Tips Mengoptimalkan Media Sosial via Digital Marketing

Media sosial bisa menjadi tempat mencari nafkah. Banyak media sosial memberikan celah bagi Anda yang suka bekerja dan berkreasi. Anda harus dapat membuat konten yang dapat menghibur, informatif, dan mendidik saat mengumpulkan rupiah. Menghasilkan uang dari media sosial membutuhkan konsistensi. Anda harus mulai dari nol. Tetap konsisten untuk terus menjalani pekerjaan yang terkait dengan dunia virtual ini. Pertajam kemampuan Anda untuk belajar dari awal menjadi mahir.

Apakah Anda seseorang yang cukup sibuk untuk mengelola media sosial? Berapa banyak akun media sosial yang Anda miliki? Apakah akun itu hanya akun pribadi Anda? Ya, banyak orang tidak hanya memiliki satu akun media sosial. Tidak diragukan lagi, kebutuhan akan informasi dan peluang untuk menggunakan media sosial cukup terbuka lebar.

Dengan akun media sosial Anda dapat “menampilkan” apa yang Anda miliki. Dari barang dagangan hingga promosi yang terkait dengan diri Anda jika Anda seorang tokoh masyarakat. Dari media sosial yang Anda gunakan, tentu saja Anda memerlukan manajemen media sosial, salah satunya adalah dengan menggunakan otomatisasi media sosial.

Satu Alat untuk Semua Media

Kemudahan mengelola media sosial dibahas secara luas karena sebenarnya ini cukup menghemat waktu terutama jika Anda memiliki beberapa akun media sosial yang aktif. Otomatisasi media sosial adalah salah satu cara solutif untuk mengelola media sosial secara lebih efektif. Anda cukup menggunakan alat untuk dapat terhubung langsung dengan banyak media sosial yang Anda miliki dengan satu klik. Anda dapat menggunakan alat ini sebagai media promosi yang dapat langsung terhubung ke berbagai media yang telah Anda sambungkan.

Alat Otomasi Media Sosial

Otomatis membantu Anda menjadwalkan posting di berbagai platform media sosial sekaligus sehingga Anda dapat meringkas waktu. Berikut adalah beberapa alat otomasi yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda menggunakan media sosial secara lebih efektif:

1. Facebook Scheduler

Jika Anda menggunakan Facebook sebagai platform yang Anda fokuskan maka Anda dapat memanfaatkan fitur yang dimilikinya. Fitur bawaan yang mereka miliki memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Langkah-langkahnya cukup mudah, Anda harus pergi ke halaman Facebook Anda, menulis posting yang ingin Anda sampaikan, lalu klik ikon panah bawah dan pilih “Jadwal”. Dari fitur ini Anda akan diarahkan untuk memilih tanggal dan waktu kapan posting Anda akan diposting. Ini berlaku untuk posting lain. Cukup mudah.

2. Buffer

Tidak seperti Facebook Scheduler, Buffer menawarkan lebih banyak konektivitas dengan platform media sosial lainnya seperti Twitter, Instagram, Google+, Linkedin, dan lainnya. Fitur Buffer (versi gratis) membantu Anda terhubung dengan lima media sosial yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan versi gratis, maka Anda hanya dapat menjadwalkan 10 posting per profil. Buffer cukup mumpuni karena selain otomatisasi konten, ia juga menyediakan analisis kinerja posting dengan menampilkan jumlah suka, jumlah saham, jumlah klik dan klien potensial. Yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan profil media sosial Anda kemudian mengatur waktu penjadwalan untuk posting di menu pengaturan. Semudah itu.

3. Hootsuite

Fitur yang lebih lengkap yang dapat Anda gunakan untuk otomatisasi media sosial dapat ditawarkan oleh Hootsuite. Paket gratis Hootsuite dapat menghubungkan tiga profil dengan akun yang berbeda. Jika Anda memiliki halaman bisnis dan menangani dua hingga tiga fanpage maka ini adalah pilihan yang tepat karena Anda dapat mengelola setiap akun. Hootsuite memungkinkan Anda melihat seluruh manajemen media sosial yang Anda lakukan mulai dari penjadwalan hingga berinteraksi dengan pesan langsung dengan pengguna lain.

4. Zapier

Zapier memungkinkan Anda untuk membuat “zap” dan menjalankan konten yang Anda inginkan. Contoh termudah yang dapat Anda lihat dengan alat otomatisasi media sosial yang satu ini adalah bahwa Anda ingin membuat konten Facebook yang nantinya akan dibagikan pada akun lain seperti Linkedin, Anda hanya perlu membuat “zap”. Nanti semua konten yang akan Anda posting di Facebook juga akan dibagikan di akun Linkedin dalam sekejap.

Baca Juga : Pentingnya SEO Dalam Meningkatkan Traffic Di Web Bisnis

5. Post Planner

Posting perencana dalam bentuk aplikasi yang berfungsi di platform Facebook dalam hal otomatisasi media sosial. Perencana pos digunakan untuk menemukan, merencanakan, dan memposting di Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest. Post Planner lebih menekankan keterlibatan dengan audiens yang Anda miliki.

Tinggalkan komentar