Contoh Teks Ulasan : Pengertian, Kaidah, Ciri, Tujuan, Dan Unsurnya

3 min read

Unsur Unsur Tujuan Ciri Ciri Kaidah Pengertian Contoh Teks Ulasan Menurut Para Ahli

Unsur Unsur Tujuan Ciri Ciri Kaidah Pengertian Contoh Teks Ulasan Menurut Para Ahli

Teks Ulasan yakni teks yang berisi ulasan atau pengukuran terhadap suatu karya (drama/film). Ulasan disebut juga dengan istilah resensi.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia kita mengenal pelbagai macam teks, salah satunya akan kami bahas disini, yakni Teks Ulasan. Pada posting ini akan kami jelaskan pengertian teks ulasan, struktur teks ulasan dan misalnya.

Pengertian Teks Ulasan
Seperti namanya, teks ulasan yakni teks yang berisi ulasan atau pengukuran pada suatu karya, misalnya drama atau film. Pada film/drama, teks ulasan berkontribusi untuk memajukan film. Jadi, teks ulasan ini sungguh-sungguh penting.

Dukun Pelet Bergaransi

Struktur Teks Ulasan

Teks Ulasan mempunyai 4 struktur, yakni Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Resume. Berikut penjelasannya.
Orientasi. Berisi pengenalan perihal ilustrasi umum mengenai sebuah karya (film dan drama) yang akan di ulas. Gambaran umum ini menyiapkan \\”latar belakang\\” bagi pembaca mengenai sebuah karya tersebut.
Tafsiran. Berisi ilustrasi mendetail mengenai sebuah karya (film dan drama) yang di ulas, misalnya bagian-bagian dari hasil karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan sebagainya.
Evaluasi. Berisi pandangan dari penulis mengenai hasil karya yang di ulas. Pada bagian ini penulis akan menceritakan bagian yang bernilai (kelebihan) atau bagian yang kurang bernilai (kekurangan) dari suatu karya (film dan drama).
Resume. Berisi resume dari ulasan terhadap suatu karya (film/drama). Bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai/berkualitas atau tak untuk ditonton atau disaksikan.

Ciri ciri ulasan

  1. Strukturnya terdiri atas Orientasi, tafsiran,evaluasi dan resume
  2. Memuat isu perihal pandangan penulis mengenai suatu karya/produk.
  3. Opininya menurut fakta yang di interpretasikan
  4. Mempunyai nama lain yakni resensi.

Tujuan membuat teks ulasan
1.untuk menetapkan /menunjukan kebehrpihakan penulis terhadap suatu hal.
2.untuk memberi isu terhadap khalayak perihal bagus buruknya suatu karya.

  1. Menolong pembaca mengenal ilustrasi dan kritik terhadap suatu karya.
    4.mengenal kelebihan dan kekurangan karya yang diulas
  2. Memberi isu yang komprehensif terhadap suatu karya
  3. Mengajak pembaca untuk memikirkan dan membicarakan situasi sulit yang timbul pada suatu karya.
  4. Memberi pertimbangan pada pembaca perihal poin kepantasan suatu karya
  5. Mempermudah pembaca mengidentifikasi kekerabatan suatu karya dengan karya lain yang serupa
  6. Memberi pertimbangan sebelum memilih dan membeli buku.

Manfaat menulis teks ulasan

  1. Menambah pengetahuan
  2. Meningkat kan pemahaman
  3. Memunculkan sifat apresiatif
  4. Memperkuat energi kritik

Struktur teks ulasan

A. Identitas buku, terdiri atas:
-Judul buku
-Pengarang buku
-Penerbit
-Tahun terbit
-Jumlah Halaman.
B. Orientasi, berisi penjelasan perihal keberadaan suatu buku
C. Sinopsis, yakni berupa resume yang mengambarkan pemahaman penulis terhadap isi buku
D. Analisa, yakni berupa paparan atau penjelasan perihal keberadaan elemen elemen cerita seperti tema, penokohan dan alur.
E. Evaluasi, yakni berupa paparan perihal kelebihan dan kekurangan terhadap isi buku

Kaidah kebahasaan teks ulasan
Seperti halnya teks lainnya, teks ulasan mempunyai kaidah kebahasaan yang khas. Kaidah kebahasaan itu diantaranya.

A. Banyak menerapkan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni dan yakni.

Jasa Pelet Terpercaya

B. Banyak yang menerapkan konjungsi temporal seperti semenjak, semenjak, kemudian dan hasilnya.

C. Banyak memggunakan konjungsi penyebab seperti sebab, dan sebab.

D. Memakai pernyataaan pernyataan yang berupa anjuran atau anjuran pada bagian akhir suatu teks. Konsisten ini, ditandai oleh kata jangan, mesti, hendaknya.

Terima beri buat yang udah mampir, Penjelasan diatas dapat buat kalian yang masih sekolah atau terpelajar.. Kabar stay di laman ini jan hingga sua

Dukun Pelet Terbaik

Postingan berhubungan:
Minuman OVALTINE√ [Komposisi, Gizi poin Metode] – ANZU WEB
CHROME√ [TERLENGKAP]
Macam Ekskresi – ANZU WEB
Memahami Teks Persuasi – ANZU WEB
Macam Macam Teks Ulasan – ANZU WEB
Memahami Teks ULASAN – Anzu WEB
— Saturday, March 10, 2018 — Add Comment — ANZU WEB, BAHASA INDONESIA, SMP, TEKS ULASAN
Belum ada respon untuk \\”Memahami Teks ULASAN – Anzu WEB\\”

← Newer PostOlder Post →Home
Powered by Blogger.
MAIN MENU
Home
About
Contact
404
MENU

Ulasan Teks Ulasan

Pengertian, Struktur dan Ulasan Teks Ulasan

99 Cahaya di Langit Eropa

Orientasi
“99 Cahaya di Langit Eropa” yakni film drama religi tahun 2013 dari Indonesia. Film ini yakni film ke-40 yang dirilis oleh Maxima Pictures. Film drama ini disadur dari novel berjudul “99 Cahaya di Langit Eropa” karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film ini yakni film Maxima Pictures yang termahal, dengan anggaran melebihi Rp 15 miliar. Film ini memperoleh pujian dari Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono saat pemutaran film perdana di Djakarta Theatre pada tanggal 29 November 2013.

Tafsiran
Film ini mengisahkan pengalaman seorang jurnalis asal Indonesia yang sedang mendampingi suaminya menjalani kuliah doktorat di Vienna, Austria. Film ini mengisahkan bagaimana mereka mengikuti keadaan, bersua dengan pelbagai teman hingga hasilnya menasihati mereka terhadap jejak-jejak agama Islam di Benua Eropa yang dibawa oleh Bangsa Turki di era Merzifonlu Kara Mustafa Pasha dari Kesultanan Utsmaniyah.

Film “99 Cahaya Di Langit Eropa” ini, membuat aku terkesan mengamati perjalanan sepasang tokoh yang senantiasa berjuang untuk memperoleh kesuksesan. kesuksesan yang dimaksudkan yakni kesuksesan meraih prestasi dalam pendidikan, pengetahuan, dan sejarah islam di Eropa. Konflik dari pada itu, yang membuat kesan mendalam dari film tersebut yakni kecerdasan sutradara mengemas film tersebut dengan bagus dan penuh teka-teki. Film ini di atur sedemikian rupa sehingga kekurangan- kekurangan yang ada menjadi tak terlihat dan membuat setiap orang yang menonton film ini terpukau.

Film ini lebih seperti mengamati ensiklopedi kemegahan Eropa dan sejarah Islam-nya, kurang mengajak penonton untuk ikut serta menikmati apa yang Hanum rasakan, sehingga cerita menjadi bias dan kosong. Tapi-perselisihan dalam cerita memang terlihat sengaja diangkat dan ditonjolkan, kemudian dibahas via sejumlah monolog Hanum, sehingga kurang memancing emosional penonton.

Pada sebagian adegan dalam film ini juga terlihat dipaksakan. Keadaan paling menggelikan, yakni adegan adzan di Menara Eifel. Adegan tersebut yakni sesuatu yang aneh dan tak perlu ditampilkan. Konsisten ini juga menjadi lebih aneh lagi dengan tata bunyi dan musik yang kurang pantas dengan keadaan sesungguhnya . Untungnya, kekurangan ini sukses tertutupi oleh mendetail suguhan visual artistik suasana Eropa yang sungguh-sungguh indah.

Di samping itu, hal yang mengganggu yakni dialog Hanum dengan Fatma dan Marion yang dikenalkan dalam Bahasa Indonesia bukan dengan Bahasa Jerman atau Bahasa Inggris. Penyajian dengan Bahasa Indonesia memang bertujuan supaya penonton umum lebih mudah memahami. Kecuali ini dapat menjadi bumerang sebab penonton akan menyangka Fatma dan Marion juga berkewarganegaraan Indonesia, sama seperti Hanum. Resume yang sama juga terjadi pada cara dialog Rangga dengan Stefan, Khan, ataupun Maarja.

Evaluasi
Film “99 Cahaya Dilangit Eropa” mempunyai pesan moral yang dapat dipetik oleh masyarakat, antara lain poin-poin ajaran agama secara khusus Islam, kekerabatan sosial dan tradisi , dimana islam menjadi yakni minoritas di Negara Eropa. Konflik itu secara tak lantas penonton dapat mengenal dan belajar banyak hal perihal semua isu dari negara-negara yang ada di Eropa, mulai dari pemerintahannya, wisatanya, daerah-daerah bersejarah islam dan kebudayaannya.

Baca Juga: Contoh Teks Tanggapan Kritis Narkoba, Sampah, Lingkungan Sekolah, Budaya

Resume
Film yang disadur dari Novel best seller tersebut sungguh-sungguh memotivasi dari semua sisi. dari sisi keyakinan, pendidikan, beri sayang, dan lain sebagainya. Film ini sungguh-sungguh pantas ditonton oleh semua kalangan. Disamping itu, untuk umat muslim kita dapat mengenal pelbagai macam sejarah islam di Benua Eropa dan hidup bertoleransi antar umat beragama.

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya