Contoh Pantun Jenaka, Nasehat, Lucu, Cinta, Teka teki, Gombal, Agama

Kumpulan Contoh Pantun Jenaka, Nasehat, Lucu, Cinta, Teka teki, Gombal Anak, Anak Dan Agama Terlengkap

Contoh Pantun – Pantun bisa dijadikan sebagai hiburan, bisa dijadikan sebagai nasehat dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai pantun. Beberapa hal yang akan kami bahas antara lain adalah sejarah pantun, pengertian pantun secara umum, pengertian pantun dari para ahli, dan Kumpulan Contoh Pantun Jenaka, Nasehat, Lucu, Cinta, Teka teki, Gombal Anak, Anak Dan Agama Terlengkap.

Pantun merupakan salah satu bentuk sastra yang terkenal di antara tradisi verbal masyarakat Melayu termasuk di Indonesia. Di mana kabar pantun itu memanglah tidak mengecewakan banyak di cari oleh beberapa kelompok anak dewasa yang memanglah pengen mengibur diri mereka sendiri atauapun juga mengibur terhadap orang lain yang di cintai, digemari atau lebih-lebih malahan dibenci.

Buat anda beberapa anak muda serta orang tua yang tengah mencari sekitar informasi terupdate yang bakal kami bagikan terhadap anda ialah yang anda mencari pantun.

Pengertian, Jenis-jenis, Ciri Ciri dan Sejarah Pantun

Pengertian, Jenis-jenis, Ciri Ciri dan Contoh Pantun

Sastra memiliki banyak sub kategori yang teramat banyak jumlahnya. Salah satu yang masuk dalam kategori sastra adalah pantun. Pantun merupakan jenis sastra lama yang memiliki baris maksimal sampai dengan empat dan termasuk jenis sastra yang ringan dibaca.

Dimana pantun tersebut memiliki beragam peranan dan fungsi sesuai dengan jenisnya, Untuk lebih jelasnya, simak ulasan pembahasan Pengertian Pantun, Struktur, Ciri Ciri dan sejarah yang ada di bawah ini.

Pengertian Pantun

Ada banyak narasi yang menjabarkan dengan detail apa arti dari pantun. Kami akan memberikan beberapa pengertian pantun menurut beberapa sumber. Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari beberapa pengertian pantun.

Pantun adalah salah satu bentuk puisi usang yang sudah dikenal dalam bahasa nusantara semenjak dulu kala. Pada awalnya pantun di gunakan sebagai media memberikan pesan – pesan / pesan tersirat kepada orang lain.

Pengertian pantun Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Pantun adalah bentuk puisi Indonesia atau Melayu, setiap pantun terdiri atas empat baris, bersajak Ab-Ab, baris pertama dan kedua disebut sampiran, baris tiga dan empat disebut isi. Pantun disebut juga sebagai sebuah peribahasa sindiran. Pantun juga mampu disebut bahasa sindiran berdasarkan KBBI.

Pantun Menurut Herman J Waluyo
Menurut seorang ahli bernama Herman J Waluyo, kata beliau pantun adalah produk puisi melayu asli yang sudah mendarah daging dalam kebudayaan masyarakat kita.

Struktur Pantun

Struktur pantun berbentuk puisi Indonesia (Melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b). Tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk rujukan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

Struktur Pantun Menurut Alisyahbana
Menurut Alisyahbana, pantun adalah sebuah puisi lama yang telah di kenal luas oleh orang-orang di zaman dahulu. Struktur Pantun berisi empat baris dengan pembagian baris pertama dan kedua sebagai sampiran dan ketiga serta empat sebagai isi. Setiap baris terdiri atas 8 sampai dengan 12 suku kata dan bersajak Ab-Ab.

Pantun terbagi menjadi beberapa macam, contohnya pantun nasihat, pantun jenaka, pantun percintaan dan lain – lain. Inilah yang menciptakan pantun tetap eksis hingga sekarang, sudah sepatutnya kita sebagai anak bangsa, untuk melestarikan budaya kita ini. Oleh sebab itu disini admin fappin.com akan kepada anda semua Kumpulan Contoh Pantun.

Sejarah Pantun

Kita kembali ke beberapa dekade silam. Pantun sudah di kenal luas oleh masyarakat dunia awalnya hanya sebagai senandungan atau puisi yang dibunyikan. Awal-awal pantun hanya sekedar diucapkan atau sastra lisan. Melalui perkembangan zaman, pantun mulai di tuliskan atau dibukukan.

Dalam sejarah sastra Melayu, pantun pertama kali dibukukan pada hikayat-hikayat populer semisal syair Ken Tambuhan dan lain sebagainya. Catatan lain dari sejarah adalah seorang sastrawan yang bernama Haji Ibrahim Datuk Kaya Muda Riau, beliau hidup di masa raja Ali Haji. Konon, Haji Ibrahim Datuk Kaya Muda Riau ini pertama kali mencatat dan membukukan pantun dalam sebuah analogi pantun yang berjudul Perhimpunan Pantun-Pantun Melayu.

Istilah pantun sendiri berasal dari bahasa Minangkabau. Secara kata, pantun berarti Petuntun. Dan pantun memiliki nama-nama lain yang disebut oleh beberapa daerah di negeri khatulistiwa ini. Semisal di Jawa, pantun di kenal dengan nama parikan. Dalam bahasa sunda pantun disebut sebagai paparikan. Dalam bahasa Batak, pantun di kenal luas dengan istilah Umpasa atau dibaca Uppasa.

Namun seiring perkembangan waktu, pantun sering di gunakan sebagai media hiburan atau budaya orisinil daerah.

Dan berikut ini ialah Kumpulan Contoh Pantun Terbaik dan Terlengkap ;

Contoh Pantun Nasehat

Contoh Pantun Nasehat

Pantun nasehat intinya bertujuan untuk memberikan nilai-nilai moral. Berisi imbauan untuk masyarakat, pantun nasehat sering kali ditemukan ditengah-tengah masyarakat. Pantun nasehat yang berisi tawaran dan mendidik juga sering dipakai di dunia pendidikan. Beberapa teladan pantun nasehat yakni sebagai berikut:

Buah nangka manis rasanya
Biji buahnya bisa dimakan juga
Barang siapa ingin kenal tuhannya
Hendaklah kenal dulu dirinya

Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal Sembilan
Tuntut ilmu bersungguh-sungguh
Suatu jangan ketinggalan

Buah cempedak bentuknya bujur
Sangat disukai oleh semua
Jika kita bersikap jujur
Hidup kita dipandang mulia

Kemuning di tengah balai
Bertumbuh terus semakin tinggi
Berunding dengan orang tak pandai
Bagaikan alu pencungkil duri

Perang ditetak ke batang sena
Belah buluh taruhlah temu
Barang dikerja takkan sempurna
Bila tak pernah menaruh ilmu

sungguh elok emas permata
lagi elok intan baiduri
sungguh elok budi bahasa
jika dihias akhlaq terpuji

Contoh Pantun Lucu

Contoh Pantun Lucu

Pantun lucu juga mempunyai tema. dengan adanya tema pantun lucu akan lebih sempurna target dan lebih gampang dipahami pengertiannya pantun lucu lebih kepada pantun untuk beberapa tema yang disampaikan dengan pantun gaya bahasa lucu dan kocak. dibawah ini ada beberapa pola pantun untuk beberapa tema.

Malam-malam minum jahe
Hangatkan tubuh sambil main gaple
Tega nian kau tinggalkan ane
Padahal sudah ku ternak lele

“Hujan Turun Rintik-rintik
duduk kalem di teras rumah
kalau ingin punya cewek cantik
syaratnya kendaraan beroda empat dan rumah mewah”

“Makan bubur di atas meja
minumnya jus di atas rak
hari libur tetap bekerja
dapat bonus ambilnya di irak”

Air melurut ke tepian mandi
Kembang berseri bunga senduduk
Elok diturut resmi padi
Semakin berisi semakin tunduk

“Hari ahad sudahlah siang
setelah siang menuju petang
ditungu-tunggu tak juga datang
sekali tiba menagih utang”

“Burung perkutut burung kutilang
kamu kentut gak bilang-bilang”

“Bunga Mawar Tangkai Berduri
laris manis pedang cendol
aku tersenyum aib sekali
ingat dulu suka mengompol”

Contoh Pantun Cinta

Contoh Pantun Cinta

Pantun cinta yaitu pantun yang berisi ihwal percinta antara satu orang dengan yang lainnya. Pantun ini memiliki makna yang bersifat sayang untuk percintaan dalam bahasa yang terukir indah. Pantun cinta mampu membujuk kearah saling mencintai, saling mencintai alasannya yaitu tertarik, atau bersilaturahmi dalam ikatan suci tertentu.

Begadang jangan begadang
Kalau bukan untuk ronda malam
Untuk apa kamu terlalu sayang
Kalau dia masa depannya suram

Kue cucur dari sang Dewa
Kue lumpia dari bang Tohir
Jujur saya kecewa
Bila semua harus berakhir

Naik Onta lihat Pemandangan
Makan Bubur ditambah Cuka
Biarlah Cinta dan Kenangan
Kan Terkubur bersama Luka

“Kalau ada sumur di ladang
boleh kita menumpang mandi
kalau ada rumah makan padang
bolehlah kita ditraktir lagi”

“Pohon ara dibentuk gubuk
pasang pasak semoga tegak
resiko asamara dunia facebook
cinta ditolak blokir bertindak”

“Buah kedondong buah masnggis
biar muka kaya geranding yang penting artis

jalan-jalan ke balikpapan
jangan lupa membeli tas
aku rela mati kecelakaan
asalkan punya cewe duabelas

Ada boboho
ketemu betmen
biar maho
yang penting keren

kalau beringin patah didahan
potong saja semoga tak kotor,
kalau acuh taacuh tiada tertahan,
nongkrong saja diatas kompor

Buah kedondong Buah atep
Dulu bencong kini tetep
Pantun Percintaan

Di pinggir kolam makan bubur.
Jangan lupa pakai keripik.
Dari semalem aye ga mampu tidur.
Selalu teringat wajah mu yang cantik.

jln-jln kepasar baru.
jangan lupa beli kain biru.
kalau kau cinta padaku.
katakanlah I love u.

kalau kau punya keris.
bunuh lah ikan hiu.
kalau kau berakal bahsa inggris.
apah artinya I LOVE u.

Makan duren
di siang Bolong
Loe memang keren
tapi syang lo pembohong

Contoh Pantun Teka Teki

Contoh Pantun Teka Teki

Pantun jenis ini berisi perihal kalimat teka teki dan menghibur pembacannya. Tidak jauh berbeda dengan pantun jenaka, pantun teka teki juga memiliki unsur keunikan yang mampu menghibur para pembaca melalui sajak-sajaknya.

Berikut ini yaitu acuan pantun lucu yang sangat bagus. Mulai dari acuan pantun teka teki gombal, acuan pantun teka teki romantis, acuan pantun teka teki buat pacar, acuan pantun teka teki bikin ngakak, dan acuan pantun teka teki singkat.

Sebelum naik ke atas kasur
jangan lupa baca bismillah
sudah tidur nya “mendengkur”
ngompol pula di celana.wwwwkkkkk

Tiang listrik di tepi jalan’
Di belakang ada selokan..
Justru tau hatinya kayak setan,
Maka tak ragu kau jadikan simpanan

boleh seberang ketengah pulau
kapal bercadik terbawa angin
hati bimbang ditanah rantau
mendengar adik hendak dikawin

ikan teri sedang dipindang
ikan tengiri dikasi garam semoga awet
Aku pengen punya istri yang penyayang
Juga istri yang tidak cerewet

Jangan takut
Jangan kawatir
Itu kentut
Bukan petir

Mengambil air di dalam perigi
Tali timbanya panjang sehasta
Jikalau kucing tak bergigi
Alamat tikus berpesta pora

Ada buah manggis
Ada juga buah anggur
Awalnya romantis
Pas tekdung malah kabur

Contoh Pantun Gombal

Contoh Pantun Gombal

Jika para pujangga atau sang penggombal biasannya menciptakan puisi dikala jatuh cinta atau untuk orang terkasih dengan makna yang dalam. Pantun juga mampu memperlihatkan keindahan kata yang terungkap dari hati yang terdalam melalui irama bait-baitnya yang senada. Dibandingkanpuisi yang berirama bebas, pantun gombal ini lebih bersifat mengatur dari sajak-sajaknya.

Berikut ini ialah Contoh Pantun Gombal yang bagus. Mulai dari Contoh Pantun Gombal cinta, Contoh Pantun Gombal buat pacar, Contoh Pantun Gombal romantis, Contoh Pantun Gombal sejati, Contoh Pantun Gombal lucu, dan Contoh Pantun Gombal untuk menembak pacar.

kalau kau mencari berita
jangan baca isu basi
Kalau kau mencari cinta
Jangan cari cinta yang imitasi

buka facebook
harus pakai kata sandi
kamu anyir ketek
karena gak mandi

jalan-jalan ke kota paris
banyak rumah berbaris-baris
biar mati diujung keris
asal mampu dinda yang manis…

ke cimanggis membeli kopiah
kopiah indah kan kau dapati
begitu banyak gadis yang singgah
hanya dinda yang memikat hati

jika saya seorang pemburu
anak rusa kan kudapati
jika dinda merasa cemburu
tanda cinta masih sejati

darimana datangnya lintah
dari sawah turun ke kali
darimana datangnya cinta
dari mata turun ke hati

Jalan-jalan ke Kota Arab
Jangan lupa membeli kitab
Cewek kini tidak mampu diharap
Bodi bohai betis berkurap

dijln ad tiang Listrik
Diwarung ad hajatan
Emang qmu CantIk
Tp sayang Hat’Mu Kyak setan

hati-hati menyeberang
jangan hingga titian patah
hati-hati di rantau orang
jangan hingga berbuat salah

Contoh Pantun Agama

Contoh Pantun Agama

Pantun jenis ini berisi perihal nasehat dalam beragama dan bekerjasama dengan Tuhan. Pantun ini bersifat religius dan menunjukkan nasehat sesuai iman agamannya masing-masing.

Berikut ini ialah acuan pantun agama yang bagus. Mulai dari acuan pantun agama islam, acuan pantun agama islam lucu, acuan pantun agama nasehat, dan acuan pantun agama terbaik.

bunga mawar bunga melati
jika dicium harum baunya
banyak cara sembuhkan hati
baca Al-Qur’an pahami maknanya

jalan-jalan ke Itali
singgah dulu di Kendari
hidup cuma satu kali
buatlah supaya lebih berarti

pinang muda dibelah dua
anak burung mati diranggah
mumpung masih bernyawa tuan dan nyonya
jangan jemu untuk selalu bersedekah
anak ayam turun lima
mati dua tinggal tiga
jika nyawa sudah tiada
hartapun takkan dibawa

tumbuh merata pohon tebu
pergi ke pasar membeli daging
banyak harta miskin ilmu
bagai rumah tidak berdinding

Apa tanda Pinang berbuah
Banyak burung menyeri mayangnya
Apalah tanda orang bertuah
Bijak menghitung hari didepannya

Contoh Pantun Anak Anak

Contoh Pantun Anak Anak

Pantun belum dewasa berisi dongeng saat masih anak-anak sehingga kita mampu mengingat kembali kenangan semenjak dahulu. Tidak hanya untuk mengingat saja, pantun ini juga dipakai sebagai pelajaran hidup.

Berbuah kayu ditengah padang
Daunnya rimbun tempat berteduh
Bertuah Melayu berkasih-sayang
Hidup rukun, sengketa menjauh

Apalah tanda batang Pandan
Daunnya panjang duri berduri
Apalah tanda orang budiman
Dadanya lapang, tahukan diri

Apalah tanda batang Nipah
Tumbuh di pantai, banyak pelepah
Apalah tanda orang bertuah
Elok perangai, hati pun rendah

Apalah tanda kerang berisi
Bila direbus kulitnya merekah
Apalah tanda orang berbudi
Bila bergaul suka merendah

Orang Bintan memetik nangka
Rasanya manis sedap dimakan
Orang beriman berbaik sangka
Mukanya manis, lakunya sopan

Pulau Bintan di Selat Melaka
Dekatlah dengan Pulau Penyengat
Kalau iktikad menempel didada
Berat dan ringan tidak mengumpat

Pulau Bintan di Selat Melaka
Tempat berkampung anak Melayu
Kalau iktikad menempel didada
Tak kan canggung kehilir- kehulu

Pulau Bintan di Selat Melaka
Tempat berhimpun bahtera nelayan
Kalau iktikad menempel didada
Sifat penyantun, laku pun sopan

Contoh Pantun Jenaka

Contoh Pantun Jenaka

Pantun Jenaka yaitu pantun yang dibentuk sebagai hiburan dan berisi hal-hal lucu dan menarik. Berikut yakni acuan pantun nasihat. Berikut ini yakni contoh pantun jenaka yang bagus ;

Minum alkohol bikin pusing
Minum kopi memberi inspirasi
Alangkah sialnya mencium bau pesing
Bekas air seni dari si joni

Jalan-jalan ke lembangan
jalana gugurudukan
pidato kapanjangan
perut saya kukurubukan

Dulu delman
Sekarang dokar
Dulu teman
Sekarang pacar

Buah mangga buah kedongdong
buah nanas buah apel
buah manggis buah duren
itulah nama” buah buahan.

Jalan jalan ke kota Sumedang
Ada kambung makan rumput
Anak Anak pada senang
Melihat bencong bergoyang dangdut

Masak air semoga mateng
Sambil nunggu basuh sepeda
Eh lo jangan sok ganteng
Muka lo kaya ketek kera

bunga melati bunga mawar
bunga mawar bunga melati
aduh pantun ini norak sekali

Mata genit beradu pandang
senyum adik menarik hati abang
ayolah dik kita melayang
menuju negri jauh di sebrang

Makan sate di dalam oplet
petik jagung sama singkong
maaf nih gue lagi di toilet
ngetik pantun sambil nongkrong

Orang pulang kampung bawa barang
pakai kain jatuh terguling
sudah bahagia dilirik orang
setelah sadar ternyata juling

pergi ke Bandung naik Taksi
naik taksi tak perlu bayar
sampai Bandung turun taksi
turun taksi gres bayar..kahkahkah

jalan jalan ke kota depok
nemuin uang segepok
ada apa dibalik tembok
ada nenek lagi cebok

Jalan-jalan ke pinggir empang
nemu sendok dipinggir empang
hati siapa tak bimbang
situ botak minta dikepang

baca juga: Pengertian Drama : Tradisional, Struktur, ciri, Etimologi Dan Jenis

Nah itulah ulasan lengkap tentang Kumpulan Contoh Pantun Jenaka, Nasehat, Lucu, Cinta, Teka teki, Gombal Anak, Anak Dan Agama Terlengkap yang bisa kami bagikan  dan juga bisa kalian jadikan referensi ataupun informasi saat ingin menuliskan pantun yang baik dan benar semoga bermanfaat untuk kita semua.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali