Pengertian Firewall : Prinsip Kerja, Manfaat, Jenis Dan Contohnya

5 min read

Contoh, Jenis, Manfaat, Prinsip Kerja Dan Pengertian Firewall Menurut Para Ahli

Contoh, Jenis, Manfaat, Prinsip Kerja Dan Pengertian Firewall Menurut Para Ahli

Firewall ialah perangkat yang dipakai untuk mengontrol jalan masuk terhadap siapapun yang mempunyai jalan masuk terhadap jaringan privat dari pihak luar.

Saat ini, pengertian firewall difahami sebagai sebuah istilah generik yang merujuk pada fungsi firewall sebagai sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan.

Halo juragans! Kali ini penulis akan membahas mengenai Pengertian Firewall. Mungkin kakak-kakak yang sudah berkecimpung di dunia jaringan komputer niscaya tahu mengenai Pengertian Firewall.

Dukun Pelet Bergaransi

Tapi, buat kakak-kakak yang belum mengerti mengenai Pengertian Firewall, jangan khawatir alasannya ialah kakak-kakak niscaya akan mengerti 🙂 . Okeh, tanpa basa-basi lagi, silahkan membaca mengenai Pengertian Firewall versi penulis!

Di dunia Jaringan Komputer kita tidak akan bisa terlepas mengenai jaringan Internet. Internet mempunyai manfaat atau hal-hal yang bersifat positif. Tetapi, Internet juga sanggup menyebabkan imbas negatif.

Seperti pencurian data, penipuan secara online, dan yang terpenting ialah serangan virus. Untuk itu, terciptanya Firewall yang akan membantu untuk mengamankan antara Jaringan Private(LAN) dan Jaringan Public (WAN atau Internet).

Pengertian Firewall ialah software atau perangkat yang berfungsi sebagai pembatas atau pengatur kemudian lintas antar jaringan. Makara bisa dikatakan bahwa Firewall sebagai polisi kemudian lintas/trafik data antar jaringan.

Masih resah mengenai Pengetian Firewall? Makara begini. Ibarat rumah, niscaya perlu pengaman di sekitar rumahnya semoga tidak ada orang jahat yang akan mencelakai rumah tersebut.

Contoh, Jenis, Manfaat, Prinsip Kerja Dan Pengertian Firewall Menurut Para Ahli
Pengertia Firewall

Untuk itu, dibuatlah pagar pembatas semoga pemilik rumah bisa membatasi area di rumah dan diluar rumah. Sehingga pemilik rumah sanggup mengawasi serta mengatur siapa saja yang sanggup memasuki rumahnya dan siapa saja yang dihentikan masuk ke dalam rumahnya.

Demikian juga dengan Firewall. Sebuah jaringan komputer tentunya memerlukan pengamanan semoga lalu-lintas antar jaringan komputer maupun Jaringan Private ke Internet aman. Firewall mempunyai bermacam-macam fungsi untuk mengoptimalkan security atau keamanan di dalam jaringan yaitu dengan membatasi kawasan jaringan yang satu dengan jaringan yang lainnya.

Fungsi Firewall
Fungsi atau manfaat dari Firewall yaitu sebagai berkut:
Mengatur kemudian intas/trafik data antar jaringan
Dapat mengatur port atau paket data yang diperbolehkan atau ditolak.
Autentikasi terhadap akses
Memonitoring atau mencatat kemudian lintas jaringan

Jenis Firewall
Firewall mempunyai beberapa jenis yang biasa dipergunakan, yaitu Personal Firewall dan Network Firewall.

Jasa Pelet Terpercaya

Pengertian Firewall
gambar: Personal Firewall pada Ubuntu

Personal Firewall merupakan Firewall yang terdapat pada sebuah komputer untuk sanggup menolak suatu jalan masuk yang tidak dikehendaki. Contohnya pada sebuah PC yang terkoneksi ke dalam jaringan Internet telah terinstal Anti-Virus, atau paket-paket software Firewall untuk keamanan jaringan. Firewall sanggup memblokir atau mengijinkan port mana saja yang bisa diakses oleh PC kita ataupun yang dihentikan diakses. Jadi, pada dasarnya Personal Firewall merupakan utilitas Firewall untuk pribadi.

Network Firewall merupakan Firewall yang berperan untuk melindungi seluruh komputer yang terkoneksi di dalam jaringannya. Umumnya Firewall ini terdapat pada Router di dalam jaringan ataupun Server yang terinstal software khusus mirip IPTables untuk GNU/Linux. Pada Router, seorang direktur sanggup mengkonfigurasi Router-nya untuk melindungi jaringan di dalamnya. Firewall juga sanggup menghalau paket data virus yang akan masuk ke dalam jaringan.

Jadi, pada dasarnya Pengertian Firewall merupakan software maupun perangkat yang berfungsi untuk pengatur kemudian lintas data di dalam jaringan maupun pada PC itu sendiri yang terkoneksi ke dalam suatu jaringan.

Dukun Pelet Terbaik

Itu beliau pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian Firewall. Untuk lebih pembahasan lebih lengkap mengenai Firewall, kakak-kakak sanggup berkunjung ke Pengertian Firewall dari Wikipedia. Terima kasih kepada kakak-kakak yang telah membaca artikel mengenai Pengertian Firewall ini 😀 !

Mengingat kini ini banyak perusahaan yang mempunyai jalan masuk ke Internet maka tunjangan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, sehingga fungsi firewall menjadi hal yang sangat esensial.”

Firewall ialah sistem keamanan jaringan komputer yang dipakai untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar.

Definisi Firewall ialah sebuah sistem yang didesain untuk mencegah jalan masuk yang tidak sah ke atau dari jaringan langsung (Privat Network).

Firewall sanggup diimplementasikan dalam perangkat keras dan perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. Firewall sering dipakai untuk mencegah pengguna Internet yang tidak saheng mengakses jaringan langsung yang terhubung ke Internet, terutama intranet.

Semua pesan masuk atau keluar dari intranet melewati firewall, filewall bertindak sebagai pengawas (controller) setiap pesan dan memblok kalau tidak memenuhi kriteria keamanan tertentu.

Menurut Pengertian Firewall yang dimaksudkan diatas, firewall ialah sebuah sistem atau perangkat yang memberi otorisasi pada kemudian lintas jaringan komputer yang dianggapnya kondusif untuk melaluinya dan melaksanakan pencegahan terhadapa jaringan yang dianggap tidak aman.

Fungsi Firewall
Pengamanan terhadap sistem hendaknya dilakukan sebelum sistem tersebut difungsikan. Percobaan koneksi (trial) sebaiknya dilakukan sebelum sistem yang bantu-membantu difungsikan. Dalam melaksanakan persiapan fungsi sistem hendaknya disiapkan pengamanan dalam bentuk:

Memisahkan terminal yang difungsikan sebagai pengendali jaringan atau titik sentra jalan masuk (Server) pada suatu area yang dipakai untuk aplikasi tertentu.
Menyediakan pengamanan fisik berupa ruangan khusus untuk pengamanan perangkat yang disebut pada butir nomor 1. Ruangan tersebut sanggup diberikan label Network Operating Center (NOC) dengan membatasi personil yang diperbolehkan masuk.
Memisahkan sumber daya listrik untuk NOC dari pemakaian yang lain. Hal ini untuk menjaga kestabilan fungsi sistem. Perlu juga difungsikan Uninteruptable Power Supply (UPS) dan Stabilizer untuk menjaga kestabilan supply listrik yang dibutuhkan perangkat pada NOC.
Merapikan wiring ruangan dan menunjukkan label serta pengklasifikasian kabel.
Memberikan Soft Security berupa Sistem Firewall pada perangkat yang difungsikan di jaringan.
Merencanakan maintenance dan menyiapkan Back Up sistem.

Pengertian Firewall
Firewall ialah salah satu aplikasi pada sistem operasi yang dibutuhkan oleh jaringan komputer untuk melindungi intergritas data/sistem jaringan dari serangan-serangan pihak yang tidak bertanggung jawab atau kemudian lintas jaringan yang tidak aman. Caranya dengan melaksanakan filterisasi terhadap paket-paket yang melewatinya.

Firewall tersusun dari aturan-aturan yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi jaringan, baik dengan melaksanakan filterisasi, membatasi, ataupun menolak suatu undangan koneksi dari jaringan luar lainnya mirip internet. Oleh alasannya ialah seringnya firewall dipakai untuk melindungi jaringannya, maka firewall juga berfungsi sebagai pintu penyangga antara jaringan yang dilindunginya dengan jaringan lainnya atau biasa disebut gateway.

· Semua jaringan komunikasi melewati fire wall
· Hanya kemudian lintas resmi diperbolehkan oleh fire wall
· Memiliki kemampuan untuk menahan serangan Internet
Fungsi firewall sebagai pengontrol, mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan. Fungsi Firewal mengatur, memfilter dan mengontrol kemudian lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi, beberapa kriteria yang dilakukan fire-wall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak, antara lain :
· Alamat IP dari komputer sumber
· Port TCP/UDP sumber dari sumber.
· Alamat IP dari komputer tujuan.
· Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
· Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.

  1. MIKROTIK
    Mikrotik ialah sistem operasi dan perangkat lunak yang sanggup dipakai untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, meliputi aneka macam fitur yang dibentuk untuk IP network dan jaringan wireless, cocok dipakai oleh ISP, provider hotspot dan warnet.
    Mikrotik didesain untuk gampang dipakai dan sangat baik dipakai untuk keperluan manajemen jaringan komputer mirip merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil sampai yang kompleks sekalipun.
    Fungsi Mikrotik
    1) Pengaturan koneksi internet sanggup dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
    2) Konfigurasi LAN sanggup dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
    3) Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
    4) Pembuatan PPPoE Server.
    5) Billing Hotspot.
    6) Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya.
  2. DNS Forward
    Forward ialah cara mengubah nama firewall ke IP address di dalam DNS sedangkan reverse ialah kebalikan dari forward yaitu cara mengubah IP address ke nama domain di dalam DNS.
  3. PROXY
    Pengertian proxy ialah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap undangan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau acara komputer yang mempunyai tugas sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.

Berikut di bawah ini ialah beberapa fungsi proxy:

  1. Fungsi conecting sharing
    Salah satu fungsi proxy ialah sebagai connecting sharing yaitu sebagai penghubung atau mediator pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.
  2. Fungsi filtering
    Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang sanggup memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak sanggup diakses dengan menggunakan proxy tersebut. Itulah salah satu fungsi dari proxy sebagai filtering. Baca juga: Pengertian firewall dan fungsinya terlengkap.
  3. Fungsi caching
    Dan fungsi proxy yang lainnya yaitu sebagai fungsi caching, disini maksudnya proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun undangan jalan masuk user. Misalnya undangan untuk mengakses suatu web sanggup lebih cepat kalau telah ada undangan jalan masuk ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.
  4. srcnat :
    Memiliki fungsi untuk mengubah source address dari sebuah paket data. Sebagai teladan masalah fungsi dari chain ini banyak dipakai saat kita melaksanakan jalan masuk website dari jaringan LAN. Secara hukum untuk IP Address local tidak diperbolehkan untuk masuk ke jaringan WAN, maka dibutuhkan konfigurasi ‘srcnat’ ini. Sehingga IP Address lokal akan disembunyikan dan diganti dengan IP Address public yang terpasang pada router.
  5. dstnat :
    Memiliki fungsi untuk mengubah destination address pada sebuah paket data. Biasa dipakai untuk menciptakan host dalam jaringan lokal sanggup diakses dari luar jaringan (internet) dengan cara NAT akan mengganti alamat IP tujuan paket dengan alamat IP lokal. Makara kesimpulan fungsi dari chain ini ialah untuk mengubah/mengganti IP Address tujuan pada sebuah paket data.
  6. Pengertian redirect ialah untuk menciptakan firewall semoga sanggup mengarah ke dalam website/URL tertentu. Cara ini semoga kita sanggup menciptakan halaman dengan URL yang panjang dan sanggup diakses oleh halaman URL yang mempunyai URL lebih pendek dan gampang diingat contonya firewall.
    contoh lain :
    firewall Redirect – disebut juga URL Redirect, meneruskan (forward) dari satu alamat firewall ke alamat firewall lain.
    Contoh: pengunjung mengetik di browser dengan alamat firewall.com. firewall Redirect meneruskan ke firewalllain.com dengan tampilan di alamat browser web nanti firewallain.com.

Pengertian redirect ialah untuk menciptakan firewall semoga sanggup mengarah ke dalam website/URL tertentu.

Cara ini semoga kita sanggup menciptakan halaman dengan URL yang panjang dan sanggup diakses oleh halaman URL yang mempunyai URL lebih pendek dan gampang diingat firewall.

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya