Pengertian Inkaso : Manfaat, Contoh, Fungsi, Jenis Dan Mekanisme

2 min read

Mekanisme, Jenis Jenis, Fungsi, Contoh, Manfaat Dan Pengertian Inkaso Menurut Para Ahli Lengkap

Mekanisme, Jenis Jenis, Fungsi, Contoh, Manfaat Dan Pengertian Inkaso Menurut Para Ahli

INKASO ialah acara jasa Bank untuk melaksanakan amanat dari pihak ke tiga berupa penagihan sejumlah uang kepada seseorang atau tubuh tertentu di kota lain yang telah ditunjuk oleh si pemberi amanat.

Sebagai imbalan jasa atas jasa tersebut biasanya bank menerapkan sejumlah tarif atau fee tertentu kapada nasabah atau calon nasabahnya. Tarif tersebut dalam dunia perbankan disebut dengan biaya inkaso. Sebagai imbalan bank meminta imbalan atau pembayarn atas penagihan tersebut disebut dengan biaya inkaso.

Definisi Inkaso Menurut Para Ahli
Inkaso merupakan acara jasa Bank untuk melaksanakan amanat dari pihak ke tiga berupa penagihan sejumlah uang kepada seseorang atau tubuh tertentu di kota lain yang telah ditunjuk oleh si pemberi amanat.

Dukun Pelet Bergaransi
Mekanisme, Jenis Jenis, Fungsi, Contoh, Manfaat Dan Pengertian Inkaso Menurut Para Ahli
Inkaso

WARKAT INKASO a. Warkat inkaso tanpa lampiran
Yaitu warkat – warkat inkaso yang tidak dilampirkan dengan dokumen – dokumen apapun mirip cek, bilyet giro, wesel dan surat berharga b. Warkat inkaso dengan lampiran
Yaitu warkat – warkat inkaso yang dilampirkan dengan dokumen – dokumen lainnya mirip kwitansi, faktur, polis asuransi dan dokumen – dokumen penting.

JENIS INKASO

a. Inkaso Keluar
Merupakan acara untuk menagih suatu warkat yang telah diterbitkan oleh nasabah bank lain. Di sini bank mendapatkan amanat dari nasabahnya sendiri untuk menagih warkat tersebut kepada seseorang nasabah bank lain di kota lain.

b. Inkaso masuk
Merupakan acara yang masuk atas warkat yang telah diterbitkan oleh nasabah sendiri. Dalam acara inkaso masuk, bank hanya menilik kecukupan dari nasabahnya yang telah menerbitkan warkat kepada pihak ke tiga.

Definisi Transfer Transfer ialah suatu acara jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk laba seseorang yang ditunjuk sebagai akseptor transfer. Baik transfer uang keluar atau masuk akan menimbulkan adanya kekerabatan antar cabang yang bersifat timbal balik, artinya kalau satu cabang mendebet cabang lain mengkredit.

TRANSFER KELUAR
Salah satu jenis pengiriman uang yang mampu menyederhanakan kemudian lintas pembayaran ialah dengan pengiriman uang keluar. Media untuk melaksanakan transfer ini ialah secara tertulis ataupun melalui kawat.

Pembatalan Transfer keluar :Bila terjadi peniadaan transfer, haruslah diperhatikan bahwa peniadaan tersebut hanya mampu dilakukan kalau transfer keluar belum dibayarkan kepada si akseptor uang dan untuk itu bank pemberi amanat harus memberi perintah berupa “stop payment” kepada cabang pembayaran. Pembayaran peniadaan ini gres mampu dilakukan oleh bank pemberi amanat kepada nasabah pemberi amanat hanya apabila telah diterima isu konfirmasi dari bank pembayar bahwa memang transfer dimaksud belum dibayarkan.

TRANSFER MASUK
Transfer masuk, dimana bank mendapatkan amanat dari salah satu cabang untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang beneficiary. Dalam hal ini bank pembayar akan membukukan hasil transfer kepada rekening nasabah beneficiary kalau ia mempunyai rekening di bank pembayar. Transfer masuk tidak dikenakan lagi komisi sebab si nasabah pemberi amanat telah dibebankan sejumlah komisi pada ketika menunjukkan amanat transfer.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melalukan inkaso :
Inkaso keluar (warkat bank lain) : Rp 7.500
Inkaso masuk (warkat BTN) : Rp 5.000

Jasa Pelet Terpercaya

Inkaso Luar Negeri (Collection).
Merupakan jasa pelayanan Bank BTN untuk menagihkan pembayaran atas suatu warkat/dokumen berharga kepada pihak ketiga yang berada di luar negeri memakai jasa bank koresponden.

Bentuk Collection
Outward Collection (inkaso keluar)
Pengiriman warkat-warkat valuta aneh dari Kantor Cabang Bank BTN kepada Bank

Koresponden di luar negeri, untuk ditagihkan kepada bank penerbit.
Inward Collection (inkaso masuk)
Penerimaan warkat-warkat valuta aneh dari Bank Koresponden Bank BTN di luar negeri, untuk ditagihkan pembayarannya kepada tertarik di dalam negeri. Umumnya berupa warkat-warkat tanpa dokumen.

TRAVELLERS CHEQUE
Travellers cheque yaitu cek wisata atau cek perjalanan yang dipakai untuk bepergian. Traveler’s cek pertama kali diterbitkan pada tanggal 1 Januari 1772 oleh London Credit Exchange Company untuk dipakai dalam sembilan puluh kota-kota Eropa, dan pada tahun 1874 Thomas Cook telah mengeluarkan ‘circular notes’ (surat edaran) yang beroperasi pada caraTravellers chaque tersebut.

Dukun Pelet Terbaik

Travellers cheque yaitu cek wisata atau cek perjalanan yang dipakai untuk bepergian.
Keuntungan Travellers cheque :

  1. Memberikan fasilitas berbelanja
  2. Mengurangi resiko kehilangan uang
  3. Memberikan rasa percaya diri

MANFAAT INKASO :

a. Membantu lebih efektif dan efisien dalam penyelesaian tagihan antar kota.
b. Lebih bonafid dan nasabah mempunyai reputasi yang lebih jelas.

Mekanisme pelaksanaannya, inkaso dibedakan menjadi:

a. Inkaso melalui bank lain yaitu inkaso yang dilaksanakan terhadap pihak
ketiga yang merupakan nasabah dari Bank lain.
b. Inkaso melalui cabang sendiri yaitu Inkaso yang dilakukan melalui cabang
Bank sendiri untuk pihak ketiga di luar kota pada kantor cabang Bank
sendiri.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melalukan inkaso :

  • Inkaso keluar (warkat bank lain) : Rp 7.500
  • Inkaso masuk (warkat BTN) : Rp 5.000

Inkaso Luar Negeri (Collection).
Merupakan jasa pelayanan Bank BTN untuk menagihkan pembayaran atas suatu warkat/dokumen berharga kepada pihak ketiga yang berada di luar negeri memakai jasa bank koresponden.

Bentuk Collection

  • Outward Collection (inkaso keluar)
  • Pengiriman warkat-warkat valuta aneh dari Kantor Cabang Bank BTN kepada Bank

Koresponden di luar negeri, untuk ditagihkan kepada bank penerbit.

  • Inward Collection (inkaso masuk)
  • Penerimaan warkat-warkat valuta aneh dari Bank Koresponden Bank BTN di luar negeri, untuk ditagihkan pembayarannya kepada tertarik di dalam negeri. Umumnya berupa warkat-warkat tanpa dokumen.

Baca Juga: Sosial

Biaya:

  • Outward collection (inkaso keluar) : 0,125% x nominal transfer (min USD 10, max USD 150)
  • Inward collection (inkaso masuk) : 0,125% x nominal transfer (min USD 10, max USD 150) + USD 35
  • Pembatalan : USD
Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya