Ucapan Doa Untuk Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Ucapan Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Laki Laki Dan Perempuan Sesuai Sunnah Supaya Cepat Sembuh

Doa Untuk Orang Sakit – Pengertian Doa Menurut Agama Islam (Pembahasan Lengkap) – Setiap manusia pasti pernah melaksanakan perbuatan yang disebut dengan “doa“. Yupz, berdoa merupakan salah satu bentuk ikhtiar atau usaha untuk memohon dan minta sesuatu kepada Yang

Di dalam islam kita di ajari untuk saling menyayangi sesama umat manusia, Ikatan silahturahmi sesama saudara wajib senantiasa kita pupuk. Manusia hidup di dunia layaknya roda yang berputar kadang kita diuji dengan sakit kadang diuji dengan kesehatan.

Doa ini dapat dibacakan dikala menjenguk orang sakit dikala menjenguk. Jadi menjenguk, bukan hanya membawakan buah atau makanan enak, do’a itu lebih penting sebab ia butuh kencang sembuh. Tentu do’a akan mempermudah segalanya.

DOA UNTUK ORANG SAKIT SESUAI SUNNAH

Hal ini bertujuan untuk menguji seberapa iman kita kepada yang menciptakan kita merupakan Allah SWT. Saat kita sedang diuji dengan sakit yakinlah itu datangnya dari allah swt sehingga kita wajib konsisten bersyukur, bersabar dan berikhtiar kepada allah swt, karena dengan ini jugalah bentuk beri sayang allah kepada kita sebagai hamba-Nya.

Asalamu alaikum wr.wb.
Sehubungan makin banyak nya orang sakit di dunia ini. aku jadi inget di hand phone ada maktabah syamilahnya, dan aku cobak lihat kitab Al Adzkar bab wirid orang sakit, karenanya aku berharap berbagi doa yang dibacakan untuk orang sakit, serta doa yang di baca oleh orang sakit, semoga bermanfaat. Amin.

Dan karena aku masih belum sempat melihat kitab aslinya, karenanya aku mohon pada sahabat-sahabat, untuk melihat kitab aslinya terutamanya dahulu.
Saya juga minta pada sahabat-sahabat untuk membantu doa semoga bapak capat dikasih kesehatan. Amin.

Langsung ke inti postingan aku kali ini.
Rosulullah memohonkan perlindungan untuk beberapa kerabat beliau yang sedang sakit, sambil mengusapkan tangan kanan beliau, beliau berdoa “ALLAHUMMA ROBBIN NAASI, IDZHABIL BA’SA, ISFI ANTAS SYAFI, LA SYIFA’A ILLA SYIFAA’UKA, SYIFA’AN LA YUGHADIRU SAQOMAN”

(ya Allah tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah ya Allah, dangan kesembuhan yang tak menyisahkan penyakit, engkaulah sang pemberi kesembuhan, tiada kesembuhan selain dari engkau.

Dan jika ada orang yang menikmati sakit karenanya sunnah meletakkan tangannya ke anggota badan yang sakit, sambil membaca: “BISMILLAH 3× A’UDZU BI ‘IZZATILLAHI WAQUDROTIHI MIN SARRI MA AJIDU WA UHADZIRU 7×” (Dengan menyebut nama Allah 3× dengan keagungan dan kuasanya, aku mohon perlindungan dari kejelekan hal-hal yang aku temui dan aku berwaspada dari padanya)

ﻭﺭﻭﻳﻨﺎ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻬﻤﺎ [ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ، ﺭﻗﻢ: 5743؛ ﻭﻣﺴﻠﻢ، ﺭﻗﻢ: 2191] ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ، ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻥ ﻳﻌﻮﺫ ﺑﻌﺾ ﺃﻫﻠﻪ، ﻳﻤﺴﺢ ﺑﻴﺪﻩ اﻟﻴﻤﻨﻰ ﻭﻳﻘﻮﻝ: “اﻟﻠﻬﻢ ﺭﺏ اﻟﻨﺎﺱ ﺃﺫﻫﺐ اﻟﺒﺄﺱ، اﺷﻒ ﺃﻧﺖ اﻟﺸﺎﻓﻲ، ﻻ ﺷﻔﺎء ﺇﻻ ﺷﻔﺎﺅﻙ ﺷﻔﺎء ﻻ ﻳﻐﺎﺩﺭ ﺳﻘﻤﺎ”. ﻗﻠﺖ: ﻣﻌﻨﻰ ﻻ ﻳﻐﺎﺩﺭ ﺃﻱ: ﻻ ﻳﺘﺮﻙ. ﻭاﻟﺒﺄﺱ: اﻟﺸﺪﺓ ﻭاﻟﻤﺮﺽ.
ﻭﺭﻭﻳﻨﺎ ﻓﻲ “ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ” [ ﺭﻗﻢ: 2202] ﺭﺣﻤﻪ اﻟﻠﻪ، ﻋﻦ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ اﻟﻌﺎﺹ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﺃﻧﻪ ﺷﻜﺎ ﺇﻟﻰ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺟﻌﺎ ﻳﺠﺪﻩ ﻓﻲ ﺟﺴﺪﻩ، ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: “ﺿﻊ ﻳﺪﻙ ﻋﻠﻰ اﻟﺬﻱ ﻳﺄﻟﻢ ﻣﻦ ﺟﺴﺪﻙ، ﻭﻗﻞ: ﺑﺎﺳﻢ اﻟﻠﻪ، ﺛﻼﺛﺎ: ﻭﻗﻞ ﺳﺒﻊ ﻣﺮاﺕ: ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻌﺰﺓ اﻟﻠﻪ ﻭﻗﺪﺭﺗﻪ ﻣﻦ ﺷﺮ ﻣﺎ ﺃﺟﺪ ﻭﺃﺣﺎﺫﺭ”. (الاذكار للنووي ص ٢٥٠)

REFRENSI: Al Adzkar Lin Nawawi hal 250 (Maktabah syamilah)

Menjenguk orang yang sedang sakit merupakan suatu aktivitas yang mengandung nilai ibadah dan memiliki manfaat ganda bagus untuk yang menjenguk atau manfaat untuk yang sedang sakit. Hikmah untuk penjenguk di antaranya, sebagai sarana untuk bersilaturahim sekalian sebagai sarana untuk instrospeksi bahwa rupanya kesehatan itu sungguh-sungguh mahal harganya dan kita wajib bersyukur bahwa kita dikala ini dikasih kesehatan oleh Allah SWT dan tak perlu meringkuk di Rumah Sakit.

Sedangkan hikmah untuk yang sedang sakit di antaranya, disamping sebagai sarana untuk bersilaturahim, dengan dijenguk oleh sahabat, keluarga atau tetangga, karenanya dalam dirinya akan merasa dipandang sehingga akan melahirkan ketenangan batin yang akan memberikan efek positif dan akan sungguh-sungguh membantu dalam progres penyembuhan.
Berikut ini doa dikala menjenguk orang sakit :

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

Bacaan Arab Doa Untuk Orang Sakit

ALLAHUMMA ROBBANNAS ADZHIBILBA’ SA ISYFI FAANTASYSYAFI LA SYIFAA ILLA SYIFAUKA SYIFA’AN LA YUGHODIRU SAQOMA.

Bacaan Latin Doa Untuk Orang Sakit

Artinya ;
“Ya Allah Aduhai Yang semua manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah dia. (cuma) Engkaulah yang bisa menyembuhkannya, tak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tak akan kambuh lagi.” ( HR. Bukhori Muslim)

Baca Juga: Doa Agar Penyakit Diangkat Allah SWT

Ucapan Doa Untuk Orang Sakit Laki Laki Dan Perempuan

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد
اَللَّهُمَّ اَزِلْ عَنْهُ الْعِلَلَ وَالدَّآءَ، وَاَعِدْهُ اِلَى الصِّحَّةِ وَالشِّفَآءِ، وَاَمِـدَّهُ بِحُسْنِ الْوِقَايَةِ، وَرُدَّهُ اِلَى حُسْنِ الْعَافِيَةِ، وَاجْعَلْ مَانَالَهُ فِي مَرَضِهِ هَذَا مَادَةً لِحَيَاتِهِ وَكَفَّارَةً لِسَيِّئَاتِهِ، اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّـدٍ.

Ucapan Doa Untuk Orang Sakit Laki Laki Dan Perempuan

Ya Allah, hilangkan dari dirinya penyakit, kembalikan dia kepada kesehatan dan ke-sembuhan. Tolonglah dia dengan sebaik-bagus perlindungan, dan kembalikan dia kepada sebaik-bagus kesembuhan. Jadikanlah apa saja yang dirasakannya pada waktu sakitnya sebagai pahala untuk kehidupannya dan penghapus atas semua kekeliruan-nya. Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad.

Baca Juga: Doa Meminta Kesembuhan Dari Sakit Untuk Orang Lain Dan Diri Sendiri

Amin Ya Allah , Amin Ya Robbillalamin…

error: Selamat Membaca