Cara Menggunakan Fitur Telegram Bot di HP Android

1 min read

Cara Menggunakan Fitur Telegram Bot di HP Android
(Last Updated On: 8 Maret 2021)

Jika membahas tentang aplikasi chatting yang populer dan banyak digunakan saat ini, tentu whatapps menjadi jawaban utama untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun ada salah satu aplikasi chat lain yang tak kalah populer dan bahkan sudah ada sebelum whatapps yaitu aplikasi telegram. Terlepas dari segala macam kontroversi yang pernah meliputi aplikasi ini, telegram memiliki fitur yang tak kalah menarik.

Cara Menggunakan Fitur Telegram Bot di HP Android

Salah satu fitur yang ada di aplikasi telegram adalah telegram bot. Telegram bot merupakan fitur yang digunakan untuk membalas pesan secara otomatis sehingga akan memudahkan pengguna aplikasi tersebut. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara menggunakan fitur telegram bot di hp android dengan langkah yang mudah.

Sekilas Tentang Telegram Bot

Telegram pertama kali di luncurkan pada tahun 2013 silam. Aplikasi ini yang berbasis kirim pesan ini memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan aplikasi chat lain. Data dari pengguna aplikasi telegram aman dari penyadapan karena aplikasi ini di lengkapi dengan proteksi keamanan yang mumpuni.

Telegram banyak menghadirkan fitur-fitur terbaik. Salah satu fitur yang ada di telegram adalah bot atau telegram bot. Bot merupakan bahasa dalam pemograman komputer yang melakukan pekerjaan secara otomatis. Secara mudahnya, fitur telegram bot ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan suatu pekerjaan, dalam hal ini adalah berkirim pesan secara otomatis.

Cara Menggunakan Fitur Telegram Bot di HP Android Dengan Mudah

Adapun untuk menggunakan fitur telegram bot itu sendiri bisa diaktifkan dengan mudah dan akan membuat pengguna lebih optimal melakukan pekerjaan berkirim pesan secara otomatis. Lalu, bagaimana cara membuat dan mengaktifkan fitur telegram bot? Simak step by step menggunakan telegram bot dari artikel berikut ini.

Cara Menggunakan Fitur Telegram Bot di HP Android

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke aplikasi telegram.

2. Pada halaman beranda dari aplikasi telegram tersebut kamu pilih dan klik ikon BotFather. Ikon BotFather ini berada di kotak pencarian dari aplikasi telegram tersebut.

3. Setelah kamu klik ikon BotFather, tunggu beberapa saat sampai proses tersebut berhasil di jalankan. Langkah selanjutnya kamu klik start dan proses tersebut berhasil di jalankan.

4. Akan ada beberapa menu yang muncul, kamu klik opsi newbot yang untuk membuat bot baru di aplikasi telegram.

5. Langkah berikutnya kamu beri nama pada bot tersebut sesuai dengan nama yang kamu inginkan dengan di belakang nama diberi tulisan bot. Semisal namabot atau bisa juga dengan tulisan nama_bot.

6. Jika nama bot tersebut sudah berhasil dibuat, akan muncul notifikasi berupa kode API. Kode tersebut nantinya akan digunakan untuk membuka telegram bot yang telah dibuat. Atau bisa di katakan API ini yang akan di integrasikan ke telegram bot sehingga telegram bot bisa digunakan secara otomatis.

7. Jika antara bot dengan API sudah di integrasikan, maka kamu tinggal tunggu beberapa saat sampai proses tersebut selesai dilakukan dan telegram bot bisa kamu gunakan untuk keperluan mu sendiri.

Baca Juga : Cara Menggunakan Shareit di HP Xiaomi ke iPhone

Fitur telegram bot ini di hadirkan oleh telegram agar memudahkan keperluan pengguna aplikasi telegram tersebut. Semisal seorang pebisnis, bisa menggunakan fitur ini untuk membalas pesan secara cepat dan otomatis kepada calon konsumen mereka. Dengan membalas pesan secara cepat, maka pelanggan tidak akan merasa diabaikan.

Nah itulah ulasan lengkap tentang bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur telegram bot di aplikasi telegram dengan mudah.