Gambar Pemandangan Alam, Pantai, Laut, Gunung Dan Air Terjun

Gambar Pemandangan

Lukisan pemandangan adalah jenis lukisan yang memiliki banyak daya tarik yang mengesankan bagi banyak orang. Oleh karena itu, banyak orang sering suka menggambar pemandangan untuk dinikmati serta melatih keterampilan mereka dalam melukis atau menggambar. Namun, lukisan pemandangan tidak mudah untuk digambar, karena membutuhkan banyak teknik serta aturan yang sulit bagi para pemula. Pada artikel berikut ini kami akan memberikan Anda informasi yang berkaitan dengan karakteristik dan cara melukis pemandangan paling indah dan beberapa gambar pemandangan alam, pantai, laut, gunung dan air terjun untuk dijadikan sebagai referensi saat menggambar .

Apa itu lukisan pemandangan?

Lukisan pemandangan adalah gambar lukisan yang mengilustrasikan dan menggambarkan keindahan alam di sekitar kehidupan manusia. Lukisan-lukisan ini biasanya hanya berfokus pada keindahan pemandangan alam. Karena itu, jika ada manusia di dalam lukisan, ini hanyalah beberapa tambahan untuk menambah keindahan alam yang damai.

Beberapa topik yang banyak dipilih ketika melukis pemandangan adalah pemandangan pedesaan dengan gambar sawah yang sangat luas, pohon, jerami, halaman rumah di pedesaan, gerbang desa  dan awan yang indah dilangit, matahari terbit atau terbenam di sawah, serta pemandangan sungai yang indah.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggambar Pemandangan

Bagi mereka yang ingin belajar tentang cara menggambar pemandangan yang indah, beberapa hal yang harus diperhatikan dibawah ini akan menciptakan lukisan pemandangan yang indah, mengesankan, dan menarik.

1. Tentukan subjek gambar

Untuk menggambar pemandangan indah, pertama-tama Anda perlu mengidentifikasi tema lukisan. Jenis pemanangan apa yang ingin digambar apakah di laut, di pegunungan, di pedesaan, di kota atau di tempat lain yang memiliki keindahan berasarkan imajinasi Anda.

2. Temukan tempat dengan pemandangan indah

Setelah menentukan subjek lukisan atau gambar, Anda perlu mencari tempat dengan pemandangan indah, mengamati semuanya dengan cermat untuk menemukan fitur pemandangan yang paling unik dan luar biasa. Pikirkan arah mana yang terbaik untuk dilukis dan apakah Anda bisa menggambar tempat tersebut ke dalam gambar Anda.

Anda harus mengamati dengan cermat dan harus mengingat gambar pemandangan untuk membuat lukisan lebih cepat. Anda bahkan dapat mengambil beberapa foto sendiri dan beberapa gambar yang kami sajikan di bawah artikel ini, sehingga jika Anda tidak selesai melukis dan Anda masih bisa melanjutkan menggambar.

3. Siapkan alat menggambar

Selain bisa menggambar lukisan pemandangan yang indah dan mengesankan, Anda juga tidak boleh melupakan untuk mempersiapkan alat menggambar. Tergantung pada preferensi Anda serta kemampuan Anda untuk memilih cat air atau warna cat dan alat melukis yang diperlukan. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk menggambar pemandangan.

Aturan saat melukis pemandangan

Untuk dapat menggambar lukisan pemandangan yang indah dan menarik bukanlah hal yang sederhana. Pertama dan terutama, Anda harus mengikuti aturan menggambar pemandangan berikut untuk membuat lukisan yang paling unik dan mengesankan.

1. Lukisan selalu memiliki highlight

Seperti lukisan lain pada umumnya, sebelum Anda mulai melukis, Anda harus mengidentifikasi dan membuat highlight khusus untuk lukisan lanskap Anda. Fokuskan pada area paling indah dan mencolok dalam gambar. Untuk menekankan posisi aksen, Anda dapat menggunakan warna mencolok atau kontras. Karakteristik umum dari aksen yang indah dalam lukisan pemandangan adalah:

Setelah menggunakan warna terkuat dan paling mencolok.

Tiba-tiba ada perubahan efek kontras warna.

Tergantung pada tata letaknya, mungkin sebagian besar gambar keseluruhan bisa jadi atau tidak.

Lukisan pemandangan sebaiknya tidak diletakkan di tengah komposisi, hanya ⅓ gambar sesuai.

Penekanan lukisan harus ditempatkan pada posisi yang mudah dilihat dan tidak tertutup, karena jika tidak maka akan mengurangi pentingnya highlight.

Highligth yang baik harus dapat menarik perhatian orang yang melihat pada pandangan pertama.

2. Buat highlight kedua untuk gambar lanskap

Selain highlight utama pada lukisan pemandangan, Anda juga dapat membuat highlight kedua untuk lukisan Anda. Tetapi jika Anda baru mulai menggambar, Anda tidak harus menggunakan aksen kedua, tetapi hanya fokus pada satu highlight tunggal dalam gambar. Karena menciptakan dua aksen akan menciptakan persaingan di antara keduanya dan membuat gambar membingungkan.

Jika Anda ingin menggambar dua highlight untuk lukisan pemandangan, harus dicatat bahwa dua aksen tidak boleh tumpang tindih, itu harus membuat highlight utama lebih kuat dan memiliki tata letak yang lebih besar. Highlight yang tersisa akan lebih kecil dan lebih lemah dalam warna yang digunakan. Yang terbaik adalah menggambar dua titik dalam dua posisi diagonal, jika dalam situasi yang diperlukan, dua titik dapat ditarik dalam posisi horizontal.

3. Jangan menggunakan detail yang keluar dari gambar

Salah satu aturan penting ketika melukis pemandangan adalah untuk menghindari menarik perhatian pemirsa ke luar gambar dengan elemen-elemen yang pergi ke luar perbatasan. Itu sebabnya Anda harus membatasi elemen gambar yang keluar dari perbatasan seperti jalan setapak, pohon, sungai yang mengalir di luar gambar, dll. Menciptakan kedalaman untuk gambar itu bagus tetapi tidak boleh dilakukan terlalu banyak. Karena hanya akan membuat orang yang melihat lukisan tersebut mudah fokus ke luar gambar dan tidak memperhatikan highlight gambar. Oleh karena itu, ketika menggambar pemandangan, lebih baik untuk menggambar objek atau orang yang menghadap belakang atau ke tengah gambar.

4. Beberapa aturan menggambar pemandangan dalam melukis

Saat menggambar objek seperti jalan, sungai, kolam dan danau, itu harus digambar dalam garis S, atau digambar dalam bentuk C yang menjorok ke dalam gambar. Apalagi menggambar adegan di S-line akan membuat orang yang melihat lukisan tersebut lebih terkesan.

Lukisan pemandangan tidak memiliki prinsip yang baku, tetapi untuk menciptakan poin yang mengesankan untuk lukisan, perlu menggunakan gambar yang sangat unik dan indah. Selain itu, subjek seperti orang atau objek harus ditempatkan di dalam highlight utama gambar, untuk menghindari mengganggu orang yang melihatnya dan tidak fokus pada penekanan gambar pemandangan.

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah

Sebelum melukis, Anda perlu menyiapkan semua alat melukis seperti kertas ukuran A3 atau A4, pensil, penggaris, penghapus, pensil warna dan krayon.

Cara menggambar pemandangan yang indah dan sederhana sebuah pedesaaan bisa menyimak langkah-langkah berikut:

Langkah 1

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah tahap 1

Membuat sketsa gambar rumah adalah fokus dari gambar ini, kemudian menggambar lebih banyak batu, gundukan dan sungai yang mengalir di sekitar rumah. Di sebelah kiri rumah dapat menggambar beberapa pohon lagi, dan di sisi kanan rumah akan ada pagar yang cukup kecil.

Langkah 2

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah tahap 2

Di sisi sungai Anda harus menggambar pohon kelapa untuk menghadirkan alam pedesaan. Selanjutnya adalah mengidentifikasi cakrawala dan pohon-pohon di kejauhan untuk menciptakan kedalaman untuk gambar. Di sungai, buat sketsa lebih banyak gambar orang-orang yang mendayung untuk membantu melengkapi gambar pedesaan yang damai.

Langkah 3

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah tahap 3

Berikutnya adalah menggunakan krayon untuk melukis, Anda dapat menggunakan warna cokelat atau kuning untuk melukis gambar dua rumah untuk menciptakan keindahan suasana pedesaan. Cabang menggunakan krayon hijau untuk melukis, sementara batang dan cabang akan diwarnai dengan cokelat. Tanah di depan rumah dapat dicampur dalam warna hijau dan coklat untuk membuat gambar yang indah.

Langkah 4

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah tahap 4

Gunakan krayon berwarna hijau untuk mengecat daun kelapa, lalu gunakan timah hijau tua untuk menekankan tulang daun, terus gunakan krayon warna coklat untuk mewarnai batang kelapa. Bagian langit gunakan warna biru. Jangan lupa mewarnai bebatuan di depan sungai juga.

Langkah 5

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah tahap 5

Untuk gambar orang yang berlayar atau menaiki perahu, Anda dapat menggunakan warna favorit apa pun untuk melukis dan menghias objek tersebut. Terakhir, gunakan warna biru untuk mengecat seluruh gambar langit dan sungai. Jadi hanya dengan beberapa langkah sederhana, Anda telah bisa menggambar pemandangan alam pedesaan dengan sangat mudah.

Berikut ini ada beberapa foto atau gambar pemandangan alam, pemandangan pantai, pemandangan laut, pemandangan gunung dan pemandangan air terjun yang dihasilkan dari jepretan foto yang bisa dijadikan referensi saat ingin menggambar atau melukis pemandangan yang indah.

Gambar Pemandangan Alam

Gambar Pemandangan Alam

Yang pertama ini ada sebuah desa di eropa dengan pemandangan yang indah, dimana desa ini memiliki sungai yang cukup jernih airnya, setiap rumah di desa ini juga memiliki halaman yang luas yang dihiasi dengan rumput dan pepohonan yang hijau dan bunga-bunga berwarna indah. Pada gambar ini juga terdapat jembatan, ada perahu yang digunakan juga sebagai alat transportasi.

Kemudian untuk contoh gambar pemandangan alam kedua adalah sebuah pemandangan alam khas pedesaan yang ada di Indonesia. Disini kita bisa melihat jalan desa yang sangat asri dengan rimbunnya pohon bambu di kanan kiri jalan desa ini. Yang paling khas adalah bentuk rumah di desa yang umumnya masih menggunakan kayu dan bambu untuk bagian dinding rumahnya. Jadi gambar ini, mungkin bisa menjadi inspirasi terbaik untuk menggambar pemandangan alam.

Pemandangan sungai di dalam hutan merupakan salah satu gambar pemandangan yang sangat indah untuk dijadikan referensi saat mencari inspirasi untuk melukis pemandangan. Contoh gambar pemandangan alam sungai di dalam hutan ini memiliki pepohonan yang cukup rindang dan berukuran besar, di tepiannya terdapat beberapa batu berukuran besar, dan aliran sungai yang berwarna hijau kebiruan yang sangat jernih.

Gambar Pemandangan Pantai

Gambar Pemandangan Pantai

Untuk referensi gambar pemandangan pantai pertama ini, kalian bisa mendapatkan imajinasis ebuah pantai yang berwarna biru jenih, pantai dengan pasir putih, bebatuan di tepian pantai yang berukuran besar dan memiliki bentuk yang unik akibat proses korosi oleh angina dan air laut. Ditambah dengan beberapa pohonan hijau di pantai serta birunya langit yang indah.

Cara Menggambar Pemandangan Yang Indah tahap 1

Kemudian untuk gambar pemandangan pantai yang kedua ini kalian dapat melihat suasana pantai pasir putih dengan laut yang berwarna biru cerah yang memantulkan cerahnya langit di pantai ini. Di pantai ini juga terdapat sebuah gazebo yang khas pantai dan kursi untuk berjemur di pantai. Ditambah lagi objek yang tidak pernah absen untuk memberikan keindahan pantai adalah adanya pohon kelapa.

Untuk itu dari inspirasi contoh gambar pemandangan pantai ini bisa kalian lihat suasana pantai yang tidak biasa, dimana pada pantai ini terdapat lautan biru yang mengelilingi pantai pasir putih dengan warna air laut yang biru kehijauan yang memanjakan mata.

Gambar Pemandangan Laut

Gambar Pemandangan Laut

Untuk Gambar Pemandangan Laut yang pertama yang bisa menjadi inspirasi dalam melukis pemandangan laut adalah sebuah jembatan yang menghubungkan bangunan-bangunan yang ada di tengah laut, yang memberikan pemandangan laut yang eksotik sehingga bisa menjadi inspirasi dalam menggambar atau melukis pemandangan yang indah.

Gambar Pemandangan Laut 2

Pemandangan laut memanglah sangat indah, terutama ketika kita pergi ke pantai pastinya pemandangan yang ingin dilihat adalah pemandangan sunset di Pantai dengan nuansa yang syahdu dan romantis seperti digambarkan pada contoh gambar pemandangan laut diatas, mungkin bisa dijadikan sebuah inspirasi yang menarik dan indah untuk dijadikan sebuah gambar lukisan.

Gambar Pemandangan laut 3

Untuk gambar yang ketiga untuk dijadikan inspirasi untuk menggambar pemandangan laut adalah view yang indah dari foto diatas. Pada gambar diatas menggambarkan 2 kehidupan di darat dan di laut, dimana terdapat gambar ikan-ikan laut di bawah air, dan gambar daratan yang terlihat sebuah bangunan hotel di tepi pantai dengan desain yang khas pantai. Dengan gambar yang satu ini, semoga bisa mejadikan inspirasi terbaik dalam menggambar pemandangan laut yang indah.

Gambar Pemandangan Gunung

Gambar Pemandangan Gunung

Pada gambar pemandangan gunung yang pertama, kalian bisa mendapatkan inspirasi paling menarik untuk menghasilkan lukisan dengan pemandangan gunung yang khas dari Negara-negara yang ada di eropa yang memiliki pegunungan es. Selain itu, pemandangan gunung ini juga terdiri dari hutan, dan danau yang berwarna biru jenih.

Gambar Pemandangan Gunung 2

Untuk contoh gambar pemandangan gunung yang kedua adalah pemandangan dari gunung gurun yang gersang, tapi dari segi keindahan pemandangan dengan gunung berbatu di gurun seperti ini memancarkan keindahan alam yang unik dan sangat memanjakan mata. Kalian dapat menjadikan pemandangan pegunungan gurun ini dengan tambahan tanaman khas gurun yaitu kaktus.

Gambar Pemandangan Gunung 3

Untuk gambar pemandangan gunung ketiga disini kami memberikan foto dari keindahan dari view gunung Bromo yang menyajikan pemandangan pegunungan yang sangat indah. Disini ada beberapa gunung dengan bentuk yang unik tidak seperti gunung pada umumnya. Ditambah lagi view dari gunung ini juga terlihat seperti berada di atas awan.

Gambar Pemandangan Air Terjun

Gambar Pemandangan Air Terjun

Pemandangan air terjun adalah salah keindahan alam yang tidak boleh dilewatkan untuk kita nikmati sebagai bukti ke agungan Tuhan, karena itu ketika kalian mencari inspirasi pemandangan alam untuk digambar atau dilukis, air terjun merupakan salah satu pilihan tepat untuk dijadikan inspirasi. Dimana komponen keindahan air, batu, tanah dan pepohonan akan sangat indah di daerah air terjun.

Gambar Pemandangan Air Terjuan 2

Selanjutnya ada contoh gambar pemandangan air terjun yang berundak atau terdiri dari banyak air terjun kecil yang mengalir di sungai ini, sehingga memberikan keindahan tersendiri ditambah dengan tumbuhan hijau yang menempel di bebatuan memberikan kombinasi warna untuk keindahan alam yang menakjubkan dan tentunya bisa menjadi sumber inspirasi dalam menggambar lukisan pemandangan alam.

Gambar Air Terjuan 3

Inspirasi ketiga dari gambar pemandangan alam ini memiliki view sebuah suangai yang memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi, sehingga view dari aliran sungai di dalam hutan ini dengan air sungai yang jernih ditambah dengan struktur bebatuan yang berundak membuat alirian air membentuk air terjun kecil yang banyak, serta rindangnya pepohonan di kanan kiri singai ini menambah keindahan alam disini menjadi sangat menakjubkan.

Nah jadi seperti itulah artikel yang kami bagikan tentang gambar pemandangan secara lengkap, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali