Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP) Jenis Dan Contohnya

5 min read

Standar Operasional Prosedur (SOP)

Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP) Jenis Dan Contoh. Satpam Dan Security

Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu cara yang dibentuk untuk mempermudah, merapikan, dan menertibkan profesi tersebut. SOP hadir dalam format dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilaksanakan secara kronologis untuk membantu menyelesaikan profesi untuk mendapatkan hasil kerja efektif dari pekerja dengan tarif serendah-rendahnya.

Satpam yang yaitu singkatan dari Satuan Pengamanan, yaitu satuan kategori petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melaksanakan keamanan lahiriah (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Dukun Pelet Bergaransi

Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa polisi tak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian. Oleh sebab itu, lembaga satuan pengamanan secara sah dibentuk pada 30 Desember 1980 melalui surat keputusan kepala kepolisian negara.

Keperuntukan keamanan pada biasanya yaitu untuk mengamankan asset, wilayah atau wilayah, suatu intansi atau perusahahan serta dapat memberikan rasa nyaman bagi intansi tersebut, dalam beraktifitas dan melaksanakan kesibukan pantas fungsinya masing-masing. Salah satu instansi yang betul-betul memerlukan jasa satpam yaitu bank.

Bank yaitu tempat dimana orang menyimpan uang, mengambil uang serta menyimpan benda berharga lainnya, sehingga kerawanan akan tindakan kejahatan seperti pencurian dan perampokan cukup tinggi. Kalau anda membaca atau mengamati info, maka momen kejahatan yang terjadi di bank dan wilayah sekitar bank yaitu hal yang paling tak jarang terjadi. Tugas dan tanggung jawab seorang satpam bank pada biasanya tak jauh berbeda dengan satpam yang bekerja di tempat yang lain. Akan melainkan sebenarnya tugas dan tanggung jawab satpam bank cukup besar dan mengandung resiko yang cukup tinggi.

PENGERTIAN SATPAM
Satpam /security yaitu suatu kategori petugas yang dibentuk oleh instansi/badan usaha untuk melaksanakan pengamanan lahiriah dalam rangka menyelenggarakan keamanan dilingkungan /wilayah kerjanya. Pengaman lahiriah yaitu segala usaha dan kesibukan mencegah/menyelesaikan timbulnya ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban dilingkungan instansi berkaitan secara lahiriah melalui kesibukan pengontrolan , penjagaan dan perondaan serta kesibukan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan . Pengerjaan pengamanan dilaksanakan oleh satpamyang dikoordinir langsung oleh chief security yang dibantu oleh komandan regu dalam melaksanakan tugas pengamanan selama 24 jam dengan daya personil yang dibentuk dalam cara jaga sift.

Tiap-tiap perusahaan bagaimanapun format dan apapun jenisnya memeruhkan tutorial untuk melaksanakan tugas dan fungsi tiap unsur atau unit perusahaan. Nah, jika Anda ingin mengetahui SOP lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian SOP Menurut Para Ahli

Sailendra (2015:11)
Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu tutorial yang dipakai untuk menentukan kesibukan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

Moekijat (2008)
Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu urutan langkah-langkah (atau progres-progres profesi), di mana profesi tersebut dilaksanakan, bagaimana menjalankannya, bilamana menjalankannya, di mana menjalankannya, dan siapa yang menjalankannya.

Tjipto Atmoko (2011)
Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu suatu tanda atau rujukan untuk melaksanakan tugas profesi pantas dengan fungsi dan alat pengevaluasian performa instansi pemerintah ataupun non-pemerintah, usaha ataupun non-usaha, menurut indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural pantas tata kerja, prosedur kerja dan cara kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Insani (2010:1)
SOP yaitu dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai pelbagai progres penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melaksanakan profesi, waktu progres, tempat penyelenggaraan, dan artis pria yang berperan dalam kesibukan.

Jasa Pelet Terpercaya

Manfaat SOP

Menurut penjelasan menteri pendayagunaan aparatur negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008), manfaat SOP secara lazim bagi organisasi yaitu:

Sebagai standarisasi cara yang dilaksanakan pegawai dalam menyelesaikan profesi khusus, mengurangi kekeliruan dan kelalaian.

SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam progres progres sehari-hari.

Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.

Dukun Pelet Terbaik

Menghasilkan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk kencang melaksanakan tugasnya.

Menghasilkan ukuran standar performa yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk membenarkan performa serta membantu mengukur usaha yang sudah dilaksanakan.

Menyediakan tanda bagi tiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.

Menonjolkan performa bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan bagus.

Menghindari tumpang tindih progres tugas pemberian pelayanan.

Membantu penyelidikan kepada kekeliruan-kekeliruan prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin progres pelayanan konsisten berjalan dalam pelbagai keadaan.

Cara Membuat SOP

Dalam PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 disebutkan bahwa pembuatan SOP semestinya memenuhi prinsip-prinsip antara lain yaitu kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektivitas, keterukuran, keselarasan, berorientasi kepada pengguna, dinamis, kepatuhan kepada hukum, dan kepastian hukum. Ada cara-cara yang dapat dipakai untuk membikin SOP tanpa terlepas dari rekomendasi PERMENPAN. Membuat sajakah?

Membuat Susunan Mengerjakan
Mintalah pada segala manajer atau kepala komponen dalam perusahaan Anda agar berdialog dengan bawahannya untuk menentukan hal-hal apa yang semestinya dibahas dalam SOP.

Merencanakan Alur Sesudah
Dengan cara menentukan format, menyetujui format dan membikin template, menentukan alur progres, menentukan bagaimana SOP tersebut akan diakses.

Lakukan Wawancara
Kalau wawancara kepada karyawan untuk mengetahui apa saja kesibukan harian mereka dalam profesi dan bagaimana mereka bekerja.

Tulis, Bahas & Sosialisasikan
Sesudah melaksanakan wawancara dan memeriksa dokumen tata laksana kerja, maka perusahaan mulai dapat menulis SOP, membahas kembali dengan pihak-pihak berkaitan dan mengamati apakah masih ada kesenjangan hukum antara pihak pegawai dan perusahaan. Figur sudah ada kesepakatan maka sudah dapat mulai disosialisasikan.

Adakan Pelatihan
Sesudah disepakati dan disosialisasikan, maka perlu diadakan pelatihan agar SOP dapat berjalan dengan bagus dan benar pantas apa yang diinginkan.

Evaluasi
Setidaknya dalam rentang waktu setahun sekali, pihak perusahaan semestinya mengadakan evaluasi kepada relevansi berjalannya SOP. Apakah ada hal yang semestinya ditambah atau dihilangkan.

Hingga SOP
SOP PT. Semesta Selain
Tujuan
Menyediakan layanan jasa pembuatan website.
Menyediakan layanan berupa optimasi website secara profesional dan tepercaya.
Menyediakan layanan pembuatan aplikasi berbasis website.
Memberikan solusi yang bagus dan kreatif untuk startup atau bisnis yang sudah berkembang.
Menyediakan layanan pembuatan faktur dan pencatatan tarif.
Memberikan solusi yang efisien dan cerdas untuk pengelolaan keuangan usaha.
Prosedur Mengerjakan
Karyawan masuk dari Hari Senin Khusus Jumat.
Pukul 9:00 segala karyawan sudah semestinya sampai di kantor.
Pukul 12.00-13.00 segala karyawan diperbolehkan untuk istirahat, dan pada Hari Jumat, karyawan diperbolehkan istirahat sampai pukul 13.30.
Pukul 18.00, karyawan diperbolehkan pulang, dan bagi yang pekerjaannya belum selesai diperbolehkan untuk lembur.
Lembur di atas pukul 19.00 akan dibayar pantas hukum perusahaan.
Selalu untuk perusahaan secara lazim, kita juga mengetahui SOP untuk akuntansi. SOP akuntansi ini dapat menjadi standar atau rujukan dalam bidang akuntansi yang meliputi kesibukan pencatatan atau pembukuan seperti pembukuan transaksi keuangan, jurnal khusus, buku besar, neraca, sampai menjadi sebuah laporan akhir perusahaan.

TUGAS POKOK SATPAM
Menyelenggarakan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja Perusahaan Selalu pengamanan lahiriah (physical security).

Berikut ini yaitu tugas dan tanggung jawab satpam yang bekerja di bank :
Mengawasi segala wilayah Bank mulai dari radius lokasi bank sampai dengan pintu masuk dan ruangan dalam bank
Membuka pintu, menyambut dan memberi salam dengan ramah tiap nasabah yang akan masuk ke dalam bank
Memeriksa turunan nasabah jika mencurigakan atau sikap dan tindak-tanduk nasabah mencurigakan
Menanyakan kebutuhan nasabah dan memberikan nomor antrean kepada nasabah pantas dengan kebutuhan nasabah
Memberikan tanda dan arahan dengan bagus jika ada nasabah yang memerlukan pertanyaan dan info

SIKAP LAYANAN SATPAM
Memberikan perlindungan dan memberikan rasa aman kepada Nasabah selama dilingkungan Bank melalui layanan dengan sikap :

  1. SIGAP Menjaga posisi tubuh selalu Sigap dan Siap selama melaksanakan tugas.
  2. ANTUSIAS Selalu antusias merespon pertanyaan Nasabah.
  3. RAMAH Selalu berlaku ramah dengan memberikan senyuman kepada Nasabah.
  4. SOPAN Berprilaku sopan dan santun dalam berdialog kepada Nasabah.
  5. TANGGAP Selalu kencang TANGGAP dan paham tiap keprluan Nasabah.
  6. SIAP MEMBANTU / MENOLONG Selalu siap memberikan BANTUAN kepada Nasabah.

PRINSIP LAYANAN
Membantu akan memelihara keselamatan dan keamananan atas segala sesuatu yang dipercayakan masyarakat kepada kami.
Membantu menampilkan rasa hormat kepada Nasabah dan sesame karyawan.
Menerangkan semestinya berpengetahuan luas dan memahami kebutuhan Nasabah.
Akan selalu bekerja sama denganbaik , penuh motivasi dan saling menunjang demi kepuasan pelayanan Nasabah.
Integritas dan kejujuran akan terefleksi dar tiap tindakan Kami.
Sentuhan pribadi akan menjadi cirri khas di dalam memberikan pelayanan kepada Nasabah.
Fasilitas kami akan selalu bersih ,nyaman dan menawan bagi tiap Nasabah.
Akan sentiasa gampang dihubungi kapan saja dan dimana saja.
Akan selalu memiliki system yang handal ,memberikan pelayanan yang berkualitas dan ideal waktu.
Akan memiliki progres kerja yang kencang dan memberikan kemudahan bagi Nasabah dalam bertransaksi .
Kebijakan dan wewenang yang diberikan memungkinkan karyawan dapat menyelesaikan tiap situasi sulit Nasabah dengan bagus.

TUGAS SATPAM DI LUAR BANK:
· Membantu info transaksi di atm\\
· Mendatangi nasabah dan membantu bertransaksinya
· Mengarahkan mobil ke tempat parkir yang kosong
· Mengantarkan payung untuk nasabah jika cuaca sedang hujan
TUGAS SATPAM DI DALAM BANK:
· Membukakan pintu dikala nasabah datang
· Memberikan pertanyaan perihal tujuan nasabah
· Membantu perihal cara melaksanakan transaksi kemana tujuanya nasabah
· Mengarahkan nasabah ke tempat transaksinya..

TUGAS SATPAM KETIKA NASABAH MENGELUH
· Menanyakan apa yang menjadi situasi sulit nasabah
· Mengarahkan kemana nasabah dapat menyelesaikan masalahnya
· Memberikan nomor antrean kepada nasabah
· Membantu mengingatkan nasabah dikala mendapatkan panggilan antrean sebanyak 3x.

Baca Juga : Kata Konjungsi : Pengertian, Contoh, Fungsi, Jenis Lengkap

Dari uraian tersebut dapat kita ambil ringkasan bahwa sekarang ini, satpam tak cuma bertugas untuk menjaga keamanan saja. juga bertugas sebagai front office yang dapat memberikan info yang diperlukan nasabah.

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya