Cerita Asal Usul Nyi Roro Kidul Menurut Agama Islam

Cerita Asal Usul Nyi Roro Kidul Pelabuhan Ratu Pantai Selatan Menurut Agama Islam

Nyai Roro Kidul atau awam kita sebut dengan Ratu Pantai Selatan, menjadi salah satu mitos yang banyak orang percaya terutama di Pulau Jawa. Ratu sang penguasa alam gaib dan segala jenis makhluk gaib di laut selatan ini senantiasa ditunjukkan memiliki paras menawan dan mengenakan pakaian berwarna hijau.

Bagi masyarakat yang tinggal di Jawa, Nyi Roro Kidul senantiasa diandalkan sebagai penguasa laut selatan. Wanita yang konon sangat sakti ini juga memiliki kekerabatan dengan para raja-raja Jawa era Mataram sampai kini. Lewat persekutuan ini, Jawa dilindungi oleh daya gaib yang tak menonjol melainkan sangat kuat dan bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki linuwih atau kelebihan.

Masih seputar Nyi Roro Kidul, sebagian orang memperdebatkan dari mana asalnya wanita yang sakti luar awam itu. Sebagian pandangan menceritakan bahwa dia merupakan seorang putri raja, seorang bidadari, jin, dan lain sebagainya. Seketika, mana yang paling benar? Tidak ada! Tiap-tiap pandangan atau perspektif memiliki kebenarannya sendiri. Berikut sebagian pandangan seputar asal usul Nyi Roro Kidul menurut islam.

Asal Usul Nyi Roro Kidul

Asal usul Nyi Roro Kidul / Nyaris segala masyarakat Pulau Jawa, & pun penduduk Indonesia terhadap rata rata yakin seandainya Laut Kidul (Pantai Selatan) dari dulu sampai waktu ini diatur oleh sesosok mahluk ghaib bergelar Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul. Kepercayaan atau mitos yg berkembang ini telah lama ada di kalangan penduduk kita. Sosok wanita yg jadi pemimpin dari kerajaan ghaib itu serta telah identik bersama mitologi penduduk Indonesia.

Tetapi bagi orang yg berpikir, aspek ini pasti bisa memicu timbulnya satu buah pertanyaan. Ya, satu buah pertanyaan berhubungan jenis mana sebetulnya asal usul nyi roro kidul ini sampai dirinya bisa jadi penguasa & ratu di jagat ghaib di Selatan Jawa? Apa yg menciptakan beliau demikian tersohor & konsisten konsisten diketahui sampai kini? Penasaran seperti apa kisahnya? Simaklah Pemaparan kami berikut ini.

Asal Usul Nyi Roro Kidul

Simpang siurnya info yg ada juga minimnya bukti histori yg sedia menciptakan info sekitar asal usul nyi roro kidul sampai kini cuma jadi mitos yg tak didapati seberasapa akbar skor kebenarannya. Tidak Sedikit pernyataan di warga berhubungan siapa sebetulnya Nyi Roro Kidul itu sampai walhasil dia mampu jadi penguasa gaib di Laut Selatan Jawa. Tetapi, butuh ketahuan bahwa kendati demikian itu kami telah merangkum 3 opini yg kami rasa paling tak sedikit dipercayai yang merupakan asal usul nyi Roro Kidul yg sebetulnya. Ya, ada 3. Berikut pembahasannya.

Asal Usul Nyi Roro Kidul merupakan Ratu Bilqis

Ya, opini mula-mula menceritakan seandainya Ratu Kidul sebetulnya merupakan anak dari ratu Bilqis, anak dari ratu yg takluk terhadap Raja Sulaiman.

Diriwayatkan bahwa setelah ratu bilqis menikah bersama satu orang jin laki-laki, dia seterusnya dikaruniai oleh seseorang putri. Putri ini tak memiliki raga lantaran beliau bukanlah manusia. Dia merupakan jin, sama seperti bapaknya. Nah, dikarenakan malu memiliki anak satu orang jin, ratu bilqis seterusnya membuang anak yg olehnya diberi nama Aurora ini ke satu buah pulau yg jauh dari kerajaannya. Pulau ini di berikutnya hri bernama Al-Jawi atau Pulau Jawa.

Baca Juga: Manfaat Surat Al Ikhlas

Putri Aurora tumbuh & agung dgn dgn jin-jin lain yg ada di pulau itu. Darah biru yg mengalir di badan putri ini setelah itu membuatnya jadi seseorang pemimpin bagi kerajaan jin komune itu.
Seiring berjalannya kala, karena terjadinya migrasi besar-besaran sebagian orang Yunan (China) ke Indonesia & menempati pulau Jawa (baca : Ajian Welut Putih), putri aurora & para pengikutnya seterusnya terusik. Mereka pindah mengalah dikarenakan tak akan terlampaui dekat dgn hiruk pikuk & keramaian manusia. Mereka pindah ke sebelah sebelah selatan Jawa. Layak di pesisir pantai laut Selatan.

Beratus-ratus tahun putri Aurora & pengikutnya membangun kerajaan, walhasil dirinya juga seterusnya menempuh musim kejayaan. Tidak Sedikit sekali kerajaan-kerajaan jin mungil di sekitaran jawa yang taklhuk & mengaku bergabung dengan kerajaan laut kidul.
Lambat laun, ketenaran kerajaan yg dipimpin putri aurora setelah itu berkembang & tersebar ke seluruhnya penjuru negara.

Penduduk jawa disaat itu yg tak terlampaui fasih mengucapkan kata Aurora setelah itu mengubah nama sang putri jadi Roro. Putri Roro dipanggil Nyi Roro. Nah, karena dia jadi penguasa jin di pantai selatan, sehingga nama Nyi Roro berikutnya diberi penambahan kidul (Kidul=Selatan), sehingga nama lengkapnya jadi Nyi Roro Kidul.

Asal Usul Nyi Roro Kidul merupakan Dewi Nawangwulan

Pernyataan ke-2 mengucapkan seandainya asal usul nyi roro kidul merupakan Dewi Nawang Wulan. Dewi sbg istri dari Jaka Tarub. Jikalau Kau sempat mendengar kisah Jaka Tarub, pasti Kau telah sedikit tak sedikit tahu berhubungan nama Dewi Nawang Wulan. Ya, dewi yg selendangnya dicuri & tak bisa kembali ke kerajaan langit ini diakui sbg asal usul nyi roro kidul.

Baca Juga: Doa Cepat Dapat Jodoh

Dirinya dikutuk oleh kerajaan langit lantaran telah berani-beraninya menikah bersama manusia (Jaka Tarub) di mana faktor ini sangat sangat haram regulasinya. Dia dikutuk jadi sebangsa jin & diperintahkan utk menjaga pulau jawa biar tak karam dikarenakan keganasan Samudera Hindia.
Dalam mitologi Jawa, asal-usul nyi roro kidul dari ragam yang satu ini tak demikian tak sedikit memiliki bukti & terkesan dihubung-hubungkan.

Sebagian Orang Jawa rata rata bisa lebih yakin terhadap opini asal usul nyi roro kidul yg mula-mula.

Asal Usul Nyi Roro Kidul merupakan Raja Jin (Menurut Agama Islam)

Asal Usul Nyi Roro Kidul Menurut Islam, asal usul nyi roro kidul bukanlah faktor istimewa yang butuh diperbincangkan.Walaupun banyak yang percaya amalan doa yang membawa nama nyi roro kidul yang bisa dipakai untuk penyembuhan penyakit (baca: Doa Agar Penyakit Diangkat Oleh Allah) Menurut keterangan Al-Qur’an & Al-Hadist, fenomena nyi roro kidul merupakan faktor yg lumrah berjalan didunia jin.

Nyi Roro Kidul sendiri dianggap juga sebagai penjelmaan dari pimpinan kerajaan jin di pesisir laut Selatan Jawa, layaknya ditunjukkan dalam hadist berikut ini :
Dari hadist tersebut, kita mampu mernarik inti sari bahwa asal usul nyi roro kidul & berjenis-jenis kepercayaan lain kira kira seputar ini jangan sampai terlampaui diambil pusing. Jangan Sampai kita terjebak oleh berjenis-jenis bentuk jebakan yg sengaja dijadikan Syetan utk mengelabuhi manusia. Pass berserah diri terhadap Alloh SWT buat menempuh keselamatan dunia akhirat.

Demikianlah beberapa opini mengenai asal usul nyi roro kidul yang kang fappin bisa bagikan. Mudah-mudahan mampu jadi penambahan info bagi Kalian. Salam.