Keindahan Pulau Derawan, Lokasi, Fasilitas dan Rute Menujunya

Pulau Derawan

Wisata Pulau Derawan, Kaltim – Sudah banyak yang tahu kalau Indonesia itu dihiasi dengan jejeran pulau eksotis dengan kekayaan alam yang luar biasa memikat untuk dinikmati. Salah satu bukti nyatanya, ada Pulau Derawan di Kalimantan Timur yang sudah banyak bikin para travelers takjub.

Bahkan banyak yang bilang kalau suasana dan keindahannya mirip Kepulauan Maldives di Sri Lanka. Jadi, wajar saja semakin banyak wisatawan dari berbagai daerah hingga luar negri yang menyengajakan diri liburan ke Pulau Derawan yang ciamik ini.

Pesona Keindahan Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan kawasan laut dan mangrove yang didirikan dengan tujuan untuk penelitian, wisata bahari, pengembangan sosial-ekonomi masyarakat setempat, juga pemberdayaan sumber daya laut yang melimpah dengan pengawasan ahlinya sehingga kelestariannya tetap terjaga.

Liburan di Pulau Derawan ada beberapa aktivitas seru yang tak boleh Anda lewatkan, terutama adalah diving dan snorkeling. Di pulau ini keindahan terumbu karang masih sangat alami, beragam jenis ikan cantik nan langka bisa dengan mudah Anda lihat karena airnya sangat jernih.

Saat menyelam di beberapa spot favorit di pulau Derawan, Anda berkesmpatan melihat langsung ikan pari hitam bermacam ukuran, kuda laut, gurita, ikan pipa, ikan scorpion, paus, lumba-lumba, ubur-ubur, hingga belut pita pun dapat Anda jumpai di tempat ini. Tak ketinggalan juga menengok penangkaran penyu sisik.

Puas bermain air, menyisir hamparan pasir putih pulau Derawan tentu menjadi aktivitas lainnya yang tak kalah mengasyikkan dan sangat sayang dilewatkan. Memabangun istana pasir, menulis nama seseorang di atas pasir, atau hanya sekedar berjemur menikmati pemandangan tentu akan menambah pengalaman wisata Anda yang mengesankan.

Tak hanya alam bawah laut, Derawan juga punya sunset yang memukau. Moment matahari terbenam di Pulau Derawan banyak dinanti-nanti para pengunjung. Tanpa ragu, lensa kamera mencari sudut “jepretan” siluetnya, ada juga yang menikmati sunset dengan hanya menikmati seduhan kopi sambil terkagum-kagum.

Fasilitas Pulau Derawan

Fasilitas yang tersedia di Pulau Derawan cukup lengkap, mulai dari penginapan apung, restoran, peralatan menyelam, speedboat dan masih banyak lagi.

Lokasi Pulau Derawan

Pulau Derawan berlokasi di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Klaimantan Timur, Indonesia. Keberadaannya menghadap ke arah mulut muara Sungai Kelai yang kerap dikenal masyarakat dengan sebutan Delta Barau.

Rute Pulau Derawan

Untuk mencapai lokasi, bisa ditempuh lewat jalur udara dan jalur darat dan dilanjutkan menaiki boat.  

Kalau Anda dari luar daerah dan menggunakan jalur udara, maka nantinya pesawat yang Anda tumpangi harus transit dulu di Balikpapan, soalnya belum ada penerbangan yang langsung menuju Bandara Kalimarau ,Tanjung Redep, Berau. 

Setibanya di Bandara Kalimaru, perjalanan dilanjutkan dengan naik mobil ke Tanjung Batu. Di bandara sudah tersedia mobil carter yang siap mengantarkan wisatawan, waktu tempuhnya sekitar 2 jam. Setibanya di Tanjung Batu, juga tersedia banyak boat carter menuju pulau derawan, lamanya perjalanan sekitar 30 – 45 menit.

Rute Alternatif Menuju Pulau Derawan

Rute Samarinda

Jika mengambil rute ini, maka wisatawan bisa menggunakan bus travel yang menuju ke arah Tanjung Redeb. Biasanya dikenakan biaya sekitar 300.000 hingga 400.000 rupiah. Lalu, sesampainya di Tanjung Redeb, Anda bisa menggunakan travel lain dengan tujuan Tanjung Batu dan selanjutnya bisa menyewa motorboat menuju pulau Derawan.

Rute Takaran

Perjalanan yang satu ini kerap dijadikan alternatif wisatawan, karena harga tiketnya dipandang lebih murah. Anda bisa melakukan perjalanan dari Balikpapan menuju Tarakan yang selanjutnya dapat menyewa speedboat menuju Pulau Derawan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Madura yang Keren Abis

Sekian dulu yah, itulah informasi tentang Keindahan Pulau Derawan, Lokasi, Fasilitas dan Rute Menujunya. Segara atur rencana liburan ke sini!

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali