Pengertian Seni Musik : Jenis, Prinsip, Sejarah, Fungsi, Unsur Dan Contohnya

2 min read

Contoh, Sejarah, Unsur, Fungsi, Prinsip, Jenis Dan Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Contoh, Sejarah, Unsur, Fungsi, Prinsip, Jenis Dan Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Seni musik ialah pengelompokkan musik ke arah klasik dan sejenisnya yang dinilai tingkat nilai sejarahnya selain dari nilai seni itu sendiri.

Seni musik ialah cabang seni yang memakai media bunyi sebagai sarana pengungkapan verbal senimannya. Menurut para hebat sejarah, kata musik berasal dari sekumpulan nama dewi kesenian bangsa Yunani Purba, yaitu musae.

  1. Asal mula musik
    Musik berasal dari bahasa yunani, “mousike” dan latin, “musica”. Kata “mousike” berasal dari kata “mousa” (jamak:mousas), dalam bahasa latin “musa”, yunani “mouskos”, inggris “muse”. Kaprikornus dari kata “musica” lahirlah kata “musik”.
    Menurut mitologi yunani kuno, musica dimaksudkan sebagai “seni dari kaum musen”, atau “termasuk kepunyaan mousas”. Musik ialah seni rupa milik salah satu dari kaum muzen yang berjumlah sembilan dewi.
    Menurut pujangga hesiodus, mahadewa zeus dengan permaisurinya mnemosyne mempunyai sembilan orang puteri . kesembilan dewi ini disebut kaum muzen. Kaum muzen dilahirkan di kaki gunung olympus dipersia. Masing-masing dewi mempunyai /menguasai satu cabang seni atau ilmu. Ke-9 kaum muzen tersebut adalah:
    a) Dewi clio menguasai ilmu sejarah,
    b) Dewi euterpe menguasai puisi liris,
    c) Dewi thalia menguasai seni komedi,
    d) Dewi Melpomene menguasai seni tragedi,
    e) Dewi Trispsichore menguasi seni tari dan nyayian paduan suara,
    f) Dewi Erato menguasai seni pantonim dan syair percintaan,
    g) Dewi Polyhymnia menguasai seni himne,
    h) Dewi Calliope menguasi syair pahlawan,dan
    i) Dewi urainia menguasi ilmu bintang
  2. perkembanagan musik dari zaman ke zamam
    Musik mengalami perkembanagan,perubahan,dan ekspansi dari masa kemasa seiring dengan pertumbuhan kebudayaandalam masyarakat tempat musik itu tumbuh. Berikut contoh-contoh perkembangan musik dari Zaman ke Zaman:
    a) Musik kuno (sebelum 476 M)
    b) Musik sakral era pertengahan (476-1450 M)
    c) Musik sekuler era pertengahan
    d) Musik renaisans (1450-1600)
    e) Musik barok (1600-1750)
    f) Musik klasik (1750-1830)
    g) Musik romantik (1815-1910)
    h) Musik moderen/Abad ke-20 (1900-2000)
    i) Musik kontenporer/abad ke-21 (2000-sekarang)

B. Fungsi Musik
Secara umum,musik mempunyai fungsi yang hampir sama di setiap kebudayaan ataupun suku bangsa diseluruh duina .simak uraian wacana fungsi musik berikut:

Dukun Pelet Bergaransi
Contoh, Sejarah, Unsur, Fungsi, Prinsip, Jenis Dan Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

1.fungsi pengiring upacara budaya/ritual
Sejak zaman dahulu musik sudah dipakai untuk mengiringi upacara-upacara budaya atau ritual.para arkeolog menemukan banyak sekali alat musik tertera pada prasati-prasasti pada tahun 5000 sm di mesir,seperti harpa,lira,gitar,mandolin,dan seruling
2.fungsi hiburan
Ketika indonesia masih terdiri dari banyak kerajaan, setiap tamu kerajaan akan disambut oleh iringan musik sebagai upacara penyambut sekaligus sarana hiburan bagi tamu kerajan tersebut.
3.fungsi komunikasi
Sejak zaman dahulu musik sudah berfungsi sebagai alat komunikasi, dalam banyak sekali situasi.

  1. Fungsi Pengungkapan verbal diri
    Musik merupakan salah satu media berekspresi bagi seseorang untuk mengungkapkan perasaan,pikiran, gagasan, keinginan wacana diri, masyarakat, Tuhan, dan dunia.
  2. Fungsi Pendidikan
    Musik mempunyai fingsi pendidikan, yaitu sebagai media atau sarana untuk mengajarkan norma-norma, aturan-aturan yang berlaku dimasyarakat, sekalipun itu tidak tertulis.
  3. Fungsi Pelestarian Kebudayaan
    Lagu-lagu kawasan berfungsi sebagai pelestari budaya alasannya ialah Tema-tema dan kisah dalam syairnya menggambarkan budaya kawasan dengan sangat jelas.
  4. Fungsi Respons Sosial
    Fungsi respon sosial tercipta dari para pencipta lagu yang sangat peka terhadap kondisi sosial, tingkat kesejahteraan rakyat, dan kegelisahan masyarakat.
  5. Fungsi Pemersatu Bangsa
    setiap bangsa mempunyai lagu kebangsaan (national anthem) yang mewakili cita rasa estetik, semangat kebangsaan, dan tabiat dari budaya tiap negara.
    9.Fungsi Promosi Dagang
    Di masa modern mirip kini ini, musik banyak dikreasikan sabagai sarana promosi, terutama melalui iklan-iklan di televisi dan radio.
  6. Fungsi Ekonomi
    Bagi para isu terkini dan artis propesional, musik merupakan mata pencaharian. Mereka dihargai lewat karya (lagu) yang mereka buat mainan.

C. MANFAAT MUSIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  1. Musik dan Pendidikan
    Musik tidak hanya berfungsi mengasah kemampuan bermusik seseorang , tetapi juga berperan dalam bidang pendidikan atau bidang ilmu lain, contohnya meningkatkan kecerdasan di bidang matematika, sosial, dan bahasa.
    5
  2. Musik dan Kecerdasan Emosional
    Musik merupakan perwujudan fisik dari verbal emosi melalui media bunyi yang, dengan segala kekuatannya, sanggup memengaruhi suasana hati, sikap dan sikap seseorang.
  3. Musik dan Kesehatan
    Terapi musik ialah kegiatan terapi kesehatan insan dengan memakai musik. Jenis terapi yang di maksud antara lain pemulihan, penyembuhan, dan peringanan, terutama untuk tujuan kesehatan mental-psikologis.

Baca Juga : Sejarah Sastra Ciri Kaidah

Seni musik juga berarti bidang seni yang bekerjasama dengan alat musik dan irama yang keluar dari alat musik itu. Seni musik berarti berkaitan dengan bunyi irama atau nada. Seni musik biasanya bekerjasama perasaan seseorang. Unsur lain yang ada dalam musik ialah ritme. Adalah susunan hentakan yang teratur.

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya