Doa Bangun Tidur Dan Sebelum Tidur Beserta Artinya

Kumpulan Bacaan Doa Bangun Tidur Dan Sebelum Tidur Arab, Latin Dan Artinya

Doa Bangun Tidur – Pasti kamu tahu apa yang dimaksud dengan tidur, namun kadang-kadang kita keder bagaimana metode membeberkan apa itu tidur terhadap orang lain. Kali ini, Kang Fappin akan membahas Doa Sebelum Tidur Dan Sesudah Tidur menurut para spesialis yang sudah dirangkum via dari pelbagai sumber.

Apa Itu Tidur?
Tidur adalah pelaksanaan istirahat bagi seluruh makhluk hidup dan bahkan ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Dikala kita tidur, energi tanggap pasti akan berkurang sebab beberapa organ ada yang beristirahat.

Faktanya, manusia hampir menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur dan beristirahat. Sebaiknya kita berdoa dulu, membaca doa dengan baik dan benar. Tentu saja hal ini masuk logika mengingat tiap-tiap harinya kita butuh waktu tidur beberapa jam untuk kembali memulihkan stamina tubuh.

Kita manusia sebagai makhluk Allah yang lemah seharusnya selalu berdo’a sebelum tidur dan sesudah tidur.

Tidur adalah pelaksanaan natural tubuh dan adalah salah satu sedap yang dikasih Allah pada manusia, di mana dalam tidur adalah istarahat terbaik bagi anggota tubuh kita. Sesudah tidur tubuh jadi segar dan siap memulai aktivitas kita.

Jikalau tubuh ada keadaan sulit, coba atasi dengan tidur sebab dalam tidur tubuh mengalami tune-up yang sistematis dan otomatis.

Kita seharusnya selalu mengingat Allah dalam tiap-tiap peluang, mulai dari tidur hingga tidur lagi. Dengan tidur, Allah menunjukkan kebesarannya dan manusia adalah makhluk yang lemah sebab mengantuk dan perlu tidur.

Di dunia ini tidak ada makhluk yang tidak perlu tidur, ini adalah kelemahan manusia, sebab tidak ada yang dapat disombongkan dalam diri ini sebab seharusnya perlu tidur. Dengan berdo’a sebelum tidur dan sesudah tidur berarti kita selaku hamba Allah selalu mengingat Allah selaku Rab kita.

Malam ini kita tidur, adakah pagi esok kita akan terjaga. Mungkin kita akan terus tidur(mati) dan akan terjaga(bangkit) dan dialam lain. RENUNG2KAN………

Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

Latin: bismikallahumma ahya wa amutu

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Latin: Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya : Semua puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali sesudah mematikan aku dan terhadap Allah akan bangkit

Keterangan :

Doa ini berdasarkan hadits nabi yang aku ambil dari Riadust Shalihin :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ : بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ

Artinya : Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Merupakan Rasulullah saw. jikalau akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan jikalau bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Semua puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali sesudah mematikan aku dan terhadap Allah akan bangkit). (Bukhari)

Diceritakan dalam hadits mengenai dikembalikannya ruh berarti kita masih diberi kans oleh Allah untuk merasakan kehidupan. Enak seperti ini mesti disyukuri. Segera menyukurinya dengan apa?

Badaruddin Al ‘Aini dalam ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al Bukhari menjelaskan, “Hendaklah seseorang yang telah bangun di pagi hari berusaha menyukuri sedap tersebut dengan menjalankan shalat Shubuh. Itulah format syukurnya pada Allah atas sedap hidup yang Allah kasih serta sedap dikembalikannya ruh padanya.”

Berarti tugas kita terus berterima kasih dengan rajin berdzikir dan beribadah.

Baca Juga: Amalan Doa Memikat Hati Pria Melalui Nama Secara Islam

Moga kita termasuk dalam kategori hamba Allah yang rajin berdzikir. Semoga pula kita bisa mudah mengamalkan doa yang disebutkan di atas. Oke cukup segitu yang Kang Fappin bisa bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua, mohon maaf bila ada salah, silahkan berkomentar

error: Selamat Membaca