Contoh Mind Mapping Lucu, Sejarah, Kreatif Unik Dan Simple

7 min read

Ciri, Contoh, Tujuan, Struktur, Manfaat, Penerapan, Pengertian : Kumpulan Contoh Mind Mapping Lucu, Sejarah, Kreatif Unik Dan Simple Banget

Ciri, Contoh, Tujuan, Struktur, Manfaat, Penerapan, Pengertian : Kumpulan Contoh Mind Mapping Lucu, Sejarah, Kreatif Unik Dan Simple Banget

Metode Mind Mapping pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan pada awal tahun 1970-an. Para hebat mengemukakan definisi Mind Mapping diantaranya sebagai berikut :

Mind map dalam bahasa Indonesia berarti peta pikiran (dari kata mind = pikiran, dan map = peta). Pengertian mind map, berdasarkan sang pengembang, Tony Buzan, ialah suatu teknik mencatat yang menonjolkan sisi kreativitas sehingga efektif dalam memetakan pikiran (Tony Buzan dan Barry, 2004). Teknik mencatat melalui peta pikiran (mind map) ini dikembangkan berdasarkan bagaimana cara otak bekerja selama memproses suatu informasi. Selama informasi disampaikan, otak akan mengambil banyak sekali tanda dalam bentuk beragam, mulai dari gambar, bunyi, bau, pikiran, hingga perasaan. Selanjutnya melalui pembuatan mind map, informasi tadi direkam dalam bentuk simbol, garis, kata, dan warna. Mind map yang baik akan sanggup menggambarkan pola gagasan yang saling berkaitan pada cabang-cabangnya.

kali ini akan mengembangkan wacana penggunaan mind map (peta pikiran) untuk mempermudah mengorganisasikan bahan pembelajaran. Teknik mind map yang dikembangkan oleh Tony Buzan ini pada tahun 1970-an cantik sekali untuk dikenalkan dan dilatihkan kepada siswa-siswa anda. Yuk kita simak sama-sama.

Pengertian Mind Map
Mind map berbeda dengan concept map (peta konsep). Awas, dua istilah ini jangan disamakan. Mind map dalam bahasa Indonesia berarti peta pikiran (dari kata mind = pikiran, dan map = peta). Pengertian mind map, berdasarkan sang pengembang, Tony Buzan, ialah suatu teknik mencatat yang menonjolkan sisi kreativitas sehingga efektif dalam memetakan pikiran (Tony Buzan dan Barry, 2004).

Teknik mencatat melalui peta pikiran (mind map) ini dikembangkan berdasarkan bagaimana cara otak bekerja selama memproses suatu informasi. Selama informasi disampaikan, otak akan mengambil banyak sekali tanda dalam bentuk beragam, mulai dari gambar, bunyi, bau, pikiran, hingga perasaan.

Selanjutnya melalui pembuatan mind map, informasi tadi direkam dalam bentuk simbol, garis, kata, dan warna. Mind map yang baik akan sanggup menggambarkan pola gagasan yang saling berkaitan pada cabang-cabangnya.

Manfaat Teknik Mencatat dengan Teknik Mind Map
Ada banyak manfaat atau keunggulan yang sanggup diraih bila siswa memakai teknik mencatat mind map (peta pikiran) ini dalam kegiatan pembelajarannya, di antaranya:

Mind map meningkatkan kreativitas dan acara individu maupun kelompok, Bila siswa terbiasa memakai teknik mind map (peta pikiran) ini dalam mencatat informasi pembelajaran yang diterimanya, tentu akan menjadikan mereka lebih aktif dan kreatif. Penggunaan simbol, gambar, pemilihan kata kunci tertentu untuk dilukis atau ditulis pada mind map mereka merangsang pola pikir kreatif.

Mind map memudahkan otak memahami dan menyerap informasi dengan cepat
Catatan yang dibuat dengan teknik mind map sanggup dengan gampang dipahami oleh orang lain, apalagi oleh sang pembuatnya sendiri. Mind map menciptakan siswa harus memilih hubungan-hubungan apa atau bagaimana yang terdapat antar komponen-komponen mind map tersebut.Hal ini menjadi mereka lebih gampang memahami dan menyerap informasi dengan cepat.

Ciri, Contoh, Tujuan, Struktur, Manfaat, Penerapan, Pengertian : Kumpulan Contoh Mind Mapping Lucu, Sejarah, Kreatif Unik Dan Simple Banget

Mind map meningkatkan daya ingat
Catatan khas yang dibuat dengan mind map sebab sifatnya spesifik dan bermakna khusus bagi setiap siswa yang membuatnya (karena melibatkan penggunaan dan pembentukan makna atar komponen mind map), akan sanggup meningkatkan daya ingat mereka terhadap informasi yang terkandung di dalam mind map itu.
Mind map sanggup mengakomodasi banyak sekali sudut pandang terhadap suatu informasi

Setiap siswa tentu akan mempunyai bermacam-macam sudut pandang terhadap suatu informasi yang disampaikan oleh guru atau yang mereka terima dari sumber-sumber berguru lainnya. Beragamnya sudut pandang ini memungkinkan mereka untuk memaknai secara khas informasi tersebut dan dituangkan secara khas pada mind map mereka masing-masing.

Mind map sanggup memusatkan perhatian siswa
Selama proses pembuatan mind map perhatian siswa akan terpusat untuk memahami dan memaknai informasi yang diterimanya. Ini akan menciptakan kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih efektif.

Mencatat dengan teknik mind map menyenangkan
Anak mana yang tak suka pelajaran menggambar sewaktu di sekolah dasar? Bahkan hingga remaja orang-orang suka menggambar. Teknik menulis memakai mind map tentu menyenangkan bagi siswa, sejelek apapun kemampuan mereka menggambar simbol-simbol. Kegiatan yang menyenangkan selanjutnya akan menyebabkan suasana nyata dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Mind map mengaktifkan seluruh bab otak
Selama mencatat dengan teknik mind map kedua belahan otak akan dimaksimalkan penggunaannya. Siswa tidak hanya memakai belahan otak kiri terkait pemikiran logis, tetapi mereka juga sanggup memakai belahan otak kanan dengan mencetuskan perasaan dan emosi mereka dalam bentuk warna dan simbol-simbol tertentu selama menciptakan mind map (peta pikiran).

Bentuk Dasar Mind Map;

  • Subjek yang menjadi perhatian utama (tema utama) mengalami kristalisasi dalam bentuk gambar di tengah mind map
  • Tema utama dari subjek memancar dari gambar di tengah mind map dalam bentuk cabang-cabang
  • Cabang-cabang sanggup berupa gambar atau kata kunci yang dilukis atau ditulis pada garis yang berhubungan
  • Topik-topik dengan tingkat kepentingan lebih rendah digambar atau ditulis sebagai cabang-cabang yang lebih kecil
  • Cabang-cabang membentuk struktur yang saling berhubungan
  • Contoh Mind Map
  • contoh sebuah mind map
  • Contoh mind map yang dibuat dengan tangan (hand made) bukan oleh software.
  • Cara Mengorganisasikan Materi pembelajaran Ke Dalam Mind Map
  • Gunakan kertas kosong
  • Buat gambar wacana GAGASAN UTAMA di tengah kertas
  • Pakai bermacam-macam warna berbeda untuk setiap cabang utama yang pribadi terhubung ke GAGASAN UTAMA
  • Buat cabang-cabang tingkat kedua dari cabang utama
  • Buat cabang-cabang tingkat ketiga dari cabang kedua, dst
  • Gambar garis cabang sebagai garis melengkung (bukan garis lurus)
  • Tiap baris letakkan satu kata kunci
  • Gunakan gambar berupa simbol-simbol yang menarik di setiap bab yang mungkin
  • Selain memakai kemampuan menulis (handmade mind map), ketika ini juga terdapat banyak software pembuat mind map (mind map creator software) untuk diinstal di notebook, gadget atau komputer sehingga sanggup mengefisiensi penggunaan waktu dan memudahkan bagi siswa yang kemampuan menggambarnya kurang.
  • Kelemahan Teknik Mind Map
  • Memerlukan banyak alat tulis (misal spidol warna-warni). Mind map yang baik memerlukan banyak alat tulis, sehingga simbol-simbol, gambar-gambar, garis-garis, dan kata-kata yang dicantumkan dalam mind map menjadi menarik dan atraktif. Berbeda dengan teknik menulis biasa yang tentu saja hanya memerlukan satu pulpen atau pensil sebagai alat tulis.
  • Memerlukan latihan sehingga siswa terbiasa dan mahir. Biasanya siswa akan ragu-ragu untuk menulis atau menggambar. Dorongan dari guru diharapkan sehingga mereka akan lebih berani dan makin kreatif dan aktif.
  • Memerlukan waktu relatif usang dari teknik mencatat biasa (bila siswa masih dalam tahap pemula), tetapi justru sanggup menjadi teknik mencatat yang cepat bila mereka sudah terbiasa dan mahir memakai teknik mind map ini.

Konsep Mind Mapping asal mulanya diperkenalkan oleh Tony Buzan tahun 1970-an. Teknik ini dikenal juga dengan nama Radiant Thinking. Sebuah mind map mempunyai sebuah wangsit atau kata sentral, dan ada 5 hingga 10 wangsit lain yang keluar dari wangsit sentral tersebut.

Mind Mapping sangat efektif bila dipakai untuk memunculkan wangsit terpendam yang kita miliki dan menciptakan asosiasi di antara wangsit tersebut. Mind Mapping juga mempunyai kegunaan untuk mengorganisasikan informasi yang dimiliki. Bentuk diagramnya yang mirip diagram pohon dan percabangannya memudahkan untuk mereferensikan satu informasi kepada informasi yang lain.

Mind mapping merupakan tehnik penyusunan catatan demi membantu siswa memakai seluruh potensi otak semoga optimum. Caranya, menggabungkan kerja otak bab kiri dan kanan. Dengan metode mind mapping siswa sanggup meningkatkan daya ingat hingga 78%.

B. Cara menciptakan mind mapping
Terlebih dahulu siapkan selembar kertas kosong yang diatur dalam posisi landscape kemudian tempatan topik yang akan dibahas di tengah-tengah halaman kertas dengan posisi horizontal. Usahakan memakai gambar, simbol atau arahan pada mind mapping yang dibuat. Dengan visualisasi kerja otak kiri yang bersifat rasional, numerik dan ekspresi bersinergi dengan kerja otak kanan yang bersifat imajinatif, emosi, kreativitas dan seni. Dengan ensinergikan potensi otak kiri dan kanan, siswa sanggup dengan lebih gampang menangkap dan menguasai bahan pelajaran.

Selain itu, siswa sanggup memakai kata-kata kunci sebagai asosiasi terhadap suatu wangsit pada setiap cabang pemikiran berupa sebuah kata tunggal serta bukan kalimat. Setiap garis-garis cabang saling bekerjasama hingga ke pusat gambar dan diusahakan garis-garis yang dibuat tidak lurus semoga tidak membosankan. Garis-garis cabang sebaiknya dibuat semakin tipis begitu bergerak menjauh dari gambar utama untuk membuktikan hirarki atau tingkat kepentingan dari masing-masing garis.

Model pembelajaran Mind Mapping sangat baik dipakai untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban. Dipergunakan dalam kerja kelompok secara berpasangan ( 2 orang ).

Langkah-langkah pembelajarannya ;

  1. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru menyajikan bahan sebagaimana biasa.
  3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
  4. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan bahan yang gres diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil menciptakan catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
  5. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak memberikan hasil wawancaranya dengan sahabat pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah memberikan hasil wawancaranya.
  6. Guru mengulangi/menjelaskan kembali bahan yang kiranya belum dipahami siswa.
  7. Kesimpulan/penutup.

C. Manfaat Teknik Mencatat dengan Teknik Mind Map
Ada banyak manfaat atau keunggulan yang sanggup diraih bila siswa memakai teknik mencatat mind map (peta pikiran) ini dalam kegiatan pembelajarannya, di antaranya:

1) Mind map meningkatkan kreativitas dan acara individu maupun kelompok
Bila siswa terbiasa memakai teknik mind map (peta pikiran) ini dalam mencatat informasi pembelajaran yang diterimanya, tentu akan menjadikan mereka lebih aktif dan kreatif. Penggunaan simbol, gambar, pemilihan kata kunci tertentu untuk dilukis atau ditulis pada mind map mereka merangsang pola pikir kreatif.

2) Mind map memudahkan otak memahami dan menyerap informasi dengan cepat
Catatan yang dibuat dengan teknik mind map sanggup dengan gampang dipahami oleh orang lain, apalagi oleh sang pembuatnya sendiri. Mind map menciptakan siswa harus memilih hubungan-hubungan apa atau bagaimana yang terdapat antar komponen-komponen mind map tersebut.Hal ini menjadi mereka lebih gampang memahami dan menyerap informasi dengan cepat.

3) Mind map meningkatkan daya ingat
Catatan khas yang dibuat dengan mind map sebab sifatnya spesifik dan bermakna khusus bagi setiap siswa yang membuatnya (karena melibatkan penggunaan dan pembentukan makna atar komponen mind map), akan sanggup meningkatkan daya ingat mereka terhadap informasi yang terkandung di dalam mind map itu.

4) Mind map sanggup mengakomodasi banyak sekali sudut pandang terhadap suatu informasi
Setiap siswa tentu akan mempunyai bermacam-macam sudut pandang terhadap suatu informasi yang disampaikan oleh guru atau yang mereka terima dari sumber-sumber berguru lainnya. Beragamnya sudut pandang ini memungkinkan mereka untuk memaknai secara khas informasi tersebut dan dituangkan secara khas pada mind map mereka masing-masing.

5) Mind map sanggup memusatkan perhatian siswa
Selama proses pembuatan mind map perhatian siswa akan terpusat untuk memahami dan memaknai informasi yang diterimanya. Ini akan menciptakan kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih efektif.

6) Mencatat dengan teknik mind map menyenangkan
Anak mana yang tak suka pelajaran menggambar sewaktu di sekolah dasar? Bahkan hingga remaja orang-orang suka menggambar. Teknik menulis memakai mind map tentu menyenangkan bagi siswa, sejelek apapun kemampuan mereka menggambar simbol-simbol. Kegiatan yang menyenangkan selanjutnya akan menyebabkan suasana nyata dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

7) Mind map mengaktifkan seluruh bab otak
Selama mencatat dengan teknik mind map kedua belahan otak akan dimaksimalkan penggunaannya. Siswa tidak hanya memakai belahan otak kiri terkait pemikiran logis, tetapi mereka juga sanggup memakai belahan otak kanan dengan mencetuskan perasaan dan emosi mereka dalam bentuk warna dan simbol-simbol tertentu selama menciptakan mind map (peta pikiran).

D. Prinsip Dasar Mind Mapping
Mind Mapping memakai teknik penyaluran gagasan dengan memakai kata kunci bebas, simbol, gambar, dan menggambarkan secara kesatuan dengan memakai teknik pohon.

E. Contoh Mid Map

contoh sebuah mind map
F. Kelebihan dan Kekurangan mind mapping
Ø Ada beberapa kelebihan ketika memakai teknik mind mapping ini, yaitu :
a) Cara ini cepat
b) Teknik sanggup dipakai untuk mengorganisasikan ide-ide yang muncul dikepala anda
c) Proses mengganbar diagram bisa memunculkan ide-ide yang lain.
d) Diagram yang sudah terbentuk bisa menjadi panduan untuk menulis.
Ø Kekurangan model pembelajaran mind mapping:
a. Hanya siswa yang aktif yang terlibat
b. Tidak sepenuhnya murid yang belajar.
c. Jumlah detail informasi tidak sanggup dimasukkan

Tony Buzan dalam bukunya “Buku Pintar Mind Mapp”, Mind Mapping ialah suatu cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran (Tony Buzan: 2009; 4).

Caroline Edward, Mind Mapping ialah cara paling efektif dan efisien untuk memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak kita, sehingga sanggup mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak insan (Caroline Edward: 2009; 64).

Melvin L. Silberman, Mind Mapping ialah cara kreatif bagi penerima didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran atau merencanakan penelitian gres (Melvin L. Silberman: 2005; 177).

Bobby De Porter, Mind Mapping (Peta Pikiran) ialah pemanfaatan keseluruhan otak dengan memakai Citra Visual dan grafis lainya untuk membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan yang ikut terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak.41

Dari pemaparan diatas sanggup kesimpulan bahwa metode Mind Mapping ialah suatu teknik mencatat yang sanggup memetakan pikiran yang kreatif dan efektif serta memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak baik belahan otak kanan atau belahan otak kiri yang terdapat didalam diri seseorang (Bobby De Porter, Mike Hernacki: 2003; 153).

Dengan memakai metode Mind Mapping sanggup menghasilkan catatan yang menawarkan banyak informasi dalam satu halaman.

Baca Juga: Teks Deskripsi

Sehingga dengan metode Mind Mapping daftar informasi yang panjang bisa dialihkan menjadi petakan yang berwarna-warni, sangat teratur dan gampang diingat yang selaras dengan cara kerja alami otak.