Primbon Perkutut Lokal Membawa Keberuntungan Untuk Dipelihara

Kitab Primbon Jenis Perkutut Lokal Membawa Keberuntungan / Katuranggan Untuk Dipelihara

Burung perkutut merupakan salah burung yang banyak digemari masyarakat untuk dipelihara. Tapi tahukah Anda bahwa burung perkutut memiliki banyak mitos yang mengatakan bahwa burung ini bisa membawa kemujuran ? lalu variasi dan seperti apa perkutut yang membawa kemujuran hal yang demikian ? simak Primbon Perkutut Lokal Untuk Dipelihara Ciri dan Mitosnya

Kebiasaan dan Falsafah Jawa menceritakan seorang lelaki dewasa sepatutnya memiliki kelengkapan seorang Priya sejati yang total dalam kebiasaan Jawa yang berlatar kebudayaan keraton merupakan memiliki wisma (rumah/daerah tinggal), curiga (keris/ senjata andalan), kukila (primbon perkutut), turangga (kuda/ kendaraan), gangsa, dan garwa (istri/pendamping hidup).Burung Perkutut diyakini sebagai burung yang disebut sebagai kukila dengan berjenis-jenis pertimbangan kebiasaan jawa.

Burung perkutut merupakan hewan sakral dan penuh mitos karena dampak legenda Joko Mangu. Legenda hal yang demikian menyatakan pada jaman Kerajaan Majapahit ada burung perkutut milik Prabu Brawijaya V (raja Majapahit terakhir) yang merupakan jelmaan Pangeran dari Pajajaran yang bernama Joko Mangu.

Suatu hari Burung Perkutut dengan nama Beryoni lepas dari sangkar tetapi berhasil diketemukan kembali oleh sang raja dalam perjalanannya di wilayah Yogyakarta. Tepatnya, ditemukan di daerah kretek, dekat Imogiri, Kabupaten Bantul. Semenjak dikala itu sampai kini, raja-raja Mataram keturunan Prabu Brawijaya penguasa Majapahit senantiasa melestarikan dan mentradisikan kekukututan (memelihara perkutut) dalam kehidupan Keraton Ngayogjakarta. Kekukututan dianggap memiliki poin-poin kebiasaan adiluhung.

Semenjak Juni 1990 burung perkutut diwujudkan maskot Propinsi DI Yogyakarta. ”Kukila itu berarti mentas atau manuk anggung-anggungan. Dalam hal ini merupakan burung perkutut. Kata manuk itu sendiri terdiri dari Ma (manjing) dan Nya (nyawa), yang berarti urip. Karena itu para priyayi dahulu sering memberi wejangan terhadap buah hati cucunya, ”Aja mung ngoceh, nanging manggunga. Tegese yen ngomong kudu sing mentes.

Baca: Arti Mimpi Bertemu Mantan Pacar

Perkutut merupakan alat pencipta kepuasan atau kenikmatan pribadi. Suara anggungannya bisa memberikan suasana hening, teduh, santai senang dan seolah-olah manusia bisa berhubungan dengan alam semesta secara langsung. Selain dari itu perkutut memiliki keistimewaan luar awam karena dianggap memiliki tenaga gaib yang bisa memberi pengaruh pemiliknya. Banyak perkutut yang berdasarkan katuranggan atau ciri mathi dipercaya memiliki dampak bagus (membawa kemujuran) bagi si pemelihara.

Berbincang-bincang mengenai Perkutut Katuranggan umumnya dihubungkan dengan Perkutut Lokal yang diyakini memiliki tenaga gaib atau supranatural/yoni berdasarkan kepercayaan orang-orang tua kita sejak beratus-ratus tahun khususnya pada masyarakat kebiasaan Jawa dan bukan Perkutut Silang atau sering dikenal Perkutut Bangkok yang banyak kita lihat dan pelihara dikala ini yang diyakini telah tak lagi memiliki tenaga.

Sehingga Perkutut Katuranggan sering disebut burung alam gaib yang bisa memberikan rezeki, kebahagiaan dan ketenteraman rumah tangga, pangkat dan jabatan, dan lain-lain.
Masyarakat Jawa mempercayai bahwa burung perkutut bisa mendatangkan manfaat positif dan negatif bagi pemiliknya atau orang yang memeliharanya. Burung perkutut dipercaya ada yang punya katuranggan bagus dan tak bagus.

Dalam Primbon Betaljemur Ada Makna, perkutut yang punya katuranggan bagus antara lain Srimangempel, Wisnucarita, Wisnumangenu, Kusumawicitra, Pandhawa Mijil, Purnasidi, Murcujiwa, Minep Gedhong, Gedhong Menga, Wisnumurti, Udanmas, dan Widahsana gastagasti.

Walaupun turangga perkutut yang dianggap tak bagus antara lain Bramasulur, Brama Sulurgenni, Bramakala, Bramakokap, Durgangerik, Durgaanguwuh, Sanggabuwana, Lemburuwan, Cendhalasabda, dan Wisnutinundhung.

Selain itu juga dikenal adanya tangguh perkutut, yang terdiri Tangguh Pajajaran, Ki Joko Mangu (Majapahit), Tuban, Mataram, Pajang, Sedayu, dan Tangguh Demak.

\\”Katuranggan\\” yang dipercaya memiliki titisan darah gaib, juga berdasarkan \\” Ciri mathi \\” merupakan ramalan dalam relasi wujud atau sifat tertentu seekor perkutut, sehingga dipercaya memiliki dampak bagus (membawa kemujuran/rezeki, ketenteraman rumah tangga, pangkat, dlsb.)
Saat anda memelihara burung perkutut, anda sepatutnya merapikan diri pribadi kita. Selain itu, yang utama kita sepatutnya percaya terhadap Tuhan.

Ciri Burung perkutut Tidak Bagus Untuk Dipelihara
Menurut isu yang telah beredar turun temurun,burung perkutut ada yang membawa kebaikan pada pemiliknya,tetapi ada juga burung perkutut yang membawa kesialan,rezeki seret,rumah tangga senantiasa cekcok,hidup tak damai dan lain-lain.Tulisan ini bersumber dari cerita simbah penulis dan beberapa sumber yang pernah penulis baca..penjelasanya seperti di bawah ini.

Burung Perkutut Durgo Nguwuh
Ciri yang bisa kita temua pada burung perkutut variasi ini merupakan,.jikalau perkutut berbunyi,mentas hanya pada tengah malam saja.mitos yang beredar bahwa burung ini tak bagus untuk di pelihara,pemiliknya akan menerima halangan,sebagai model sering sakit,rumah tangga awut-awutan,dan hidupnya sering kekurangan dan lain-lain…

Burung perkutut Durgo ngerik
Ciri yang bisa kita temukan pada variasi burung perkutut ini merupakan dia senantiasa berkicau,berbunyi atau mentas tiap hari tak ketahui lelah bagus siang dan malam..mitos yang berkembang pada perkutut ini merupakan rezeki pemiliknya akan seret serta rumah tangganya sering berkelahi.

Burung perkutut wisnu Tinundung
ciri pada burung perkutut yang tergolong ejnis burung ini merupakan bagian warna bulu hitam,tetapi tak merata,Mitos yang beredar bahwa yang memelihara variasi burung perkutut ini,harapan atau cita-cita sangat susah untuk tercapai.

Burung perkutut Brahma suku
Ciri serta variasi burung perkutut ini bisa kita lihat dengan adanya tanda pada bagian bulu memiliki warna agak kemerahan.mitos burung ini pemiliknya sering sakit-sakitan,karena burung ini bisa mengundang penyakit.

Burung perkutut Brahma kukup
ciri serta tanda yang bisa kita lihat dengan adanya pada bagian kepala sampai ekor,bulu perkutut ini memiliki warna putih.mitos yang beredar,bahwa variasi perkutut ini kapabel mendatangkan tak beruntung bagi penghuni keluarga pemiliknya.

Burung Perkutut Lubuh geni
Ciri yang bisa kita lihat di tandai dengan adanya bagian bulu memiliki warna agak merah,tetapi tak merata.Mitos yang beredar pemiliknya serring kesulitan dan kekurangan uang.

Burung perkutut Buntel mayit
Ciri yang bisa kita lihat pada variasi burung perkutut Buntel mayit merupakan,di bagian sayapnya terdapat bulu yang warnanya putih.Mitos burung ini malapetaka akan senantiasa memata-matai pemilikya atau keluarganya.

Burung perkutut lembu Rawan
variasi burung perkutut ciri seperti ini bisa kita lihat dengan adanya segala bulu pada badan perkutut,pertumbuhanya tak bagus,tak merata.Mitos perkutut ini pemiliknya senantiasa akan mengalami kesulitam rezeki pemiliknya susah.

Burung perkutut kelabang kepipit
Ciri yang bisa kita lihat pada variasi burung perkutut variasi ini,jikalau bagian sayap kita buka atau renggangkan,terdapat bulu putihnya.Mitos yang beredar bahwa burung perkutut ini kurang bagus untuk di pelihara,karena dalam bahtera rumah tangga bisa mengalami cekcok,sengketa dan kurang akur antara suami dan itri.

Beberapa ciri yang telah aku sebutkan di atas merupakan berdasarkan mitos yang beredar serta cerita nenek moyang yang secara turun temurun.percaya atau tak.kita serahkan pada diri masing-masing pembaca saja..lebih bagus jikalau kita segala serahkan pada ilahi Tuhan maha pemberi.karena kita hidup telah di aturnya.kita hanya tinggal mengerjakan saja..semoga berkhasiat dan bisa untuk menambah wawasan kita bersama.

Seberapa Jauh Anda Mengetahui Katuranggan Burung Perkutut?
Seperti kebanyakan orang-orang tahu, burung perkutut merupakan satu dari ribuan variasi burung yang memiliki potensi dan kesanggupan suara yang cukup merdu. Ocehan suaranya di rumah mungkin akan membikin kita senantiasa berharap terus merawat dan menjaganya.

Apabila Anda memelihara burung perkutut alangkah pantasnya jikalau kita mengetahui katuranggan wujud badannya.
Apa itu katuranggan?

Kata “katuranggan” berasal dari bahasa Jawa yang terdiri dari kata “Katur” berarti memperkenalkan dan “Angga” berarti badan. Jadi “katuranggan” merupakan pengetahuan yang sepatutnya dimiliki oleh pemelihara burung mengenai wujud-wujud badan si burung peliharaannya, seperti pengetahuan wujud badan, paruh, kepala atau ekor si burung.

Atau bisa juga dikala Anda berharap membeli seekor burung, Anda bisa mengamati katuranggan dari burung hal yang demikian untuk mengetahui apakah burung yang akan kita beli total atau tak. Berguna sekali bukan jikalau telah mengetahui katuranggan dari burung yang berharap atau sedang kita pelihara?

Bagi Anda yang berharap membeli atau mungkin yang telah memelihara burung perkutut, coba perhatikan katuranggan dari wujud si burung.

Akan lebih gampang lagi, bagian pertama yang kita perhatikan merupakan wujud dari kepala atau paruh si burung. Ada banyak sekali wujud kepala dan wujud paruh dari burung perkutut. Dari wujud kepala dan paruh burung Anda bisa menyimpulkan karakter suara seperti apa yang dikuasai oleh si burung peliharaan.

Berikut beberapa katuranggan wujud kepala burung perkutut yang bisa Anda pelajari:
Kepala burung perkutut yang berbentuk bulat menyerupai mata uang.
Biasanya variasi burung perkutut yang seperti ini diperkirakan memiliki kesanggupan suara yang cukup bagus dan akan terus berkembang sampai berumur 24 tahun. Apabila telah melebihi dari angka usia hal yang demikian tentu kualitas suaranya lambat laun akan menurun pelan.

1.Kepala perkutut yang formatnya menyerupai buah burahol atau awam disebut perkutut ngepel. Macam perkutut ini merupakan variasi perkutut terbaik dari variasi perkutut lainnya. Ciri-ciri burung ini umumnya memiliki wujud badan dengan ekor runcing dan suara yang dihasilkannya pun cukup terang dan bersih.

2.Kepala perkutut yang formatnya lonjong menyerupai buah jambe merupakan variasi burung perkutut terbaik yang bisa dikatakan sepatutnya Anda miliki.
Mengapa? Karena burung variasi seperti ini diperkirakan kemerduan suaranya bisa bertahan sampai tua. Waw keren juga yaaah…

3.Kepala perkutut yang formatnya menyerupai biji nangka merupakan variasi burung yang sepatutnya Anda miliki jikalau memang benar-benar Anda pencinta burung ocehan. Karena variasi perkutut ini diperkirakan memiliki kemerduan suara yang cukup bagus pun bisa bertahan sampai tua seperti burung perkutut yang wujud kepalanya lonjong menyerupai buah jambe.

Baca Juga: Ajian Pancasona

Tapi bedanya, variasi burung yang satu ini meskipun suaranya bisa bertahan sampai tua tetapi kemerduan suaranya jarang menempuh maksimal.Burung perkutut yang memiliki wujud paruh seperti pelepah pisang (mapah gedhang), wujud badan menyerupai buah kelapa muda dan ekor yang pendek meruncing bisa diperkirakan burung variasi seperti ini termasuk golongan cukup bagus untuk Anda pelihara di rumah.

Burung perkutut yang memiliki wujud paruh seperti butiran padi, wujud badan menyerupai buah nangka dan ekor panjang dengan bagian belakang agak tumpul, variasi burung seperti ini bisa juga termasuk golongan cukup bagus.

Dengan mempelajari katuranggan burung perkutut, Anda bisa tahu lebih dalam lagi burung perkutut variasi apa yang akan dan sedang Anda pelihara di rumah. Semoga isu ini bisa menambah wawasan Anda seputar burung perkutut

error: Selamat Membaca