yang dikeluarkan hendak lebih ramah area dibanding dengan minyak. Hendak namun, dampak rumah kaca yang dihasilkannya 21 kali lebih kurang baik, sebab metana yang dihasilkan energi gas alam tersebut.

Energi Propana

Propana ataupun yang biasa diketahui dengan LPG ialah produk dari pengolahan gas alam serta minyak mentah. Sumber energi ini telah banyak digunakan bagaikan bahan bakar. Propana menciptakan polusi lebih sedikit dibanding bensin, tetapi penciptaan metananya lebih kurang baik 21 kali lipat yang bisa menimbulkan meningkatnya dampak rumah kaca.

Baca Juga : Pengertian Membran Sel : Sifat, Fungsi, Komponen, Karakteristik Dan Komposisi

Seperti itu sebagian contoh sumber energi alternatif yang apabila bisa dimanfaatkan pasti membagikan akibat positif untuk kehidupan kita.

Sekian data dari aku. Mudah- mudahan berguna.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali