Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang baik Dan Benar

6 min read

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang baik Dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang baik Dan Benar merupakan salah satu artikel yang banyak orang cari saat ini, terutama untuk kalian yang ingin melamar suatu pekerjaan karena Daftar Riwayat Hidup atau CV merupakan salah satu persyaratan utama untuk melamar kerja.

Jadi sebelum kalian melamar kerja kalian akan membutuhkan panduan atau tips untuk membuat daftar riwayat hidup (cv) dengan baik dan benar agar ketika nanti dilihat oleh HRP perusahaan yang kalian lamar, pihak HRD bisa tertarik dengan kualifikasi yang kalian cantumkan dalam cv yang kalian buat karena menarik perhatian pihak HRD untuk melanjutkan ke sesi wawancara kerja.

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riyawat Hidup atau sering disebut dengan CV adalah sebuah dokumen berbentuk beberapa lembar kertas yang di dalamnya terdiri dari data pribadi kita, pengalaman kerja yang kita miliki sampai sekarang, dan juga prestasi yang kita miliki. Dokumen ini sangat penting untuk kita yang ingin melamar pekerjaan karena setiap perusahaan pastinya akan meminta kalian melampirkan daftar riwayat hidup atau cv bersamaan dengan surat lamaran kerja yang kalian kirimkan.

Sebelum kalian menulis daftar riwayat hidup ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk ditulis di dalamnya, seperti :

1. Data Diri Lengkap

Pertama yang perlu kalian cantumkan di dalam sebuah daftar riwayat hidup adalah tentang data diri yang lengkap, disini kita harus menuliskan data atau informasi diri kita selengkap-lengkapnya. Kareana pemilik peruhsaan atau pihak HRD akan menenali kita pertama adalah dari data diri yang kita tulisakan disini.

Untuk data yang wajib dicantumkan disini adalah nama lengkap, tanggal lahir, alamat sesuai KTP dan atau alamat tinggal domisili saat ini jika tidak sesuai ktp, usia saat ini, nomer telepon yang aktif dan bisa dihubungi baik melalui telepon, sms atau WA, alamat email yang valid dan usahakan alamat email yang digunakan tidak nama yang aneh atau alay.

2. Ringkasan Singkat

Setelah kalian mencantumkan data diri secara lengkap, kita juga bisa mencantumkan sebuah ringkasan atau deskripsi singkat tentang diri kita disini yang menarik perhatiaan pemilik perusahaan atau pihak HRD. Jadi intinya kita mempromosikan diri kita sendiri di bagian ini mengapa kita layak untuk mendapatkan posisi atau jabatan di perusahaan yang kita lamar.

Kita bisa menggambarkan tentang diri kita dibagian ini cukup dengan empat kalimat yang singkat, ringkas dan jelas serta menarik. Sehingga pihak HRD akan merasa tertarik untuk mengetahui kita lebih jauh apakah benar-benar layak bekerja di perusahaan atau tidak dengan melanjutkan ke sesi wawancara kerja.

3. Tulis Histori Pendidikan Yang Pernah Ditempuh

Data atau informasi lainnya yang wajib kita cantumkan saat menulis daftar riwayat hidup adalah tentang riwayat pendidikan yang kita tempuh selama ini dari yang tertinggi di perguruan tinggi, SMA atau sekolah menengah atas, SMP atau SLTA dan Pendidikan SD. Dan jangan lupa untuk menuliskan dengan lengkap tahun kelulusannya dan tahun masuk.

Kalian juga bisa mencantumkan pendidikan pelatihan yang pernah diikuti, terutama untuk pelatihan yang memiliki hubungan dengan posisi atau jabatan yang ingin kita lamar. Ini akan memberikan nilai plus untuk diri kita di mata HRD untuk lebih mempertimbangkan kita untuk bisa masuk di perusahaan.

4. Pengalaman Dalam Bidang Organisasi

Selain itu jika kalian pernah menjadi salah satu anggota atau pengurus sebuah organisasi, kalian juga bisa mencantumkan pengalaman di bidang organisasi untuk bahan pertimbangan pihak HRD. Terutama untuk fresh graduate atau kamu yang baru lulus sekolah atau kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja, pengalaman organisasi yang pernah diikuti bisa menjadi pentimbangan baik untuk pemilik perusahan dan HRD.

Saat menuliskan bagian ini, kita harus mencantumkan nama organisasi yang pernah diikuti, dan dalam organisasi tersebut menjabat sebagai apa, serta juga kegiatan apa saja yang telah kalian lakukan di organasi tersebut.

5. Keahlian Khusus

Selanjutnya adalah menambahkan keahlian khusus yang kita miliki seperti bisa mengoperasikan komputer atau bisa berbahasa asing dengan baik, keahliahan yang kita miliki ini akan menjadi nilai tambah untuk pertimbangan pihak HRD. Apalagi jika keahlian yang kita miliki sangat berhubungan dengan jabatan atau posisi yang kita lamar di perusahaan tersebut.

Untuk lebih meyakinkan dalam menyebutkan keahlian khusus, kita harus melampirkan juga bukti sertifikat dari keahlian atau kursus yang pernah ditempuh.

6. Prestasi

Pada bagian ini kalian bisa menuliskan prestasi yang pernah dimiliki baik pertasi non akademik atau prestasi akademik. Kalian harus menjelaskan detail tentang prestasi yang diraih tersebut dari tahun, waktu pendidikian di SMA atau Perguruan tinggi, dan prestasi apa yang diraih.

7. Referensi Perusahaan dan Pengalaman Kerja

Terakhir yang juga harus diperhatikan adalah referensi perusahaan dan pengalaman kerja, kalian yang sudah memiliki pengalaman kerja bisa mencantumkan riwayat pekerjaan yang pernah kalian miliki, dan kalian juga bisa menambahkan referensi dari perusahaan sebelumnya untuk menjadi bahan pertimbangan yang baik saat melamar kerja di perusahaan baru.

Kalian dibagian ini harus mencantumkan nama perusahaan, tahun bekerja dan jabatan atau posisi kalian di perusahaan tersebut.

Itulah beberapa hal yang wajib dituliskan di dalam daftar riwayat hidup atau cv ketika melamar kerja. Karena dengan mencantumkan beberapa informasi diatas, tentunya akan merubah pandangan HRD tentang kalian sehingga kalian mendapat nilai lebih dari kandidat pelamar lainnya da nada kemungkinan besar bisa lanjut ke tahap wawancara kerja.

Contoh Daftar Riwayat Hidup CV

Contoh Daftar Riwayat Hidup CV

Untuk menambah referensi kalian dalam membuat daftar riwayat hidup cv, disini kami telah memberikan beberapa contoh daftar riwayat hidup cv yang ringkas, dan jelas. Sehingga kalian dapat menuliskan cv dengan baik dan benar. Berikut ini adalah format penulisan daftar riwayat hidup CV :

Format Daftar Riyawat Hidup CV

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama: [ tuliskan nama lengkap ]

Tempat Tanggal Lahir: [tiliskan tempat dan tanggal lahir sesuai KTP ]

Alamat: [ tuliskan alamat lengkap sesuai KTP ]

Domisili : [ tuliskan domisili sekarang kalian tinggal / tidak perlu dituliskan jika tempat tinggal saat ini sama dengan KTP]

No Hp: [ tuliskan nomor telepon aktif yang dapat dihubungi melalui telpon, sms atau WA ]

Jenis Kelamin: [ tuliskan jenis kelamin ]

Agama: [ tulis agama yang dianut ]

Kewarganegaraan:[ tuliskan kewarganegaraan kalian saat ini ]

Status: [ tuliskan status kalian sesuai ktp atau data terbaru ]

Email: [ tuliskan alamat email aktif dan jangan cantumkan alamat email yang terlihat aneh ]

Hobi: [ tuliskan hobi kalian sukai ]

Kesehatan: [ tuliskan berdasarkan riwayat kesehatan yang kalian miliki ]

Pendidikan Terakhir: [ tuliskan pendidikan terakhir yang kalian tempuh ]

PENDIDIKAN FORMAL

[ Tuliskan tahun masuk sampai tahun lusus] SD

[Tuliskan tahun masuk sampai tahun lusus] SMP

[Tuliskan tahun masuk sampai tahun lusus] SMA

[Tuliskan tahun masuk sampai tahun lusus] Perguruan Tinggi

PELATIHAN DAN SEMINAR

[Tuliskan nama pelatihan atau seminar yang pernah diikuti, nama tempat dan tahun]

PENGALAMAN KERJA

[Tuliskan pengalaman kerja berdasarkan tempat bekerja, jabatan/posisi dan masa bekerja dalam hitungan tahun]

PRESTASI

[Tuliskan nama prestasi yang pernah di raih, waktu pertasi di raih di SMA, Perguruan tinggi, saat bekerja dan tahun prestasi di dapat]

Kalimat penutup daftar riwayat hidup atau CV

Tanda Tangan

[ tuliskan nama terang dengan lengkap ]

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Dalam penulisan daftar riwayat hidup atau cv kita saat ini sering menggunakan ketikan komputer, tapi daftar riwayat hidup tulis tangan masih merupakan salah satu point lebih yang harus kalian pertimbangkan ketika ingin membuat CV, karena dengan daftar riwayat hidup tulis tangan akan memberikan nilai tambah di mata pihak HRD perusahan yang kalian lamar loh. Tapi, penulisan cv tulis tangan tidak boleh kalian buat ketika persyaratan lamaran kerja yang dibuat mengharuskan ditulis menggunakan ketikan komputer dan di print.

Berikut ini ada beberapa tips membuat daftar riwayat hidup tulis tangan yang wajib kalian ikuti dengan baik dan benar.

Gunakan kertas yang baru untuk menulis daftar riwayat hidup, pastikan kartas yang digunakan bersih, tidak terlipat dan tidak robek.

Saat menulis daftar riwayat hidup pastikan kalian menulisnya sendiri, bukan dituliskan orang lain, saat menulis juga tidak boleh ada coretan atau penulisan yang salah. Yang terbaik adalah menulis dengan tinta berwarna hitam atau biru.

Tuliskan daftar riwayat hidup cv sesuai dengan format yang telah kami berikan di atas, kalian tuliskan dengan baik, benar dan rapi.

Jika persyaratan lamaran kerja mengharuskan melampirkan pas foto bisa kalian tempelkan pada kertas daftar riwayat hidup tulis tangan di bagian pojok kanan atas.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar

Berikut ini ada beberapa contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar, sebagai sumber atau bahan referensi ketika kalian membuat surat lamaran kerja.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja Yang Singkat dan Jelas

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama : Anggoro Sukarso

Jenis Kelamin : Laki – laki

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 6 Agustus 1992

Kewarganegaraan : Indonesia

Status Perkawinan : Belum Menikah

Agama : Islam

Kesehatan : Baik ( terlamipir surat keterangan sehat )

Alamat Lengkap : Jalan Angkasa Pura No 134, Jakarta Selatan.

Nomor Telepon : 0856 3656 3859

PENDIDIKAN FORMAL

1997 – 2000 : SD Negeri Dukuh 1 Jakarta Selatan

2000 – 2003 : SMP Negeri 33 Jakarta Selatan

2003 – 2006 : SMA Negeri 3 Jakarta Selatan

2006 – 2013 : Program S1 Sistem Informasi di Universitas Indonesia

PENGALAMAN KERJA

Bekerja di PT Maju Jaya Usaha di Jakarta Selatan Sebagai Supervisor Juli 2015 – Agustus 2016

Bekerja di PT Undur Undur di Jakarta Pusat Sebagai Assisten manager Oktober 2016 – Januari 2018

Bekerja di PT Sukses Besar Bos Sebagai Manager Maret 2018 – sekarang

PRESTASI

Juara 1 Pembuatan Aplikasi Mobile Antar Mahasiswa UI (2010)

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sesungguhnya dan berdasarkan data yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan jika susatu saat terbukti bahwa data yang saya tuliskan adalah salah atau mengada-ada.

Hormat saya,

Anggoro Sukarso

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Curicullum Vitae

BIODATA DIRI :

Nama : irham Abarudin

Tempat/Tanggal/Lahir : Surabaya, 12 Maret 1995

Alamat : Jalan Bunga Desa Indah No 3, Surabaya

No Handphone : 0862 5565 5457

Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Warga Negara : Indonesia

Status : Belum Menikah

Email : irhamabarudin@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL :

1997 – 2000 : SD Negeri Ambyar 1 Surabaya

2000 – 2003 : SMP Negeri 1 Surabaya

2003 – 2006 : SMA Negeri 5 Surabaya

2006 – 2013 : Program S1 Teknologi Informasi di Universitas Negeri Surabaya

PENGALAMAN ORGANISASI :

Ketua OSIS SMAN 5 Surabaya 2004 – 2005

Bendahara badan esekutif mahasiswa Universitas Negeri Surabaya 2007 – 2009

KEAHLIAN :

Dapat Berbahasa Inggris, Mandarin dan Arab

Ahli dalam mengoperasikan program office

Membuat Aplikasi Mobile Android

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sesungguhnya dan berdasarkan data yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan jika susatu saat terbukti bahwa data yang saya tuliskan adalah salah atau mengada-ada.

Hormat saya,

irham Abarudin

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja Di Bank

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama: Ana Adensa

Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 1 Februari 1993

Kewarganegaraan : Indonesia

HP :  0899 3565 6565

Jenis Kelamin :  Perempuan

Status  : Menikah

Agama    :  Islam

Kesehatan :  Sangat Baik

Alamat Lengkap : Jalan Angin Lalu Blok C No 22, Surabaya

Pendidikan Terakhir : S1 Akutansi, Universitas Airlangga Surabaya

RIWAYAT PENDIDIKAN

1997 – 2000 : SD N 1 Surabaya

2000 – 2003 : SMP Anak Bangsa Surabaya

2003 – 2006 : SMA Negeri 2 Surabaya

2006 – 2013 : Program S1 Akutansi, Universitas Airlangga Surabaya

PENGALAMAN KERJA

Bekerja di KSP Mandiri Surabaya sebagai Kasir September 2013 – Januari 2016

Bekerja di KSP Syariah Jaya Abadi Surabaya sebagai Costumer Service Februari 2016 – Januari 2018

Bekerja di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sebagai Teller Februari 2018 – Sekarang

PRESTASI

Juara Atlet Pencak Silat PON Jatim (2006)

Atlet Pencak Silat Provinsi Jawa Timur ( 2005 – 2006 )

Seleksi Atlet Pencak Silat ASIA GAMES ( 2010 )

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sesungguhnya dan berdasarkan data yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan jika susatu saat terbukti bahwa data yang saya tuliskan adalah salah atau mengada-ada.

Hormat saya,

Ana Adensa

Contoh Daftar Riwayat Hidup Melamar Kerja di Rumah Sakit

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama: Gita Asyifila

Tempat Tanggal Lahir: Purwokerto, 28 Juli 1992

Alamat: Desa Banjaran, RT 02 RW 03, Purwokerto

No Hp: 0852 3656 3653

Jenis Kelamin: Wanita

Agama: Islam

Kewarganegaraan: Indonesia

Status: Belum Menikah

Email: GitaAsyifila@gmail.com

Hobi: Berkebun

Kesehatan: Baik

Pendidikan Terakhir: Program Studi S1 Keperawatan di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

PENDIDIKAN FORMAL

1999 – 2005 : SD Negeri 1 Purwokerto Utara

2005 – 2008 : SMP Negeri 3 Purwokerto

2008 – 2011 : SMA Negeri 1 Purwokerto

2011 – 2016 : Program Studi S1 Keperawatan di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

PELATIHAN DAN SEMINAR

Pelatihan Persatuan Perawat Indonesia di RS Margono Purwokerto

Pelatihan Kesehatan Masyarakat di RS Media Sehat Semarang

PENGALAMAN KERJA

Perawat di Klinik Sehat Bahagia Purwokerto

Perawat di Klinik Adipura Semarang

Perawat di RS Ibu dan Anak Di Purwokerto

PRESTASI

Olimpiade Sains Tingkat SMA Juara 1 Tahun 2009

Karya Ilmiah Remaja Antar Mahasiswa di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Tahun 2013

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sesungguhnya dan berdasarkan data yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan jika susatu saat terbukti bahwa data yang saya tuliskan adalah salah atau mengada-ada.

Tanda Tangan

Gita Asyifila, S.Kep

Baca Juga: Contoh Cerpen Pengalaman,Motivasi, Persahabatan Dan Pendidikan

Seperti itulah agar kamu memahami cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar, jangan asal membuat ya..