Paket Internet Luar Negeri XL Di Malaysia Dan Untuk Umroh Di Arab Saudi

2 min read

Paket Internet Luar Negeri XL Di Malaysia Dan Untuk Umroh Di Arab Saudi

Paket Internet Luar Negeri XL Di Malaysia Dan Untuk Umroh Di Arab Saudi

Setelah membahas bagaimana cara menentukan travel pass yang cocok selama di Jepang, kini saya akan share pengalaman saya menggunakan XL Pass selama di Jepang. Apa sih XL Pass itu?

Layanan roaming dari XL
XL Pass merupakan paket roaming yang disediakan XL, namun berbeda dengan paket roaming yang disediakan operator lainnya. Sebenarnya agak susah bagi saya untuk menjelaskan XL Pass itu. Untuk gampangnya, sesuai namanya, XL Pass hanyalah pass yang mampu digunakan untuk roaming ketika di luar Indonesia. Pass itu tidak termasuk dengan kuota internet, mirip yang disediakan oleh layanan roaming dari operator selain XL. XL Pass tersedia dan berhubungan dengan operator telekomunikasi di 39 Negara, baik di Asia ataupun Eropa.

Memakai kuota dari paket yang aktif di Indonesia
Nah, XL Pass tidak termasuk dengan kuota internet alasannya kuota internet yang terpakai ialah kuota dari paket yang aktif di Indonesia. Misalnya, di Indonesia, kau menggunakan kartu XL yang ada paket internetnya, sebut saja paket Xtra Combo. Paket itulah yang aktif dan mampu digunakan ketika menggunakan XL Pass.

Dukun Pelet Bergaransi
Paket Internet Luar Negeri XL Di Malaysia Dan Untuk Umroh Di Arab Saudi

Kualitas jaringan
Sampai tahun 2019, saya sudah berkali-kali menggunakan XL Pass dan jadinya selalu menciptakan saya puas. Jaringannya selalu stabil bahkan di area pinggiran sekalipun. Negara yang sudah saya coba menggunakan XL Pass ialah Jepang (Tokyo, Yokohama, Nikko, Kawaguchiko, Osaka, Kyoto, Kobe, dan Nara), Korea Selatan (Seoul dan Jeju), Taiwan (Taipei), Malaysia (Kuala Lumpur), dan China (Shanghai dan Hangzhou). Rata-rata, koneksinya selalu menggunakan jaringan 4G dari operator lokal di masing-masing negara.

Bagus atau tidak?
Seperti yang sudah saya sebutkan, saya selalu puas menggunakan XL Pass ini. Saya sempat menggunakan roaming dari operator merah di Tokyo, dan koneksinya sering terputus sehingga sangat merepotkan saya apalagi ketika saya membutuhkan navigasi. Itu menciptakan saya selalu menggunakan XL Pass sebagai paket roaming favorit saya.

Cara menggunakan
Untuk menggunakan XL Pass tidaklah susah. Langkah paling pertama tentu saja membeli paket data XL, baik itu paket Hotrod ataupun Xtra Combo. Saya sendiri menggunakan Xtra Combo. Setelah itu, aktifkan XL Pass baik itu melalui *123# ataupun myXL. Ada beberapa pilihan XL Pass, yaitu untuk pass 3 hari sebesar Rp. 150.000, 5 hari sebesar Rp. 200.000, 30 hari sebesar Rp. 350.000. Saya menentukan pass 5 hari sesuai dengan kebutuhan saya. Anda bias mengaktifkan XL Pass sebelum berangkat (misalnya ketika di bandara), atau juga mampu dikala sudah berada di Jepang. Setelah XL Pass aktif, anda cukup mengaktifkan data roaming di ponsel anda. Saya tidak akan menjelaskan cara mengaktifkan data roaming ya, alasannya masing-masing handphone itu berbeda, silakan di browsing sendiri jikalau tidak tahu caranya.

XL Pass sudah aktif, data roaming sudah aktif, kini coba atur APN nya. Pastikan APN sudah terisi dengan “internet”, username dan password dikosongkan. Akhirnya, XL Pass sudah siap digunakan dan anda mampu menggunakan internet sepuas anda sesuai dengan kuota dari paket data yang anda miliki.

Traveller cenderung menentukan menggunakan provider lokal dinegara tujuan alasannya semahal-mahalnya harga disana, Roaming Internasional biasanya lebih menguras kantong. Untuk di Korea bekerjsama ada banyak pilihan provider lokal untuk berinternet. Aku sendiri semenjak pertama terbiasa menggunakan EG pre-paid simcard alasannya paling mudah dikala itu. EG sendiri sebenernya ya gada yang istimewa-istimewa banget sih, cukup lah buat online selama liburan. Aku ga bakalan go into details alasannya bahasan utama bukan EG, tapi jikalau mau check out EG mampu klik disini. Aku dulu beli dan aktivasi di Seoul Station.

Nah, yang ingin saya bahas ialah XL. Ya, provider Indonesia ini mempunyai produk internet yang menggiurkan untuk digunakan diluar negeri. Cukup mempunyai kuota internet HotRod atau Xtra Combo dan mengaktifkan XL Pass kau mampu berinternet di 39 negara termasuk Indonesia (per update 7 Juni 2017) yang operatornya bekerja sama dengan XL.

*note: XL pass tidak mampu digunakan di Jepang alasannya kerjasama XL sudah berakhir, setidaknya hingga tanggal 16-10-2017. Mohon dicek ulang pribadi ke XL wacana update negara yang mampu digunakan sebelum kau bepergian.

Kesimpulan
Saya cukup puas menggunakan XL Pass ini alasannya tidak ribet harus membeli kartu lokal dan harus ganti kartu. Saya pun berencana menggunakan XL Pass di kunjungan ke luar negeri saya selanjutnya.

Baca Juga: Tips Memilih Untuk Gaming

Jasa Pelet Terpercaya

Oh ya, bagi anda yang bepergian dengan grup, mampu juga dipertimbangkan menyewa pocket WiFi saja dibanding menggunakan XL Pass alasannya pocket WiFi mampu digunakan untuk banyak orang, dan baterai handphone juga lebih irit alasannya menggunakan jaringan WiFi. Ada banyak teladan rental pocket WiFi yang tersedia, misal saja JavaMifi, IziRoam, dan lain sebagainya.

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya