Wisata Taman Nasional Wakatobi yang Cantik dan Mendunia

Taman Nasional Wakatobi

Wisata Wakatobi, Sultra – Bisa dibilang Taman Nasional Wakatobi adalah surga bawah lautnya Sulawesi Tenggara, keindahannya yang tak terbantahkan sudah banyak dibuktikan wisatawan yang datang.

Nama Wakatobi diambil dari akronim empat pulau yaitu Wangiwangi, Kalidaupa, Tomia, dan Binongko. Wisata Taman Nasional Wakatobi cukup masyhur, bahkan namanya cukup eksis di kancah dunia. Jika Anda bermaksud untuk berlibur di Wakatobi tentunya akan lebih baik untuk mencari informasi terkait tempat wisata tersebut agar segalanya lebih mudah dan menyenangkan.

Daya Tarik Taman Nasional Wakatobi

Berikut ini informasi mengenai destinasi wisata Taman Nasional Wakatobi yang kami rangkumkan untuk Anda. Check this out!

Taman Nasional Wakatobi ditetapkan pada tahun 1996 dengan luas areanya mencapai 1,39 juta hektar. Taman nasional ini merupakan salah satu konservasi laut di Indonesia yang memiliki keanekaragaman bawah laut dan karang dengan prioritas yang tinggi. Terdapat sekitar 750 dari total 850 spesies koral di dunia.

1. Menyelami Surga Bawah Laut Wakatobi yang Spektakuler

Untuk kalian yang hobi diving atau pun snorkeling, tempat ini cocok banget untuk dikunjungi. Tentu alam bawah lautnnya tak perlu lagi diragukan kekayaan dan keindahannya, semua terumbu karang dan biota laut yang ada di dunia 90% bisa ditemukan di Wakatobi, bahkan laut  ini adalah rumah besar bagi 942 spesies ikan.

Selain pemandangan bawah laut, menariknya lagi Wakatobi juga menawarkan kesempatan bagi para pengunjungnya untuk menyaksikan langsung lumba-lumba yang kerap muncul di permukaan laut.

2. Pantainya yang Eksotis

Ada banyak pantai cantik di Wakatobi yang bisa Anda nikmati, di antaranya Pantai Cemara, Pantai Pulau Anano, Pantai Pualu Hoga yang siap memanjakan liburan Anda. Pemandangan laut, hamparan pasir putih lembut dan suasana yang tenang tentu akan bagus untuk menjernihkan hati dan pikiran.

Hal menarik lainnya, bisa menyaksikan penyu hijau dan penyu sisik yang lucu di area pantai Pulau Anano, Anda juga dapat belajar menyelam di pantai Cemara.

3. Pandai Besi Pulau Binongko

Pulau yang masih dihiasi dengan nuansa tradisional terkesan unik dan sangat seru dikunjungi. Pulau Binongko terkenal dengan pandai besinya yang begitu mahir. Dengan keahlian yang dimiliki, mereka sudah banyak menghasilkan berbagai macam peralatan yang terbuat dari besi dengan kualitas terbaik.

4. Hutan Lindung Tindoi

Daya tarik lainnya di Destinasi Taman Wisata Wakatobi yakni adanya hutan Lindung Tindoi. Sebuah hutan yang terletak di atas ketinggian 800 meter dari permukaan laut dengan jarak tempuh sekitar 10 Kilometer dari kota Wanci. Hutan ini merupakan hutan lindung yang dikeramatkan oleh empat desa, yakni Desa Posalu, Desa Tindoi, Desa Waginopo, dan juga Desa Tindoi Timur.

5. Wisata Kuliner Tradisional Wakatobi

Berlibur ke suatu daerah rasanya belum lengkap kalau tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Terdapat hidangan kuliner tradisional Wakatobi yang nyaman sekali disantap. Kuliner yang patut Anda coba di sana, di antaranya kusami, parende dan laluta yang siap menggoyang lidah Anda.

Beragam Festival Tahunan Wakatobi

Berkunjung ke Wakatobi jangan lewatkan festivalnya yang beragam dan penuh dengan atraksi unik. Festival yang paling dinanti-nantikan para pengunjung adalah Wakatobi Wave Festival, Festival Sail Indonesia, dan Festival Barata Kaledupa. Acaranya sangat meriah, saat festival berlangsung wisatawan bisa menyaksikan langsung rangkaian upacara adat warga sekitar, ritual pra-perjodohan yang dihiasi dengan kesenian khas daerah tersebut, dan lainnya.

Fasilitas Wisata Taman Nasional Wakatobi 

Taman Nasional Wakatobi sudah menjadi objek wisata bertaraf internasional tentunya memiliki fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari penginapan, restoran, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Lokasi Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi berlokasi di lepas pantai Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mencapainya, Anda diharuskan melalui kepulauan Buton.

Rute Menuju Taman Nasional Wakatobi

Adapun mengenai rute yang harus ditempuh untuk mencapai Wakatobi yakni bisa menggunakan kapal laut atau pesawat. Jika Anda berasal dari Jakarta bisa saja mendarat dulu di Makassar yang kemudian dilanjutkan ke Wakatobi yang akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Baca Juga: Keindahan Pulau Derawan, Lokasi, Fasilitas dan Rute Menujunya

Itulah sedikit informasi tentang Wisata Taman Nasional Wakatobi yang Cantik dan Mendunia untuk menabah refrensi tujuan wisata Anda yang akan datang. Happy Travelling!

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali