Flowchart : Pengertian, Contoh, Tujuan, Simbol, Fungsi Dan Jenis

1 min read

Penjelasan, Fungsi, Tujuan, Simbol, Contoh Dan Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Penjelasan, Fungsi, Tujuan, Simbol, Contoh Dan Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Pengertian Flowchart / Bagan Alir
Pengertian Flowchart ( Bagan Alir ) ialah bagan (chart) yang menampilkan alir (flow) di dalam program atau prosedur cara secara akal. Bagan alir (flowchart) diaplikasikan terlebih untuk alat tolong komunikasi dan untuk dokumentasi.

Bagan alir (flowchart) ialah bagan (chart) yang menunjukan hasil (flow) didalam program atau prosedur cara secara akal. Bagan alir diaplikasikan terlebih untuk alat tolong komunikasi dan untuk dokumentasi

Flowcart ialah bagan-bagan yang mempunyai arus yang menandakan langkah-langkah penyelsaian suatu keadaan sulit. Flowcart ialah cara penyajian dari suatu algoritma

Dukun Pelet Bergaransi

Macam Macam Flowchart / Bagan Alir

Ada sebagian tipe – Macam flowchart diantaranya:

Bagan alir cara (systems flowchart).

Bagan alir dokumen (document flowchart).

Bagan alir skematik (schematic flowchart).

Bagan alir program (program flowchart).

Bagan alir proses (process flowchart).

a. System Flowchart

System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menampilkan arus profesi secara keseluruhan dari cara. Bagan ini membeberkan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam cara. Bagan alir cara menampilkan apa yang dikerjakan di cara.

Jasa Pelet Terpercaya

b. Document Flowchart

Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart ialah bagan alir yang menampilkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.

c. Schematic Flowchart

Bagan alir skematik (schematic flowchart) ialah bagan alir yang mirip dengan bagan alir cara, ialah untuk menandakan prosedur di dalam cara. Perbedaannya ialah, bagan alir skematik selain mengaplikasikan simbol-simbol bagan alir cara, juga mengaplikasikan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang diaplikasikan. Maksud penggunaan gambar-gambar ini ialah untuk memudahkan komunikasi terhadap orang yang kurang mengerti dengan simbol-simbol bagan alir. Penerapan gambar-gambar ini memudahkan untuk dipahami, tapi sulit dan lama menggambarnya.

Dukun Pelet Terbaik

d. Program Flowchart

Bagan alir program (program flowchart) ialah bagan yang membeberkan secara detail langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dihasilkan dari derivikasi bagan alir cara.

Bagan alir program dapat terdiri dari dua tipe, ialah bagan alir akal program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir akal program diaplikasikan untuk menandakan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara akal.

Baca Juga: Tujuan, Manfaat, Unsur, Komponen, Dan Konsep

Bagan alat- akal program ini dipersiapkan oleh analis cara. Penjelasan tadi menampilkan bagan alir akal program. Bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flow-chart) diaplikasikan untuk menandakan perintah-perintah program komputer secara terinci. Bagan alir ini dipersiapkan oleh pemrogram.

e. Process Flowchart

Bagan alir proses (process flowchart) ialah bagan alir yang banyak diaplikasikan di teknik industri. Bagan alir ini juga bermanfaat bagi analis cara untuk menandakan proses dalam suatu prosedur.

Dukun Pelet Ampuh
Dukun Pelet Terpercaya