Pengertian Web Server : Fungsi, Cara Kerja, Dan Contohnya

4 min read

Contoh, Cara Kerja, Fungsi Dan Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Contoh, Cara Kerja, Fungsi Dan Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Web server atau server web merupakan perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk mendapatkan usul (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP atau HTTPS dari client yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali atau merespon hasil usul tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berupa dokumen HTML atau PHP.

Dari pengertian diatas, sanggup disimpulkan bahwa web server merupakan pelayan (pemberi layanan) bagi web client (browser) mirip Chrome, Mozilla, Internet Explorer, Safari, Opera dan lain-lain, semoga browser sanggup menampilkan halaman atau data yang kau minta

Sebelumnya saya SUDAH posting Pengertian DNS SRVER dan Pengertian DHCP SERVER. Sekarang saya akan menjelaskan perihal PENGERTIAN WEB SERVER DAN JENIS APLIKASI WEB SERVER. Oke, cekidooott ..

  1. PENGERTIAN WEB SERVER
    WEB SERVER: ialah suatu server yang menunjukkan service (layanan) kepada klien yang meminta informasi berkaitan dengan web. Web server sendiri terdiri dari dua komponen. yang pertama ialah komputer itu sendiri dan software web server yang dipakainya. jadi sanggup diambil kesimpulan mesin(komputer) apapun bisa saja menjadi web server asalkan software web server tersedia di mesin(komputer) itu.
  2. CARA KERJA DARI WEB SERVER
    Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan campuran atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer sanggup berkomunikasi satu dengan yg lainnya. Pada ketika browser meminta data web page ke server maka isyarat usul data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini terperinci sangan gampang sekali dimana setiap kali anda mengetik http://… anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yg di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yg sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.
Contoh, Cara Kerja, Fungsi Dan Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Hal ini menunjukkan cita rasa dari suatu proses yang tridimensional, artinya pengguna internet sanggup membaca dari satu dokumen ke dokumen yang lain hanya dengan mengklik beberapa bab dari halaman-halaman dokumen (web) itu. Proses yang dimulai dari usul webclient (browser), diterima web server, diproses, dan dikembalikan hasil prosesnya oleh web server ke web client lagi dilakukan secara transparan. Setiap orang sanggup dengan gampang mengetahui apa yang terjadi pada tiap-tiap proses. Secara garis besarnya web server hanya memproses semua masukan yang diperolehnya dari web clientnya.

JENIS-JENIS APLIKASI WEB SERVER
a. NGINX
Nginx ialah salah satu dari sebagian perangkat lunak untuk server yang diciptakan untuk memanage dan mengola sebuah Website. Tidak mirip perangkat lunak server yang lainnya, Nginx tidak bergantung kepada thread untuk melayani klien. Sebaliknya, Nginx menggunakan arsitektur asynkronus yang lebih stabil. Arsitektur ini membutuhkan lebih sedikit memory, dan yang lebih penting, sanggup diperkirakan. Bahkan kalau Anda tidak mengharapkan server Anda untuk mengatasi ribuan koneksi pada ketika yang bersamaan, Anda masih sanggup diuntungkan dengan pemakaian memory yang sedikit namun berkemampuan tinggi. Nginx sanggup digunakan dalam semua skala, mulai dari VPS kecil hingga dengan cluster server dalam jumlah besar.

b. APACHE
Apache ialah server web yang sanggup dijalankan di banyak sistem operasi (Unix,BSD,Linux, Microsoft Windows dan Novell Netwareserta platform lainnya) yang berkhasiat untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani kemudahan web/www ini menggunakan HTTP. Apache mempunyai fitur-fitur canggih mirip pesan kesalahan yang sanggup dikonfigurasi, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

c. XAMPP
XAMPP ialah acara aplikasi pengembang yang berkhasiat untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL. Versi terbaru acara ini ialah XAMPP 1.7.7, yang dirilis pada tanggal 20 September 2011. Software XAMPP dibentuk dan dikembangkan oleh Apache Friends.

d. WAMP SERVER
Wamp Server merupakan sebuah aplikasi yang sanggup menimbulkan komputer maupun laptop anda menjadi sebuah server atau bisa dikatakan server offline. Kegunaan wamp server ini untuk menciptakan jaringan local sendiri dalam artian anda sanggup menciptakan website secara offline yang biasanya untuk joomla, wordpress, dll. Wamp server hanya bisa digunakan untuk sistem operasi windows saja, jadi untuk pemakai linux tidak bisa menggunakan aplikasi ini. Sebenarnya fungsi wamp server ini sama dengan Xampp.

e. AMPPS
AMPPS merupakan aplikasi webserver ciptaan Softaculous dan bisa digunakan baik sebagai Webserver localhost ataupun di Onlinekan, alasannya ialah AMPPS sudah mendukung banyak pengaplikasian, control panel yang sudah sanggup diakses melalui browser dan sudah terintegrasi dengan segala pengaturan mirip hosting panel dan juga sanggup eksklusif mengatur domain setting dan sebagainya.
Softaculous Auto installer juga sudah termasuk disini, meskipun untuk memanfaatkan Auto installer ini diharuskan mempunyai koneksi internet.

f. UWAMP
UWamp ialah sebuah paket kumpulan software yang terdiri dari apache, mysql, phpmyadmin, php, Perl, Freetype2,dll. UWamp berfungsi untuk memudahkan instalasi lingkungan php, di mana biasa nya lingkungan pengembangan web memerlukan php,apache,mysql dan phpmyadmin serta software-software yang terkait dengan pengembangan web. Dengan menggunakan UWamp, kita tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi tsb satu persatu

g. EASY PHP

EasyPHP: ialah software antarmuka WAMP (Windows Apache MySql PhpMyAdmin) yang sanggup menjalankan cms website berbasis sql di localhost windows (offline). Software ini membantu dalam pengtesan cms sebelum diupload ke webhosting.

Contoh Web Server

Beberapa pola web server yang paling banyak digunakan diantaranya adalah:

Apache
Apache Tomcat
Nginx
Lighttpd
Litespeed
Microsoft Internet Information Services (IIS)

Pengertian Web Browser

Setiap pengguna komputer yang terhubung ke jaringan internet niscaya pernah menggunakan web browser. Untuk bisa terhubung ataupun membuka halaman situs yang ada di jaringan internet, setiap orang membutuhkan acara web browser. Program web browser intinya telah disediakan ataupun diinstal di dalam setiap sistem operasi komputer.

Meskipun begitu, kebanyakan pengguna perangkat komputer biasanya selalu menginstal acara web browser lainnya yang lebih mereka sukai. Beberapa acara web browser terkenal yang paling banyak digunakan yaitu Google Crome, Mozilla Firefox, Safari Browser, Opera browser dan Internet Explorer.

Pengertian Web Browser Dilihat dari Arti Kata dan Fungsinya

Jika ditinjau dari frasa katanya, web browser terdiri atas dua kata berbahasa Inggris yaitu kata’web’ dan kata ‘browser’. Arti dari kedua kata ini yaitu : web merupakan abreviasi dari website yaitu halaman situs yang ada di jaringan internet, sedangkan browser sanggup diartikan sebagai media penjelajah. Dari kedua arti kata ini, maka sanggup ditarik kesimpulan bahwa web browser merupakan alat penjelajah halaman situs website.

Jika ditinjau dari fungsinya sendiri, pengertian web browser ialah sebuah acara yang berfungsi sebagai media untuk membuka aneka macam macam halaman situs yang ada di jaringan internet.

Beberapa Contoh Web Browser Populer

• Google Crome
Google Crome merupakan sebuah acara browser yang dibangun oleh perusahaan raksasa Google. Browser ini merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Tampilan yang minimalis, disertai dengan loading acara yang cepat menciptakan browser ini disukai oleh para pengguna jaringan internet.

• Mozilla Firefox
Sebelum Google Crome terkenal dan merajai dunia web browser, Mozilla Firefox merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna jaringan internet. Berbeda dengan Google Crome yang dimiliki dan dikuasai oleh satu perusahaan, Mozilla Firefox merupakan acara open source yang pengembangannya diserahkan oleh publik pecinta jaringan internet.

• Safari Browser
Safari Browser merupakan browser standar bawaan pabrikan Apple. Browser ini terbilang cukup sukses dan banyak juga digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia.

• Opera Browser

Browser terkenal yang selanjutnya ialah opera browser. Program web browser Opera dibentuk dan dimiliki sepenuhnya oleh perusahaan Opera Software. Browser ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1994 dan telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna dari seluruh belahan dunia.

Baca Juga: Dampak Negatif

Itulah pengertian web browser dan beberapa pola web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna layanan internet. Hingga ketika ini ada banyak sekali program-program web browser yang sanggup Anda gunakan sebagai alternatif untuk web browser di perangkat komputer ataupun gadget Anda.