Otak Kecil : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Otak kecil

Otak Kecil

Otak Kecil : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Otak kecil – Otak kecil atau cerebellum yang berlokasi di kepala makhluk hidup dan adalah komponen dari cara syaraf sentra dan lokasinya di atas batang otak. Fungsi yang paling utama dari otak kecil adalah untuk mengendalikan gerakan atau keseimbangan tubuh manusia.

Otak kecil (cerebellum) berlokasi di belakang kepala, di bawah otak besar (cerebrum). Coba pegang belakang kepala Anda. Otak kecil tepatnya berada di paling atas tengkuk leher.

Menariknya meskipun dijuluki sebagai otak kecil, cerebellum terbukti cukup besar saat direntangkan. Hampir keseluruhan volume cerebellum terdiri dari “rajutan” lapisan materi abu-abu yang benar-benar betul-betul tipis nan rapat, disebut folium.

Pengertian Otak Kecil

Otak Kecil Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Otak kecil

Pengertian otak menurut para ahli, Otak Kecil adalah komponen otak yang berlokasi pada bawah lobus occipital pada otak besar, tepatnya di komponen belakang kepala, serta terkait dengan leher komponen atas.

Otak kecil (cerebellum) erat hubungannya dengan bermacam-macam ragam fungsi gerakan manusia, seperti mengendalikan gerak koordinasi antar otot, mengendalikan gerakan manusia, mengendalikan keseimbangan tubuh, dan untuk mengendalikan sikap serta posisi tubuh.

Otak kecil hampir sama seperti otak besar, mengkerut pada komponen tengah. Untuk ukuran otak kecil hampir Segenggam tangan dengan berat kurang lebih sekitar 1/8 berat otak keseluruhan.

Tanpa adanya otak kecil, gerakan menjadi tak terkoordinasi, sehingga tak bisa memakai otot-ototnya guna melaksanakan bermacam-macam kegiatan.

Fungsi Otak Kecil

Fungsi otak kecil ialah untuk mengkoordinasikan aktivitas lokomotor tubuh, antara lain untuk mengaturan otot, posisi, dan keseimbangan tubuh. Rusaknya komponen serebelum ini bisa mengakibatkan seseorang kehilangan koordinasi dalam gerakan otot tubuh.

Otak kecil berlokasi di bawah komponen posterior dari otot besar. Permukaan otak kecil terdapat materi abu-abu yang disebut dengan korteks serebelar. Otak kecil dibagi menajadi tiga lobus adalah lobus sentral (vermis), dan dua lobus lateral atau lobus cerebellar.

Untuk lebih mudah dipahami, Berikut 3 Fungsi Otak Kecil :

  1. Sentra Koordinasi gerak
  2. Sentra pengatur keseimbangan dan sikap tubuh
  3. Sentra vital, adalah sebagai sentra koordinasi syaraf-syaraf otonom (yang mensarafi alat-alat dalam seperti paru-paru, ginjal, jantung, pencernaan, dan sebagainya).

Struktur Otak Kecil

Ada beberapa struktur otak kecil, seperti Cerebrocerebellum, Spinocerebellum Dan Vestibulocerebellum. Untuk penjelasan struktur otak kecil kamu bisa lihat dibawah ini :

Cerebrocerebellum
Cerebrocerebellum adalah komponen terbesar dari otak kecil. Fungsi utama dari komponen ini ialah untuk mengendalikan pergerakan motorik dan evaluasi kepada isu sensoris supaya bisa melaksanakan gerakan yang pas. Cerebrocerebellum mendapatkan input isu dari korteks serebral otak besar.

Spinocerebellum
spinocerebellum adalah komponen otak kecil yang berfungsi untuk mengendalikan pergerakan tubuh via cara propriosepsi, adalah sensasi yang diperoleh tubuh via rangsangan dan kegiatan otot tertentu. Propriosepsi ini dipantau oleh proprioreseptor yang terdapat di ujung syaraf, otot, tendon, dan sendi. Kabar yag diterima dari komponen ini bisa berasal dari sumsum tulang belakang, nervus trigeminal dan cara auditory (pendengaran).

Vestibulocerebellum
Vestibulocerebellum adalah komponen yang fungsinya ialah untuk mengendalikan keseimbangan tubuh dan gerakan bola mata. Untuk pembatasan keseimbangan tubuh, komponen ini mendapatkan input dari cara vestibular dari semicircular kanal di alat pendengar. Walaupun untuk pergerakan bola mata, komponen ini mendapatkan infprmasi dari korteks visual.

Bagian Bagian otak kecil

Mekanisme otak kecil (cerebellum) lebih kencang dari pada kota-kota lain, sebab dibentuk lebih dari 40 juta syaraf-syaraf. Motor kecil itu sendiri tertata atas dua hemisfer. Sama seperti otak besar yang membaginya menjadi dua komponen adalah kiri dan kanan.

Tak jauh beda seperti komponen cara syaraf lain. Otak kecil tertata atas 2 bagian, berikut 2 bagian otak kecil:

  1. Grey matter (materi abu-abu). Hal ini ialah bagian utama dalam cara syaraf sentra, yang mengandung komponen badan sel syaraf syaraf, sel glia dan pembuluh kapiler. Grey matter ini juga berfungsi untuk sentra pengaturan isu.
  2. With matter (materi putih). hal ini ialah bagian cara syaraf sentra yang terdiri dari Akson bermielin. Fungsi dari with matter untuk mengaitkan sentra Kabar yang didapatkan dari otak.

Kecuali dari itu, sama seperti kebanyakan komponen cara syaraf lain, pada komponen luar otak kecil disebut korteks dan komponen yang lebih dalam disebut dengan medula. Pada komponen korteks ada tiga lapisan, adalah sebagai berikut.

Lapisan molecular. Lapisan ini adalah lapisan terluar yang mengandung sel syaraf kecil, sel syaraf tidak bermielin, dan sel glia.

Lapisan purkinje, Lapisan ini yang dibentuk oleh banyak sel purkinje besar yang wujudnya seperti botol. dendrit dari sel ini wujudnya bercabang dan menjelang lapisan molekuler.

Lapisan granular, adalah lapisan terdalam yang tertata atas sel-sel kecil dengan 3 hingga 6 dendrit.

BACA JUGA : Reseller

Oke jadi seperti itulah penjabaran tentang Otak Kecil : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Otak kecil yang kami sajikan, semoga bermanfaat.

Recommended For You

About the Author: fappin

Lakukan sesuatu atau tidak sama sekali