Pengertian Mikroskop : Jenis, Sejarah, Macam Dan Fungsinya

Fungsi, Macam Macam, Sejarah, Jenis Dan Pengertian Mikroskop Menurut Para Ahli

Fungsi, Macam Macam, Sejarah, Jenis Dan Pengertian Mikroskop Menurut Para Ahli

Pengertian Mikroskop Sebab pancaindera manusia mempunyai kesanggupan yang terbatas, banyak persoalan mengenai organism yang mau dituntaskan hanya dapat diperiksa dengan mengaplikasikan alat-alat. Adapun alat yang diterapkan yakni mikroskop (Latin: mickro = kecil, spocopium = pengelihatan) yang memungkinkan seseorang untuk dapat melihat objek (Latin: objectum = sesuatu yang diketengahkan) dan gerakan yang sangat halus sehingga tak dapat diamati oleh tenaga mata telanjang.

Jadi pengertian mikroskop yakni alat tolong yang diterapkan seseorang untuk melihat objek yang mempunyai gerakan yang sangat halus dan tak dapat diamati oleh mata telanjang.

Mikroskop Cahaya

Mikroskop sinar mengaplikasikan dua buah lensa, yakni lensa objektif dan lensa okuler. Mikroskop sinar dapat memperbesar objek sampai 1000 kali pun 2000 kali ukuran objek asli.

Pada biasanya mikroskop sinar mempunyai tiga lensa objektif. Tiga lensa hal yang demikian di bedakan untuk perbesaran lemah, sedang dan kuat. Perbesaran gambar dapat dihitung dengan cara mengalikan perbesaran lensa objektif dengan perbesaran lensa okuler.

Sebagai figur, perbesaran lensa objektif 10 kali dan lensa okuler 10 kali karenanya perbesaran totalnya 100 kali.

Berikut, Fungsi, Macam Macam, Sejarah, Jenis Dan Pengertian Mikroskop Menurut Para Ahli

Mikroskop Elektron

Mikroskop elektron yakni sebuah mikroskop yang mampu untuk menjalankan pembesaran objek sampai 2 juta kali, yang mengaplikasikan elektro statik dan elektro magnetik untuk membatasi pencahayaan dan tampilan gambar serta mempunyai kesanggupan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih baik daripada mikroskop sinar. Mikroskop elektron ini mengaplikasikan jauh lebih banyak tenaga dan radiasi elektromagnetik yang lebih pendek dibandingi mikroskop sinar.

Pada tahun 1920 ditemukan suatu fenomena di mana elektron yang dipercepat dalam suatu kolom [elektromagnet], dalam suasana hampa udara (vakum) berkarakter seperti sinar, dengan panjang gelombang yang 100.000 kali lebih kecil dari sinar. Berikutnya ditemukan juga bahwa medan listrik dan medan magnet dapat berperan sebagai lensa dan cermin seperti pada lensa gelas dalam mikroskop sinar.

Macam Macam mikroskop elektron :

Mikroskop transmisi elektron (TEM)

Mikroskop pemindai transmisi elektron (STEM)

Mikroskop pemindai elektron (SEM)

Mikroskop pemindai lingkungan elektron (ESEM)

Mikroskop refleksi elektron (REM) Sekiranya membutuhkan perbesaran yang lebih besar dari pada yang kita dapat kita dapatkan dengan sebuah lensa pembesar sederhan karenanya instrument yang biasanya kita gunakan yakni mikroskop(microscope).

Kadang-kadang dinamakan mikroskop gabungan (compound mikroskop) untuk menelaah cara ini, kita mengaplikasikan prinsip bahwa sebuah bayang-bayang yang dibentuk oleh satu elemen optic seperti sebuah lensa atau cermin dapat berperan sebagai benda untuk elemen optic yang kedua.Kita mengaplikasikan prinsip ini saat menurunkan persamaan lensa tipis dengan aplikasi persamaan reflaksi permukaan tunggal secara berulang-ulang.

Lensa mata berbuat sebagai sebuah lensa pembesar sederhana.secara kahas mikroskop optis dapat menguraikan rincian sekecil 200 nm.kira-kira setengah dari panjang gelombang sinar menonjol yang paling kecil. ( Young dan Freedman,2003: 576) Mikroskop majemuk diterapkan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil pada jarak dekat.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, mikroskop majemuk ini terdiri ats dua lensa cembung.lensa yang terdekat ke benda,disebut obyektif,membentuk bayang-bayang sejati dari bendanya.Bayangan ini diperbesar dan terbalik.Lensa yang terdekat dengan mata disebut lensa okuler,diterapkan sebagai kaca pembesar sederhana untuk melihat bayang-bayang yang dibentuk oleh obyektifnya.

Lensa mata ditempatkan sedemikian rupa sehingga bayang-bayang yang dibentuk oleh obyektif jatuh dititik focus pertama lensa mata. Dengan demikian sinar keluar dari lensa mata sebagai berkas sejajar seolah-olah berkas sinar ini dating dari tempat tak terhingga di depan lensa.

Fungsi kaca pembesar sederhana(lensa mata) yakni untuk memungkinkan benda (bayang-bayang yang dibentuk oleh obyektif dalam hal ini dapat dibawa lebih dekat kemata sampai lebih dekat dari spot dekatnya).sebab kaca pembesar menghasilkan bayang-bayang maya yang tegak,bayang-bayang akhir yang dijadikan oleh kedua lensa akan terbalik.( Tipler,2001 : 523 ) Mikroskop yakni suatu alat untuk reproduksi bayang-bayang yang besar dari benda yang sangat kecil dengan mengaplikasikan kombinasi sebagian lensa.

Dalam mikroskop lazim,yakni mikroskop yang mempunyai dua lensa,karenanya kedua lensanya yakni lensa konvergen.dalam praktek selain dalam instrument yang sangat murahan ,kedua lensanya yakni lensa obyektif dan lensa okulernya diganti dengan cara lensa gabungan.

Dalam mikroskop ini sinar diberi nasehat terhadap benda oleh cermin atau lensa kondensor.Energi pembesaran lensa gabungan yakni hasil kali dari pada pembesaran lensa linieryang dijadikan oleh lensa objektif dan lensa okuler. Mikroskop simple yakni suatu kaca pembesar yang sangat sederhana. Cara pemakiannya yakni dengan menempatkan benda yang akan diamati diantara lensa dan spot focus sehingga diperoleh bayang-bayang tegak yang diperbesar dan maya. ( Drs.H.Abu Agmadi,2006 : 189-190 ) Mikroskop sinar atau dikenal dengan nama Combound Lightini Croscope.

Combound Lightini Croscope Yaitu mikroskop yang mengaplikasikan sinar lampu sebagai pengganti sinar sang surya sebagaimana yang diterapkan yakni mikroskop konfensional. Pada mikroskop konfensional sumber sinar masih berasal dari sumber sang surya yang dipantul dengan suatu cermin datar maupun cekung yang terdapat dibawah kondensor.

cermin ini akan memberi tuntunan sinar dari luar kedalam kondensor. Penerapan mikroskop telah dimulai 300 tahun yang lalu oleh Robet Hook untuk melihat irisan gabus,kemudian sekitar tahun 1830,mikroskop mengalami penyempurnaan sampai mampu untuk melihat benda-benda berukuran sebagian micron. Prasyarat supaya suatu benda (sel atau jaringan) daapat diamati baik format maupun strukturnya, karenanya benda hal yang demikian sepatutnya tembus sinar .oleh sebab itu suatu organ sepatutnya dijadikan irisan yang setipis mungkin. ( Leli biologi.thomas nelson,1970 : 9 )

Macam Macam Mikroskop

Mikroskop terdiri atas sebagian jenis berdasarkan afidhamr (2008) yakni sebagai berikut:

1. Mikroskop sinar Memiliki perbesaran optimal 1000 kali berfungsi untuk menjalankan dengan bantuan sinar.

2. Mikroskop stereo Yaitu jenis mikroskop yang hanya dapat diterapkan untuk benda yang berukuran relative besar.

3. Mikroskop elektron Mikroskop yang mampu menjalankan perbesaran objek sampai dua juta kali.

4. Mikroskop ultraviolet Yaitu suatu jenis dari mikroskop sinar lazim.

5. Mikroskop pender Mikroskop yang dapat mendeteksi adanya benda asing atau antigen dalam saringan.

6. Mikroskop medan – gelap Mikroskop yang diterapkan untuk melihat kuman hidup terutama kuman yang begitu tipis yang hamper mendekati batas tenaga mikroskop majemuk.

7. Mikroskop fase kontras Mikroskop yang diterapkan untuk melihat benda hidup dalam keadaan alamiah.

Bagian-komponen Mikroskop dan Fungsinya

1. Lensa objektif : untuk memperbesar bayang-bayang dari lensa obyektif.

2. Lensa revolver : untuk memasang lensa obyektif.

3. Lensa okuler : untuk memperbesar bayang-bayang dari lensa obyektif.

4. Tubulus okuler : mengaitkan lensa okuler, revolver dan lensa obyektif.

5. Diafragma : membatasi banyak sedikitnya sinar yang masuk.

6. Kondensor : mengonsentrasikan sinar pada preparat yang diamati.

7. Dasar atau kaki : sebagai penopang.

8. Tiang penopang : mengaitkan dasar dengan pegangan mikroskop.

9. Lensa mikroskop : sebagai tempat untuk membatasi mikroskop.

10. Meja benda : sebagai tempat untuk meletakkan preparat yang akan diamati dengan mikroskop.

11. Pencapit : sebagai penjepit kaca yang berisi preparat supaya tak bergeser-geser.

12. Mikrometer : menggerakkan lensa naik turun secara kencang.

13. Micrometer : menggerakkan lensa naik turun secara perlahan-lahan. Mikroskop yakni alat yang paling banyak di gunakan dan paling bermanpaat dalam mikro biologi, dengan alat hal yang demikian akan diperoleh pembesaran sehingga memungkinkan untuk melihat mikroorganisme dan struktur yang tak menonjol oleh mata telanjang.

Baca Juga: Pengertian Biologi : Cabang Ilmu, Manfaat, Contoh Dan Konsepnya

Mikroskop memungkinan pembesaran dalam kisaran 100 X ratusan ribu kali . katagori mikroskop yakni mikroskop sinar (optis) dan mikroskop elektron. Kedua golongan berbeda dalam hal prinsip yang mendasari pembesaran. Mikroskop sinar semuanya mengaplikasikan mikroskop medan gelap, mikroskop fluaresens dan mikroskop perbedaan fase (fase kontras).

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali