Cara Mematikan Cortana Di Taskbar Dan Task Manager Windows 10

2 min read

cara mematikan cortana

Cara Menghilangkan Cortana Di Task Manager Talkback Windows 10

Cara Disable Cortana – Cortana yaitu fitur yang keluar pada dikala adanya windows 10 sebenernya cortana ini sungguh-sungguh banyak manfaatnya yaa walupun ada juga ngeselinnya cortana ini, untuk penggunanya seperti ane.

Tapi yang menjadi kendala yaitu cortana itu memakan banyak ram,banyak pengguna windows 10 yang mengeluh dengan hadirnya fitur cortana sedangkan cortana sendiri dapat berkhasiat buat kita pengguna windows 10 ( sedangkan mah ramnya gak kuat :v )

Metode menonaktifkan/mendisablekan cortana sebenernya dapat dikerjakan di bagian aplikasi selanjutnya di aplikasi setting, tapi sistem ini tidak mematikan cortana sepenuhnya gan/sist cortananya masih jalan sedangkan gk nampak. Nah kali ini ane bagiin sistem yang ampuh untuk mematikan cortana sepenuhnya.

Bagi pengguna Windows, hadirnya Windows 10 yaitu hal yang telah ditunggu-tunggu para pecinta komputer. Sebab selain menggabungkan gaya dari Windows 8.1 dan Windows 7, Windows 10 juga mempunyai banyak fitur-fitur yang dapat membantu penggunanya. Ternyata dalam waktu 1 tahun semenjak dirilis, Windows 10 telah menduduki peringkat kedua sebagai OS yang paling banyak diterapkan di dunia yaitu dengan presentase market share sebesar 22.53%, diikuti dengan Windows XP 9.11%, Windows 8.1 7,83%, dan Mac OS 10.11 sebesar 4.07% (Data ).

Cortana
Windows 10 selalu menerima frekuensi update yang sungguh-sungguh padat, dan salah satu versi stabil terakhir yaitu Build 14393. Namun tahukah kamu, pada build ini salah satu fitur andalan Windows 10 yaitu Cortana tidak dapat dinonaktifkan seperti pada build sebelum-sebelumnya. Cortana sendiri semakin tertanam pada sistem operasi dan seringkali melakukan proses-proses penggalian pada data-data pribadi untuk mengoptimalkan kinerjanya sebagai pelayan virtual di PC kamu. Hal ini kadang membikin PC kamu menjadi sedikit melambat sebab proses yang dikerjakan Cortana membikin PC kamu membaca keseluruhan isi storage (harddisk) dan membikin kinerja Disk-nya menjadi 100% seperti yang saya natural, kamu dapat mengeceknya melalui Task Manager.

Disk Perform 100%
Kali ini, saya mau berbagi sistem untuk menonaktifkan Cortana pada Windows 10 Build 14393 dengan membikin beberapa pembatasan pada registry. Namun sebelum itu, kamu perlu membikin backup registry-mu lebih dahulu.

Caranya mudah, pertama jalankan Run dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketikkan regedit dan tekan Enter/OK.

Run – regedit
Lalu pada jendela Registry Editor yang muncul, Klik File – Export. Kemudian simpan pada direktori yang kamu inginkan dan beri nama pantas yang kamu inginkan. Saya sarankan pada nama file cantumkan juga tanggal hari ini agar tidak lupa tanggal kita mem-backup registry.

Export Registry
Sesudah itu, kita dapat memulai menonaktifkan Cortana. Masih pada jendela Registry Editor, buka direktori :

HKEY_LOCAL_MACHINE\\SOFTWARE\\Policies\\Microsoft\\Windows\\Windows Search

Cara Mematikan Cortana

Jika di Registry Editor kamu tidak ada direktori hal yang demikian, kamu cukup membuatnya sendiri. Posisikan kursormu pada direktori Windows. Klik kanan dan klik New – Key. Kemudian beri nama \\’Windows Search\\’.

New – Key
Sesudah itu, klik pada direktori yang baru kamu buat. Buat binary data baru dengan sistem Klik kanan, pilih New – DWORD (32-Bit) Value. Beri nama ‘Allow Cortana’.

New – DWORD 32 Bit
Jika telah dijadikan, klik dua kali pada binary data AllowCortana hal yang demikian. Beri skor 0 pada field Value. Secara default sesungguhnya Value telah bernilai 0. Namun kamu dapat tetap melakukan langkah ini untuk menentukan.

Value Data Registry Allow Cortana
Klik OK, dan tutup Registry Editor. Langkah terakhir untuk mengaktifkan konfigurasi ini yaitu melakukan Sign out, tidak perlu me-restart PC kamu. Caranya klik Start, kemudian pada klik pada ikon User kamu dan pilih Sign Out.

Sign Out
Kemudian Sign In kembali. Kesudahannya, ikon Cortana kamu akan berubah menjadi ikon Search awam sehingga kamu masih dapat mengaplikasikan fitur Search untuk mencari file atau software yang terinstall di PC kamu.